desain web yang efektif
published 20/06/2023 - 4 Min Read

Begini Desain Web yang Efektif Untuk Toko Pakaian Online

Tak banyak yang menyadari bahwa desain web yang efektif untuk toko pakaian online dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan suatu bisnis. Sebagai seorang pebisnis, kamu tentunya perlu memahami bahwa mempelajari desain website sangat diperlukan. Namun, menentukan desain website yang tepat merupakan salah satu tantangan utama bagi pebisnis. 

Maklum saja, desain website mempunyai andil besar dalam mendukung kegiatan pemasaran produk yang ditawarkan. Sebagaimana diketahui, website menjadi salah satu media terbaik untuk menghubungkan penjual dengan pelanggan, tanpa terhalang waktu dan lokasi. 

Tak sekadar mempromosikan produk maupun jasa, website juga bisa mendorong kesadaran merek dan meningkatkan kredibilitas bisnis. Berbekal website yang memadai, para pengusaha akan mampu memperkenalkan bisnis mereka secara optimal dan sekaligus menjangkau calon pelanggan potensial dengan lebih mudah.  

Pentingnya Desain Website Untuk Bisnis 

desain web yang efektif

Sumber : Envato

Supaya makin jelas, berikut sejumlah alasan mengapa desain website sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis, khususnya pada bisnis pakaian. 

  • Memberikan Kesan Baik

Desain website yang tepat dapat memberikan kesan yang baik kepada calon pelanggan. Sementara itu, desain website yang dibuat secara asal, tanpa peduli estetika, dapat membuat calon pelanggan merasa malas dan tidak tertarik untuk menjelajahi website kamu lebih lama. 

Lain halnya apabila desain website yang kamu miliki dibuat secara profesional, rapi, dan mudah diakses. Tentunya, website tersebut akan menunjukkan kesan yang baik kepada calon pelanggan. Pelanggan pun jadi ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajahi website bisnismu dan melakukan pembelian. 

  • Menjawab Kebutuhan Pelanggan

Desain website yang dibuat secara tepat tentu dirancang agar mampu menjawab kebutuhan calon pelanggan. Tak hanya mudah dijelajahi, desain tersebut juga harus mempunyai fungsionalitas yang baik. Desain website untuk toko pakaian online juga harus memperhatikan link untuk berbagi ke media sosial, keranjang belanja, penerapan voucher, metode pembayaran, dan lainnya. 

  • Mempercepat Loading

Desain website efektif juga memengaruhi kecepatan loading website. Hal ini tak lepas dari elemen yang dirancang agar tidak mengganggu laju sekalipun lalu lintas website sedang tinggi. 

  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Desain website yang efektif akan memudahkan calon pelanggan melakukan penjelajahan dan mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Kemudahan pencarian, proses loading yang cepat, serta navigasi jelas berdampak pada peningkatan pengalaman dan kepuasan pelanggan selama mengunjungi website bisnismu.

  • Meningkatkan Penjualan

Banyak pebisnis memiliki website bisnis. Namun, tidak semua berhasil dan mampu mendorong penjualan. Desain website dengan tampilan yang menarik akan lebih banyak menghasilkan penjualan dibandingkan desain website yang biasa saja. 

Desain yang baik memang dirancang untuk mendorong target pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal ini tak lepas dari kenyamanan yang dirasakan calon pelanggan selama menjelajahi websitemu. Website yang menarik ditambah kemudahan pada alur pembelian akan memperbesar peluang calon pelanggan melakukan pembelian.

  • Memperkuat Merek

Website yang dirancang baik dan efektif akan mampu menyampaikan pesan dan memperkuat merek di mata calon pelanggan. Makin tinggi kredibilitas merek, makin besar peluang bisnismu untuk berkembang lebih cepat dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial. 

Desain Web yang Efektif Untuk Toko Pakaian Online 

desain web yang efektif

Sumber : Envato

Mengingat pentingnya desain web yang efektif untuk toko pakaian online, alangkah bijak apabila kamu merancang website secara tepat. Dilansir Makespaceweb, beberapa elemen penting dalam proses pembuatan website, antara lain sebagai berikut.

  • Layout 

Usahakan layout dibuat sesederhana mungkin. Hindari elemen yang kurang penting dan memaksimalkan jarak antar elemen atau whitespace. Penempatan yang sesuai dengan point of interest tepat sasaran, dan tata letak rapi akan sangat menguntungkan.

Website dengan layout sederhana akan lebih efisien dan mudah dijelajahi. Tentunya hal ini membuat calon pelanggan baru tidak kesulitan melakukan pencarian dan pembelian produk yang dibutuhkan. 

  • Alur 

Alur jelas pada desain website akan mengarahkan calon pelanggan ke produk yang dibutuhkan. Alur yang jelas juga menghemat waktu calon pelanggan saat melakukan proses pembelian maupun pembayaran pesanan.

  • Teks 

Teks pada desain website haruslah mudah dibaca. Lakukan pengaturan kontras warna teks dengan latar belakang (background) website. Perhatikan juga jenis, ukuran, dan style huruf serta konsistensinya dalam desain. Jangan sampai kamu menggunakan huruf yang terlalu kecil atau sulit dibaca. 

Selain itu, pengaturan jarak antar teks dan paragraf dengan elemen lain perlu diperhatikan supaya calon pelanggan merasa nyaman selama melakukan penjelajahan website dan membaca deskripsi produk. Pastikan juga ruang kosong antar elemen harus harmonis agar teks tampak jelas dan memudahkan pencarian. 

  • Navigasi

Salah satu elemen yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah navigasi. Keberadaan navigasi memudahkan pengunjung berinteraksi dengan website. Meskipun tidak ada rumus penempatan navigasi, disarankan agar menu tersebut menyatu dengan layout desain dan alur yang telah dibuat. 

  • Konten Visual

Mengingat manusia merupakan makhluk yang berorientasi visual, cara terbaik membuat calon pelanggan terkesan adalah dengan menambahkan gambar, video, atau grafik. Tak dapat dimungkiri bahwa konten visual menjadi unsur penting yang dapat menarik atensi calon pelanggan. 

Selain digunakan sebagai pemanis dan penyeimbang point of interest, konten visual juga bisa memudahkan calon pelanggan mengingat merek bisnismu. Disarankan untuk memilih konten visual yang sesuai dengan tema serta karakter desain website. Komposisikan teks dengan konten visual untuk menyempurnakan tampilan website.

Tips Desain Web yang Menarik Untuk Usaha Pakaian

desain web yang efektif

Sumber : Envato

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan membangun website bisnis, berikut tips desain web yang menarik untuk usaha pakaian dilansir dari Wix.

  • Tetap Minimalis – rancang website secara minimalis agar calon pelanggan lebih mudah mengingat merek bisnismu. Website yang minimalis juga mempercepat proses loading yang berdampak positif pada pengalaman pelanggan. 
  • Terapkan Hierarki Visual – hierarki merupakan prinsip penting yang membantu menampilkan konten secara efektif dan jelas. 
  • Tingkatkan Keterbacaan – keterbacaan mengukur seberapa mudah calon pelanggan menyerap kalimat yang tertulis pada website. Makin tinggi keterbacaan, makin cepat calon pelanggan menyerap informasi. 
  • Pastikan Website Mudah Dinavigasi –navigasi yang solid pada website memudahkan proses integrasi desain dengan SEO sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. 
  • Mobile Friendly – pastikan agar website tokomu memiliki versi mobile sehingga calon pelanggan dapat mengaksesnya di mana pun melalui perangkat seluler mereka.

Demikianlah informasi mengenai desain web yang efektif untuk toko pakaian. Kalau kamu ingin memulai bisnis, jangan ragu manfaatkan P2P Lending Syariah ALAMI. ALAMI bisa membantu kamu untuk pembiayaan UMKM dan meraih penghasilan mandiri sesuai syariat Islam. 

ALAMI Syariah hadir sebagai solusi finansial yang akan mempertemukan pemilik dengan penerima dana dalam satu platform. Sistem pembiayaan syariah ini sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Kehadiran ALAMI memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk membangun bisnis serta melakukan pembayaran dan pencairan dalam waktu relatif singkat. Asyiknya lagi, kamu bisa mendaftar ALAMI tanpa banyak syarat dan proses panjang. Tertarik?

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments