bisnis supply atk

Tips Bisnis Supply ATK, Masih Menjanjikan!

Kamu sedang mencari ide usaha yang potensial? Kalau yam bisnis supply ATK bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan.

Modal yang perlu kamu keluarkan untuk membeli barang-barang ATK cenderung sedikit, tetapi profit yang kamu hasilkan tidak mengecewakan. Walau demikian dan terlihat mudah, kamu tetap perlu melakukan perencanaan yang matang agar bisnis penyedia ATK menguntungkan sesuai harapan.

Peluang Bisnis Supply ATK 

Sumber : Envato

Alat Tulis Kantor (ATK) masih jadi salah satu kebutuhan dasar dalam aktivitas sehari-hari di sebuah instansi meski digitalisasi telah merambah di berbagai lini operasional. Pasalnya, proses transformasi digital masih terlihat cukup panjang untuk sebuah instansi dapat benar-benar menyelesaikan segala sesuatunya melalui teknologi digital.

Maka dari itu, kamu dapat mempertimbangkan untuk merambah bisnis ini. Melakoni bisnis supply ATK ke perusahaan maupun instansi dan bisnis lainnya masih memiliki prospek yang cukup cerah.

Besarnya persentase keuntungan yang kamu peroleh pun beragam. Umumnya profit berkisar di angka 10 hingga 35 persen dari modal yang dikeluarkan, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu dapat memperoleh lebih banyak.

Memulai dan Menjalankan Bisnis Supply ATK

Sumber : Envato

Seperti bisnis lainnya, kamu juga perlu memiliki kalkulasi yang tepat untuk memulai bisnis supply ATK ke perusahaan. Perencanaan ini pun tidak sepatutnya hanya berdasarkan asumsi, tetapi juga berdasarkan fakta di lapangan—dan bahkan jika memungkinkankan berbasis data riil.

Berikut tips menjalankan bisnis supply ATK selengkapnya.

  1. Cari Tahu Kebutuhan Pasar 

Ini adalah langkah paling awal dan dasar saat memulai bisnis apa pun. Seperti kata marketer kaliber Seth Godin, lebih mudah memilih bisnis yang sudah jelas pasarnya dibandingkan menjalani bisnis baru yang belum tentu ada pasarnya.

Dalam hal ini, kamu sudah tahu bahwa ada pasar dan target yang jelas untuk bisnis supply ATK. Maka berikutnya yang harus kamu lakukan adalah benar-benar mengenali apa saja yang sebetulnya dibutuhkan oleh mereka.

Kamu bisa bertanya kepada rekanan yang ada di kantor-kantor target sasaran mengenai apa saja alat tulis dan perlengkapan pendukung lainnya yang dibutuhkan. Adapun beberapa di antaranya contoh ATK dan pendukung lainnya yang banyak diperlukan antara lain:

  1.  Perluas Networking 

Networking alias relasi adalah kunci utama lainnya dalam berbisnis apalagi untuk model B2B. Relasi yang luas dan berkualitas merupakan aset sangat berharga bahkan untuk jangka panjang sekalipun. Karena itu, muncul pula istilah your network is your net worth. 

Jangan enggan untuk memperluas relasi. Di zaman sekarang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas networking.

Bergabung dalam sebuah komunitas adalah salah satunya. Komunitas pun kini sudah banyak hadir secara online sehingga kamu dapat terhubung dari mana saja dan kapan saja lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa ikut ke dalam kelompok-kelompok tertentu (dan relevan) yang ada di sekitar.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dari luasnya networking. Selain mendapat referral atau prospek baru, kamu juga bisa memperoleh wawasan dan informasi baru hingga meningkatkan skill. Pada akhirnya, kamu jadi lebih matang dan kaya pengetahuan, bukan?

  1. Hadir Secara Online dan Offline 

Sebagai pelaku bisnis supply ATK ke perusahaan, kamu harus lebih sering tampil baik secara offline. Bukalah toko di tempat yang strategis sehingga kehadiranmu mudah terpantau jika memungkinkan.

Di samping itu, kamu juga bisa hadir dan ikut promosi di beberapa acara offline. Seperti contoh, kamu bisa hadir di acara sosialisasi atau rapat sekolah yang diselenggarakan oleh gugus tertentu atau kegiatan-kegiatan lain semacamnya.

Namun, jangan hanya mengandalkan aktivitas offline. Bagaimanapun, kamu juga perlu hadir secara online. Kamu bisa bergabung ke dalam platform e-commerce, memiliki situs atau akun sendiri di media sosial, dan sebagainya. Setidak-tidaknya, manfaatkanlah layanan Google MyBusiness untuk memudahkan target pasar di sekitar menemukan bisnismu.

Kamu juga mungkin dapat mulai mempertimbangkan untuk mengurus legalitas usaha yang dilakukan. Pasalnya, pengadaan besar yang diselenggarakan oleh instansi besar biasanya dilakukan melalui prosedur khusus dan hanya dapat bermitra dengan jenis badan usaha tertentu. seperti minimal setara CV.

  1. Temukan Mitra yang Tepat 

terakhir yang tak kalah penting adalah menemukan mitra yang tepat. Mitra yang dimaksud pun sangat beragam dan tak terbatas—seluruh pihak yang mendukung kelancaran bisnismu.

Seperti contoh, kamu bisa langsung kontak dengan produsen untuk mendapat harga terbaik. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa mencari distributor atau supplier lainnya yang masih berada di bagian awal rantai distribusi sehingga harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keuntungan lebih tinggi.

Mitra logistik alias pengiriman juga bisa dipertimbangkan terutama jika kamu sering melakukan pengiriman dalam jumlah besar dan tidak memiliki armada mumpuni sendiri. Kendati begitu, jangan hanya terpaku pada harga murah yang ditawarkan, tetapi juga kualitas layanan yang diberikan.

Bisnis supply ATK masih punya potensi cukup terang di masa sekarang lantaran implementasi transformasi digital yang masih belum menyeluruh. Selain itu, margin keuntungan yang bisa kamu peroleh juga cukup menjanjikan terutama apabila kamu dapat menemukan celah yang tepat lewat mitra yang pas.

Demikian tips-tips bagi kamu yang ingin memulai usaha di bidang supply ATK semoga bisa membantu dan menginspirasimu!

Ayo kembangkan bisnismu menjadi lebih besar bersama ALAMI P2P Lending Syariah. Dapatkan pembiayaan syariah dari ALAMI untuk pengembangan bisnismu. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini.

Artikel Terbaru

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Sejarah Dana Pensiun di Indonesia

Sejarah dana pensiun di Indonesia melalui proses yang panjang dan senantiasa berkembang. ...

Exit mobile version