content marketing

Cara Mengembangkan Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Awareness

Di artikel yang lalu kita pernah membahas mengenai digital marketing. Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Tentunya media digital marketing tersebut membutuhkan sebuah content sebagai pemasaran sebuah produk barang atau jasa. 

Melalui content marketing yang menarik, kamu akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Selain itu, saat ini hampir semua aktivitas marketing atau pemasaran difokuskan kepada pemasaran digital. Di mana hal ini harus berfokus pada isi atau konten dari pemasaran digital tersebut. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai konten pemasaran atau content marketing. 

Pengertian Content Marketing

Menurut The Content Marketing Institute, content marketing adalah praktik sebagai “pendekatan” pemasaran yang berfokus pada penciptaan dan distribusi konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik target pasar yang dituju.

Agar menarik perhatian target pasar, konten yang dibuat harus dibuat dengan menarik sesuai dengan kebutuhan dan target pasar. Jika saat ini konten yang kamu ciptakan belum berhasil menarik target pasar, maka bisa jadi konten yang kamu ciptakan belum menarik. 

Tujuan Content Marketing

Tujuan sebuah konten untuk pemasaran tentunya untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa yang kita tawarkan. Tapi tak hanya itu, tujuan dibuatnya content marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness

Jika kamu baru merintis usaha, brand awareness penting untuk mengenalkan brand pada target konsumen dan menjadikan mereka pelanggan sekaligus meningkatkan konversi dan revenue.

Jenis Content Marketing

Ada berbagai macam media atau saluran untuk konten pemasaran. Pemasaran secara digital memiliki banyak pilihannya di antaranya:

  1. Artikel Blog

Artikel blog yang diunggah atau ditayangkan melalui website bisa menjadi salah satu content marketing yang efektif. Penerapan penulisan artikel menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat mampu mendorong tulisanmu berada pada jajaran atas mesin pencarian seperti Google.

Kunci penulisan artikel untuk memenuhi SEO perlu memiliki keyword yang tepat, penggunaan kata yang umum, dan pembahasan topik yang relevan atau sedang tren. Karena menitikberatkan pada tulisan, blog artikel membutuhkan perbendaharaan kata yang beragam

  1. Video

Konten video merupakan konten yang paling digemari setiap orang. Dalam konten video menyajikan audio dan visual. Sehingga yang melihat konten akan mudah dan cepat sekali menerima pesan yang disampaikan.

Selain itu, konten video memiliki lebih banyak opsi dalam menentukan topik. Ide konten seperti tips dan trik, review produk dari audiens, rekomendasi produk, sampai manfaat dari produk bisa ditampilkan dengan pengemasan menarik dalam bentuk video. 

Daya tarik video bisa membuat audiens lebih nyaman berlama-lama di laman konten. Efeknya, audiens bisa semakin mengenal brandmu dan saat ketertarikan itu bertambah, mereka akan mulai mengikuti brand.

  1. Podcast

Pada awalnya siniar atau lebih dikenal dengan podcast adalah konten yang berbentuk audio. Namun seiring dengan perkembangan podcast juga tampil dengan video. Podcast adalah sebuah obrolan yang membahas topik-topik tertentu. 

Dengan podcast ini, konten marketing bisa dijalankan. Materi promosi brandmu bisa diselipkan dalam pembicaraan suatu podcast.

Cara Mengembangkan Content Marketing 

Untuk mengembangkan sebuah konten untuk pemasaran kamu harus tahu beberapa hal berikut ini:

  1. Mengetahui Niche atau Ceruk

Kenali niche atau ceruk pasar yang akan kamu garap sesuai dengan brandmu. Karena content marketing selain untuk meningkatkan penjualan juga untuk meningkatkan brand awarness masyarakat terhadap brandmu. 

  1. Sasar Platform

Pilih platform yang efektif agar brand awareness masyarakat terhadap produkmu semakin meningkat. Misalnya platform media sosial seperti instagram dan tikto yang efektif dan banyak diakses masyarakat. 

  1. Produksi Konten yang Menarik

Buatlah konten yang menarik dan konsisten, disesuaikan dengan brandmu. Agar tetap konsisten membuat dan menampilkan content marketingmu, buatlah content calendar. Atur jadwal kapan tayang dari sekian konten yang akan kamu buat. 

  1. Analisa

Setelah sekian konten kamu unggah ke platform yang kamu pilih, kemudian analisa bagaimana hasil dari konten yang kamu buat, apakah efektif meningkatkan brand awarness terhadap produk kamu. Hasil dari analisa ini akan menjadi evaluasi mengenai konten atau pun produk kamu ke depannya. 

Demikian pembahasan mengenai content marketing atau strategi pemasaran konten melalui media digital. 

Jangan lupa untuk terus mengembangkan uang dan asetmu melalui platform ALAMI peer to peer funding syariah. Dapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14-16% pa. Unduh aplikasinya di 

Artikel Terbaru

Penyesuaian Pemadanan NPWP ke NIK

Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri...

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Exit mobile version