bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh
published 10/07/2023 - 4 Min Read

7 Rekomendasi Bisnis di Bidang Kecantikan, Cocok untuk Beauty Savvy!

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, mencari ide kadang menjadi proses panjang yang sulit. Namun, jika kamu memiliki ketertarikan pada dunia kecantikan (baik itu perawatan tubuh atau wajah), membangun bisnis di bidang kecantikan bisa jadi pilihan yang menarik. 

Banyak pakar bisnis percaya bahwa prospek bisnis produk kecantikan dan perawatan tubuh di tanah air sangat baik. Terbukti saat pandemi beberapa tahun lalu, jumlah perusahaan produk kecantikan malah mengalami kenaikan dari 819 menjadi 913 sepanjang tahun 2021 sampai Juli 2022.

Lalu, bagaimana sebenarnya peluang bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh? Apa saja ide usaha yang bisa kamu coba? Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Peluang bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh

Sumber : Envato

Bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh terbilang sangat menjanjikan. Ini karena peminatnya terus mengalami kenaikan dan semakin bervariasi dari tahun ke tahun. Ini membuat industri kosmetik dan perawatan tubuh bukan sekadar bisnis musiman.

Tak hanya itu, pilihan jenis usaha yang bisa kamu pilih pun beragam. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan ketertarikan, bakat, dan tentu saja modal yang kamu miliki.

Rekomendasi bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh

Sumber : Envato

Bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni barang dan jasa. Kamu bisa menawarkan produknya langsung, bisa juga menawarkan jasa dengan keahlian yang kamu punya. Supaya tidak bingung memilih, tujuh opsi berikut ini bisa jadi referensi.

Bikin Brand Skincare/Kosmetik Sendiri

Ide bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh yang pertama yang bisa kamu coba adalah membuat produk skincare atau kosmetik sendiri. Dalam skala kecil, kamu bisa membuat lulur organik masker organik. Namun, jika berniat untuk membangun bisnis yang besar, kamu bisa langsung membuat brand sendiri. 

Membuat brand sendiri mungkin terdengar sebagai sesuatu yang sulit. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak penyedia jasa maklon kosmetik/skincare yang siap membantumu. Kamu cukup mendiskusikan dengan mereka produk apa yang kamu inginkan, dan mereka yang akan membuat formula, memproduksi, bahkan mengurus perizinannya. Mudah sekali, bukan?

Jadi Reseller/Dropshipper Produk Kecantikan

Kalau kamu tidak tertarik membuat brand atau produk sendiri, kamu tetap bisa menjual kosmetik atau skincare dari produsen yang sudah ada. Pilihan sistem jualan yang tersedia pun bermacam-macam. Kamu bisa menjadi distributor khusus untuk merek tertentu, menjadi reseller, atau dropshipper.

Jika modalmu besar, menjadi reseller adalah opsi yang bagus untuk dicoba. Namun, kalau dana yang tersedia terbatas dan kamu tidak punya toko atau gudang untuk menyimpan stok, kamu bisa memilih opsi dropshipper yang lebih mudah dan butuh modal sedikit.

Selain menjadi dropshipper dan reseller, kamu juga bisa kembangkan asetmu dengan mendanai lewat ALAMI P2P lending syariah. Dapatkan imbal hasil sesuai prinsip syariah dengan mendanai bisnis-bisnis dalam ekosistem halal di Indonesia.

Klik tombol di bawah untuk mulai mendanai!

Bikin Klinik Kecantikan

Klinik kecantikan biasanya dibuka langsung oleh dokter estetika. Proses perizinannya pun terbilang tidak mudah karena ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, kamu tidak harus jadi dokter dulu untuk punya klinik kecantikan. Saat ini, ada beberapa brand klinik kecantikan yang menawarkan kerja sama dalam bentuk kemitraan atau franchise

Membuka klinik kecantikan dengan sistem franchise tentu akan lebih mudah bagi kamu yang tidak memiliki keahlian khusus untuk melakukan perawatan kecantikan. Hanya saja modal yang harus kamu siapkan juga cukup besar yakni berkisar antara Rp50 juta sampai Rp5 miliar. Tergantung franchise mana yang kamu pilih.

Buka Spa Kecantikan

Untuk kamu yang ingin membuka spa kecantikan sendiri tetapi tidak punya skill, saat ini ada banyak sekali kursus terapis spa bersertifikat yang bisa kamu ikuti. Biaya kursusnya pun cukup terjangkau. Kamu bisa memulai bisnis ini sendiri sambil perlahan-lahan mengumpulkan modal untuk menambah karyawan.

Bisnis spa memang memiliki peluang yang sangat besar dengan target pasar khusus. Perkembangannya selama satu dekade terakhir juga sangat pesat sehingga sangat layak untuk dicoba.

Jasa Tata Rias

Punya skill merias? Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mendapatkan cuan. Selain memiliki peluang yang menjanjikan, pendapatan seorang penata rias juga terbilang besar. Untuk pemula, gaji yang diterima berkisar mencapai Rp3 sampai Rp5 jutaan. Makin baik skill kamu dalam merias, makin besar pula kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Selain meningkatkan skill, jangan lupa bekali dirimu dengan peralatan tata rias yang lengkap. Cari tahu tren terkini dan promosikan diri lewat situs pribadi atau media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Buka Kursus Make Up

Selain membuka jasa make up sendiri, kemampuan merias yang kamu punya juga bisa kamu ajarkan pada orang lain dengan membuka kursus sendiri. Selain mendapatkan keuntungan berupa uang, ilmu yang kamu berikan tentu akan sangat bermanfaat bagi orang yang belajar padamu.

Tidak hanya dengan membuka kursus, ilmu merias juga bisa kamu bagikan lewat video tutorial, tips dalam bentuk artikel, ulasan, dan lain sebagainya. Kalau kamu konsisten, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi influencer kecantikan yang dilirik oleh brand-brand besar.

Buka Barbershop

Barbershop atau layanan male grooming sekarang juga berkembang sangat pesat. Ini dibuktikan dengan makin banyaknya brand barbershop premium yang buka di berbagai kota di Indonesia. Untuk membuka barbershop, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Ikuti kursus penata rambut dan dapatkan sertifikatnya.
  • Temukan lokasi strategis.
  • Siapkan dokumen legalitas.
  • Lakukan riset mendalam, terutama terkait kompetitor.
  • Temukan target pasar yang sesuai.
  • Beli peralatan pangkas yang berkualitas.
  • Lakukan promosi agar bisnismu makin dikenal luas.

Itu dia tujuh rekomendasi bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh yang bisa kamu pilih.

Jika kamu ingin mengembangkan terlebih dahulu asetmu sebelum membuka bisnis, kamu bisa mendanai proyek-proyek bisnis di platform ALAMI P2P lending syariah.

Dapatkan imbal hasil hingga 16% p.a dengan mendanai proyek-proyek bisnis dalam ekosistem halal di Indonesia.

Klik tombol di bawah untuk mulai mendanai!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments