published 10/07/2023 - 4 Min Read

7 Ide Bisnis Grosir Bahan Makanan dan Minuman yang Cepat Laku & Menguntungkan!

Ide bisnis apa yang bisa terus laku dijual dan dicari para pelanggan? Jawabannya adalah bisnis grosir bahan makanan dan minuman. Alasannya, karena sektor bisnis ini merupakan kebutuhan primer bagi setiap masyarakat. Oleh karena itu, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran. 

Strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan cukup beragam. Kamu dapat memasarkannya secara grosir ke pedagang eceran atau bisa pula menjalankan bisnis distribusi makanan dan minuman ke restoran dan hotel. Pemilihan strategi tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 

Ide Bisnis Grosir Bahan Makanan dan Minuman

Lalu, bisnis makanan dan minuman apa yang menarik untuk kamu jalankan? Pilihannya bisa sangat banyak. Sebagai referensi, berikut ini adalah 7 ide bisnis grosir bahan makanan dan minuman yang menarik untuk kamu jalankan: 

1. Galon air mineral

Referensi pertama adalah menjalankan bisnis grosir galon air mineral. Kebutuhan terhadap galon air mineral sebagai air minum sangat tinggi. Kamu dapat menyediakan air mineral dengan berbagai merek kepada para pelanggan. 

Lalu, bagaimana dengan kebutuhan modalnya? Sebagai gambaran, kamu bisa mendaftar menjadi agen Aqua Home Service. Dalam proses pendaftaran tersebut, kamu dapat menyediakan modal sebesar Rp5 juta dan akan memperoleh sebanyak 100 galon air mineral Aqua. 

2. Camilan kiloan

Berikutnya, kamu dapat mencoba untuk menjalankan bisnis grosir berupa camilan kiloan. Peluang usaha ini sangat menjanjikan. Bukan hanya karena pangsa pasar yang sangat luas. Namun, kamu bisa menawarkan produk camilan yang sangat variatif dan tingkat permintaan tinggi. Apalagi, orang Indonesia sangat doyan ngemil

Dalam menjalankan bisnis camilan kiloan, kamu tak perlu melakukan aktivitas produksi sendiri. Sebagai gantinya, kamu dapat menjalankan peran sebagai distributor dan melakukan penjualan secara grosir. Biar laris, kamu dapat melakukan pemasaran baik secara offline maupun online

3. Sembako

Ide bisnis grosir bahan makanan dan minuman yang potensial selanjutnya adalah sembako. Bisnis ini memang memiliki potensi tinggi, tetapi tingkat persaingan yang perlu kamu hadapi juga tak kalah besar. Oleh karenanya, kamu harus mempunyai strategi jitu untuk bisa mengalahkan para kompetitor. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan biar usaha sembako dapat berjalan lancar dan untung besar, yakni: 

  • Lakukan riset harga. Pastikan kalau harga jual yang kamu patok tidak terpaut terlalu jauh dengan kompetitor. 
  • Tawarkan nilai tambah. Sebagai contoh, kamu bisa memberi fasilitas pengiriman barang belanjaan secara gratis atau belanja cukup by phone atau WhatsApp. 

4. Buah-buahan

Selanjutnya, kamu dapat menjalankan bisnis distribusi makanan dan minuman ke restoran dan hotel berupa buah-buahan. Kunci utama dalam menjalankan bisnis distribusi buah-buahan adalah dengan memahami kualitasnya secara mendalam. 

Kamu harus paham jenis buah yang segar dan busuk. Dengan begitu, kamu dapat menjaga kualitas barang yang dikirimkan kepada konsumen. Apalagi, kalau kamu punya pelanggan yang merupakan pemilik hotel atau restoran berkelas. Mereka akan menerapkan standar tinggi serta menginginkan kualitas buah yang terbaik. 

Hal  yang tak kalah penting, kamu harus pula memperhatikan kelancaran suplai barang. Jangan sampai kamu mengalami kesulitan untuk memperoleh pasokan barang sehingga tak mampu memenuhi permintaan pelanggan. 

5. Frozen food

Berikutnya, kamu dapat menjalankan usaha dagang frozen food secara grosir. Usaha ini tak kalah menguntungkannya dibandingkan dengan bisnis lain. Apalagi, saat ini tingkat kebutuhan terhadap berbagai produk frozen food sangat tinggi. 

Tren terhadap tingginya permintaan terhadap berbagai jenis produk frozen food diperkirakan akan terus meningkat. Bahkan, Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) memprediksi kalau nilai transaksi frozen food dapat mencapai angka Rp200 triliun pada 2025.

Lalu, bagaimana cara biar bisa meraih kesuksesan besar dalam berbisnis frozen food? Ada 3 tips penting  yang perlu kamu perhatikan, yakni: 

  • Fasilitas penyimpanan yang baik. Persiapkan freezer dengan kapasitas besar. Selain itu, pastikan bahwa kebutuhan listrik untuk freezer terjaga sehingga barang dagangan tidak rusak hanya karena freezer mengalami masalah. 
  • Sediakan produk frozen food yang variatif. Usahakan untuk menyediakan produk dari berbagai jenis merek serta varian. Tujuannya, biar kebutuhan setiap pelanggan bisa terpenuhi. 
  • Bangun jaringan reseller. Tips tak kalah penting adalah membangun jaringan reseller, utamanya dari kalangan pedagang atau pelaku usaha UMKM. Berikan sedikit potongan harga untuk pembelian secara grosir. 

6. Bahan baku kue

Ide bisnis grosir bahan makanan dan minuman selanjutnya adalah berjualan bahan baku kue. Usaha seperti ini sangat dibutuhkan, apalagi kalau kamu mempunyai lokasi yang bagus. Segmen pemasarannya cukup beragam, mulai dari ibu rumah tangga hingga para pelaku usaha kuliner. 

Dalam menjalankan usaha ini, kamu tidak hanya perlu terpaku pada produk berupa bahan kue. Namun, pertimbangkan pula untuk menyediakan produk lain yang terkait. Sebagai contoh, cetakan kue, pernak-pernik kue ulang tahun, dan lain sebagainya. 

7. Snack kemasan

Terakhir, kamu dapat menjalankan usaha grosir snack kemasan. Dalam usaha ini, sasaran utama aktivitas pemasaran kamu adalah para pedagang eceran serta masyarakat umum yang akan melaksanakan acara. 

Dalam menjalankan bisnis grosir snack kemasan, kamu perlu cermat dalam memilih penyuplai. Usahakan untuk memilih distributor yang menawarkan barang dengan harga rendah. Dengan begitu, kamu bisa mematok harga jual yang tak terlalu mahal. 

Selain itu, pastikan bahwa kamu mempunyai ruangan cukup besar. Tujuannya, biar kamu bisa memajang barang dagangan secara bebas. Di samping itu, ruangan yang luas juga membuat para pembeli dapat melakukan pembelian secara aman dan nyaman. 

Itulah 7 ide bisnis grosir bahan makanan dan minuman yang menarik untuk kamu jalankan. Selanjutnya, kamu tinggal memilih salah satu di antaranya dan menyusun strategi bisnis yang matang. Dengan begitu, keinginan untuk menjadi seorang pelaku usaha tidak sekadar menjadi angan-angan. 

Lalu, bagaimana dengan modalnya? Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa mempercayakannya kepada ALAMI Sharia. Kamu bisa mendapatkan bantuan pembiayaan modal usaha lewat program pendanaan P2P lending syariah dari ALAMI Sharia. 

Bersama ALAMI Sharia, kamu akan memperoleh fasilitas pembiayaan yang berbasis syariah. Jadi, kamu dapat menjalankan usaha dengan tenang tanpa khawatir dengan riba. Yuk, jadi mulai jadi pengusaha bersama ALAMI Sharia!

Download aplikasinya di bawah ini, ya.

ALAMI P2P Lending Syariah
ALAMI P2P Lending Syariah

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments