published 10/07/2023 - 5 Min Read

6 Manfaat Menggunakan Jasa Pergudangan, Apa Saja?

Banyak bisnis di masa modern yang terus mencari cara untuk bertumbuh dengan cepat, sekalipun saat perusahaan telah mencapai posisi stabil.

Salah satu hal yang memengaruhi pesatnya perkembangan bisnis adalah ketersediaan ruang penyimpanan.

Tanpa adanya ruang penyimpanan yang cukup, stok barang yang disimpan pastinya akan terbatas dan membuat perusahaan sulit memenuhi permintaan pelanggan.

Apakah perusahaanmu sudah memiliki ruang penyimpanan yang cukup? Jika belum, jangan khawatir. Kamu bisa bekerja sama dengan jasa profesional. Jasa ini cocok untuk bisnis yang ingin memenuhi kebutuhan barang dengan cepat, tanpa ribet.

Yuk, kenali lebih jauh lewat artikel ini!

Apa Itu Jasa Pergudangan?

Source: Envato

Jasa pergudangan adalah jasa yang bertugas menyiapkan inventori untuk pengiriman, pemenuhan pesanan, dan pelacakan barang. Jasa ini mengakomodasi tempat yang luas untuk menampung barang dalam jumlah besar.

Seperti halnya jasa pada umumnya, layanan ini bertindak untuk memenuhi permintaan klien. Jadi, segala proses yang dijalankan jasa ini akan mengikuti arahan dan preferensi milik klien—yang umumnya berbentuk badan usaha.

Macam-Macam Aktivitas Jasa Pergudangan

Source: Envato

Inilah beberapa aktivitas yang dilakukan oleh jasa pergudangan:

Mengatur gudang dan segala perlengkapannya

Jasa pergudangan harus bisa mengoptimalkan penggunaan ruang, tak peduli seberapa besar dan kecilnya ukuran gudang. Sebagai contoh, dalam satu lokasi, jasa pergudangan perlu menyediakan setidaknya satu area untuk masing-masing tugas, seperti menerima, membongkar, menata, dan mengirimkan barang.

Kemudian, jasa ini juga mengelola perlengkapan gudang yang penting, misalnya,

  • rak barang,
  • keranjang berlabel untuk barang-barang besar atau komponen pesanan,
  • wadah atau bungkus berlabel untuk pengemasan pesanan,
  • troli,
  • meja pengemasan,
  • alat-alat pengemasan, seperti selotip, gunting, bubble wrap, atau kardus,
  • timbangan, serta
  • komputer dan mesin cetak.

Menerima dan menyimpan stok

Jasa pergudangan bertugas menerima dan menata barang yang telah diterima dengan teratur dan rapi. Hal ini untuk menghindari barang-barang yang menumpuk dan menghambat pekerjaan di gudang.

Mengambil, mengemas, dan mengirimkan produk 

Aktivitas yang satu ini sangat penting, terutama di tengah bertumbuhnya iklim e-commerce di Indonesia yang menuntut semua serba cepat. Jasa pergudangan harus siap dengan meja pengemasan, area pengoperan, dan area persiapan distribusi agar barang bisa dikirimkan dengan aman.

Menjaga produk yang sensitif terhadap suhu

Jasa terkait pengelolaan gudang yang tahu caranya mengatur produk-produk cepat basi atau membusuk. Jika sudah terbiasa dalam hal ini, proses transisi produk pun bisa dilakukan dengan lancar, bahkan ketika penjualan sedang naik-naiknya.

Mengatasi kekeliruan secara efisien

Tidak ada sistem pergudangan yang sempurna dan luput dari kesalahan. Maka dari itu, jasa pergudangan harus sudah terbiasa mengatasi eror atau inkonsistensi dengan cepat dan tepat. Aktivitas yang satu ini berguna untuk menstabilkan alur kerja kembali. 

Manfaat Menggunakan Jasa Pergudangan

Source: Envato

1. Meminimalkan risiko kerusakan atau pencurian

Jasa pergudangan mengakomodasi ruang penyimpanan yang aman, terutama untuk produk yang mudah rusak. Misalnya, jika kamu memiliki usaha di bidang makanan dan minuman, jasa pergudangan yang ahli dalam mengontrol suhu sangat diperlukan agar produk tetap tahan lama dan tidak mudah berubah rasa, warna, maupun aromanya. Jasa ini juga membantu melindungi stok barang dari pencurian—yang pastinya menimbulkan kerugian bisnis.

2. Memudahkan pengecekan aset

Biasanya, gudang memiliki atap yang tinggi dan ruang yang luas. Namun, sebesar apa pun gudangnya, pasti tidak akan optimal apabila barang-barang ditaruh secara sembarangan. Untuk menghindari hal tersebut, jasa pergudangan dibutuhkan untuk merapikan barang-barang secara berkala. Stok yang disimpan rapi inilah yang akan memudahkan pengecekan aset.

3. Mengurangi biaya operasional

Jasa pergudangan fokus terhadap proses penyimpanan barang. Barang yang tersimpan secara teratur dapat meningkatkan kecepatan respons terhadap pesanan, bahkan ketika perusahaanmu meminta pengiriman di saat-saat genting. Semakin cepat proses pengemasan dan pengiriman barang, semakin kecil pula biaya operasional yang harus kamu keluarkan.

4. Meningkatkan produktivitas bisnis

Ketika memanfaatkan jasa pergudangan, kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk memikirkan lokasi barang dan proses penerimaannya. Jadi, bisnismu bisa fokus pada tugas-tugas yang lebih penting sehingga produktivitasnya meningkat.

5. Memaksimalkan efisiensi pengemasan dan pengiriman barang

Jasa pergudangan harus tahu cara memanfaatkan peralatan-peralatan gudang. Jika alat-alat digunakan secara maksimal, pengemasan dan pengiriman barang bisa diproses secara efisien.

Sebagai contoh, ketika proses pengemasan, jasa ini akan menggunakan gunting, selotip, pembungkus, dan label yang berkualitas agar isi paket bisa diketahui secara pasti dan dapat dikirim dengan aman.

Menjamin kestabilan harga barang

Jasa pergudangan bisa menyortir dan menyimpan produk untuk keperluan mendatang, misalnya ketika permintaan pasar sedang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan harga dan meminimalisasi berkurangnya pendapatan.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Memilih Jasa Pergudangan

Source: Envato

1. Pelacakan

Ketahui tugas pelacakan yang ingin kamu serahkan pada jasa pergudangan. Misalnya, pelacakan warna, ukuran, dan jumlah barang.

2. Sistem Pergudangan

Carilah jasa pergudangan yang menawarkan sistem fleksibel alias bisa disesuaikan dengan keperluan perusahaanmu.

3. Limit Penyimpanan Barang

Pahami batasan jumlah atau ukuran barang yang bisa ditangani jasa pergudangan. Sebagai bentuk antisipasi, perkirakan juga limit stok barang yang akan disimpan di gudang saat skala bisnismu berkembang suatu hari nanti.

Ternyata, manfaat menggunakan jasa pergudangan sangat banyak, ya? Kamu pun harus mempertimbangkan banyak hal sebelum bekerja sama dengan jasa pergudangan agar terhindar dari kerugian. Semoga pembahasan kali ini membantu bisnismu untuk berkembang pesat!

Selain memakai jasa tersebut, kamu bisa andalkan ALAMI P2P Lending Syariah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan. ALAMI Sharia mendukung bisnis dengan program-program seperti  invoice financing, purchase order financing, dan community based financing.

Cara daftarnya mudah. Cukup siapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dan tunggu validasi dari ALAMI. Jika dinyatakan lolos, kamu akan memperoleh surat penawaran lewat email dan sudah bisa mendapatkan pendanaan berbasis syariat Islam.

Selain menjadi penerima pembiayaan, kamu bisa menjadi pendana untuk mengembangkan aset dan mendukung UMKM di Indonesia. Tinggal lakukan registrasi, tunggu verifikasi, isi saldo RDF, pilih proyek yang ingin didanai, lalu tanda tangani akad.

Mau tahu lebih lanjut tentang program-program di ALAMI Sharia? Yuk, download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

ALAMI P2P Lending Syariah
ALAMI P2P Lending Syariah

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments