amalan ramadhan

9 Amalan Ramadhan Wajib dan Sunnah yang Bisa Dilakukan

Durasi bulan Ramadhan singkat hanya 30 hari, tatapi limpahan pahala yang berlipatganda setiap amal ibadah yang kita kerjakan. Bagi seorang muslim rugi rasanya jika melewati amalan-amalan ini. Selain melaksanakan amal ibadah yang wajib, terdapat amal ibadah sunnah yang bisa dikerjakan selama Ramadhan, untuk menambah pahala.

Berikut ini adalah amalan Ramadhan wajib dan sunnah yang dapat dilakukan selain puasa yang dapat menambah pahala.

Amalan Ramadhan Wajib

1. Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu merupakan kewajiban utama bagi seorang muslim, baik sedang di bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan. Apalagi di bulan Ra bmadhan segala amalan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Maka dari itu jangan sampai ketinggalan shalat lima waktunya, ya. Sebab apalah jadinya berpuasa jika tidak melaksanakan shalat 5 waktu, yang kamu dapat hanyalah lapar dan haus saja.

2. Berpuasa

Inilah amalan Ramadhan yang utama. Amalan yang dilakukan oleh setiap muslim dalam waktu setahun sekali. Dilakukan selama sebulan penuh. Berpuasa di sini bukan saja menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan segala macam godaan, hawa nafsu dan emosi.

Dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dituturkan;

‘’Barang siapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan, maka akan diampuni dosa-dosanya di masa lalu,’’

3. Berzakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Khususnya di bulan Ramadhan, zakat fitrah adalah ibadah khusus yang harus ditunaikan satu kali. Zakat fitrah pada hakikatnya bertujuan menyucikan diri dan menambal kesalahan atau kekurangan yang dilakukan selama seorang muslim beribadah di bulan Ramadhan.

Zakat fitrah juga berguna untuk menebar manfaat kepada sesama manusia. Harta dan makanan hasil zakat tersebut akan disalurkan kepada fakir miskin dan orang yang tidak mampu dalam kehidupan mereka.

Amalan Ramadhan Sunnah

1. Tadarus Al Quran

Amalan Ramadhan sunnah pertama yang bisa dilakukan adalah membaca dan mengkhatamkan Al-Quran. Ramadhan adalah momen yang tepat untuk membaca Al-Quran secara rutin. Dalam mengamalkannya sangat dianjurkan untuk melebihkannya. Ramadhan adalah bulan di mana turunnya Al-Quran, sehingga membaca Al-Quran lebih banyak merupakan kebaikan tersendiri. Allah SWT akan melipat gandakan pahala setiap amalan yang dilakukan khususnya dalam membaca Al-Quran. Selain itu, usahakan juga kamu mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan. Satu malam biasakan menyelesaikan satu juz.

2. Memperbanyak Sedekah

Amalan Ramadhan lain yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak sedekah. Perbanyak sedekah baik itu untuk kepentingan kaum dhuafa atau pun untuk kepentingan fi sabilillah. Ada pun sedekah yang dianjurkan selama bulan Ramadhan ini adalah memberi ifthar atau menyediakan hidangan buka puasa.

3. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah, tapi mengerjakannya merupakan sesuatu keharusan. Sebab shalat Tarawih hanya ada di bulan Ramadhan. Selain berpuasa, ibadah ini merupakan amalan Ramadhan yang memiliki pahala yang berlipat ganda.

4. Itikaf di Masjid

Salah satu amalan lain di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan adalah itikaf di masjid. Itikaf adalah salah satu amalan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Waktu yang sangat baik untuk beritikaf adalah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

5. Zikir

Amalan di bulan Ramadhan yang dilakukan selain puasa adalah zikir. Zikir memiliki keistimewaannya tersendiri. Keistimewaannya ada pada malam hari dan siang hari di bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan zikir. 

6. Umrah

Amalan bulan Ramadhan yang dilakukan selain puasa adalah melakukan ibadah umrah. Bagi kamu, umat muslim yang sudah merasa berkecukupan, bisa melakukan ibadah umrah di bulan Ramadhan. Merasakan Ramadhan di tanah suci, pasti setiap orang akan menjadi lebih fokus dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain amalan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan momentum kesucian Bulan Ramadhan untuk hijrah finansial. Kamu bisa menggunakan harta kamu lebih bermanfaat dan bekembang sesuai dengan prinsip syariah. Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi di ALAMI.

Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan. Untuk mendaftar silakan klik di sini!

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Artikel Terbaru

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Sejarah Dana Pensiun di Indonesia

Sejarah dana pensiun di Indonesia melalui proses yang panjang dan senantiasa berkembang. ...

Exit mobile version