UMKM
published 12/06/2023 - 4 Min Read

Kenapa Strategi Pemasaran Media Sosial Penting untuk UMKM? Cari Tahu di Sini!

Bagi kamu yang sudah pernah memasarkan produk secara online, kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah strategi pemasaran media sosial atau social media marketing strategy. Media sosial telah dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran terbaik, tidak hanya oleh brand dan perusahaan besar tetapi juga para pelaku UKM dan UMKM.

Jika perusahaan besar memiliki banyak sumber daya untuk mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial, pelaku UMKM harus lebih kreatif. Bagaimana pelaku UMKM dapat mengoptimalkan strategi pemasaran media sosial mereka? Kita akan membahasnya secara lengkap dalam artikel ini!

Bagaimana Strategi Pemasaran Media Sosial Membantu UMKM?

Jika kamu adalah pelaku UMKM yang baru memulai bisnismu sendiri, kamu mungkin sudah melakukan riset tentang bagaimana kamu bisa menggunakan media sosial untuk kebutuhan usahamu. Ini merupakan sebuah langkah awal yang baik.

Di tahun 2023 ini, ada lebih dari 4,9 miliar pengguna aktif media sosial. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun 2017 lalu. Para pengguna tersebut menghabiskan waktu rata-rata 2,5 jam setiap harinya di media sosial.

Pemasaran lewat media sosial kini tak hanya untuk brand besar saja. Faktanya, sebanyak 71% dari bisnis kecil dan menengah menggunakan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Sebanyak 52% di antaranya bahkan memosting setidaknya satu kali dalam sehari di akun mereka. Bagaimana pemasaran media sosial ini bisa membantu pelaku UMKM?

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Semua pemilik bisnis pasti tahu bagaimana sulitnya menarik pelanggan baru. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu mendesain produk yang bagus dan situs yang menarik. Namun, kalau tidak ada yang tahu brand-mu, maka semuanya tidak akan berguna.

Di sinilah, media sosial berperan memberikan ruang pada pengusaha kecil untuk bersaing dengan bisnis besar. Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa membuat konten yang menarik untuk memikat lebih banyak konsumen agar membeli produkmu.

Meningkatkan Brand Awareness

Strategi pemasaran media sosial yang dieksekusi dengan baik akan meningkatkan visibilitas brand bisnismu. Jika orang merasa konten yang kamu buat menarik dan relevan, mereka tidak akan ragu membagikannya kepada followers mereka. Ini akan meningkatkan eksposur dan jangkauan brand-mu. Makin terlihat brand-mu secara online, makin besar peluang produkmu untuk terjual.

Memahami Konsumen dengan Lebih Baik

Makin baik pemahamanmu tentang target pasarmu, makin mudah bagimu menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan kebiasaan mereka. Media sosial bisa jadi media yang baik untuk memahami lebih jauh tentang konsumenmu. Ini juga dapat menjadi strategi jitu dalam merancang konten yang menarik untuk mereka.

Memahami Kompetitor dengan Lebih Baik

Kompetitor atau pesaingmu pasti juga menggunakan media sosial. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mencari tahu apa saja yang mereka lakukan dengan media sosial mereka. Pelajari ide apa yang berhasil mereka eksekusi dan ide apa yang sebaiknya kamu hindari. Data tentang pesaing ini juga akan menjadi bagian yang krusial dalam menciptakan strategi pemasaran media sosial yang sukses.

Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Pemasaran media sosial bukan hanya tentang menjual produk atau membagikan konten yang menarik. Ini juga tentang membangun hubungan yang lebih baik dengan pelangganmu. Makin tinggi tingkat keterlibatanmu dengan konsumen di media sosial, makin baik pengalaman pelanggan yang mereka rasakan. Ketika mereka merasa puas, mereka tentu tidak akan ragu merekomendasikan brand-mu pada kenalan mereka. Sudah pernah mendengar bukan betapa hebatnya the power of word-of-mouth?

Media Sosial Apa yang Cocok untuk UMKM?

Memilih media sosial yang cocok dengan bisnismu juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Alih-alih berasumsi, cari tahu di mana kira-kira pangsa pasarmu berada. Kalau produkmu menargetkan Gen Z sebagai pasar utama, sebaiknya jangan fokus ke Facebook melainkan optimalkan Instagram dan TikTok.

Lalu, jika kamu menargetkan para boomers, Facebook dan Pinterest bisa jadi opsi yang menarik untuk dicoba karena demografi penggunanya cocok dengan bisnismu. Tentu saja aturan ini tidak sepenuhnya baku. Kamu bisa mencoba menggunakan berbagai media sosial sekaligus untuk menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai demografi.

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran UMKM 

Agar pemasaran media sosial yang kamu jalankan dapat berjalan optimal, simak beberapa tips berikut ini!

Rencanakan Konten Sebelumnya

Buat kalender rencana untuk konten media sosialmu. Ini memungkinkanmu untuk mencari lebih banyak ide dengan tema konten yang beragam. Dalam perencanaan kontenmu, pastikan kamu memasukkan berbagai unsur seperti:

  • Tipe konten yang akan kamu posting (apakah postingan berupa blog, foto, infografis dan lain sebagainya)
  • Tanggal tayang untuk setiap konten
  • Di media sosial mana kamu akan memostingnya
  • Kampanye dan hari-hari khusus (seperti libur nasional atau perayaan tertentu)
  • Tautan, hashtag dan tag yang ingin kamu sertakan dalam konten.

Jadwalkan Waktu Posting

Setelah kamu memiliki kalender, kamu bisa langsung membuat semua postingan sebelumnya dan menayangkannya dengan menggunakan scheduling tools. Ini memungkinkanmu memostingnya secara otomatis di waktu yang diinginkan. Kamu juga tidak perlu khawatir lupa melakukan posting sehingga kamu bisa fokus pada hal-hal lain yang lebih penting dalam bisnismu.

Bangun Komunitas dengan Pelanggan Lewat Media Sosial

Membuat postingan media sosial yang kreatif dan menarik memang penting. Namun, jangan lupa untuk membangun hubungan dengan komunitas dengan pelangganmu. Bagaimana caranya? Lakukan interaksi dengan mereka. Jawab pertanyaan, balas komentar dan selesaikan kritik dengan sebaik-baiknya.

Anggaplah media sosial sebagai perpanjangan dari customer service bisnismu. Berinteraksilah sesering mungkin dengan konsumen. Dengan cara ini, kamu akan membuat mereka merasa lebih terkoneksi dengan brand-mu dan menjadi pelaggan yang loyal.

Perhatikan Tren 

Riding the wave adalah salah satu strategi yang terbukti ampuh meningkatkan awareness berbagai brand. Simak apa saja yang sedang tren dan viral. Manfaatkan hal tersebut sebagai konten untuk menarik perhatian followers-mu di media sosial. Tentu saja dengan tetap memerhatikan konteks dan image dari brand-mu sendiri, ya!

Gunakan Analitik untuk Membantu Merencanakan Postingan Berikutnya

Sekecil apa pun bisnismu, sangat penting untuk memerhatikan konten apa yang disukai dan apa yang tidak disukai oleh followers-mu. Manfaatkan alat analitik yang disediakan oleh masing-masing sosial media untuk membantumu melacak postingan mana yang meraih likes, comment, share, dan klik paling banyak. Ini akan memudahkanmu merencanakan konten seperti apa yang perlu kamu buat berikutnya.I

tulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pemasaran melalui media sosial. Untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, ALAMI P2P Syariah siap membantu kamu. Dapatkan pembiayaan berbasis syariah dengan berbagai keuntungan hanya di ALAMI Sharia peer to peer lending! Atau klik tombol di bawah ini untuk info pembiayaan dari ALAMI P2P Syariah.

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments