perbedaan sales dan marketing
published 27/06/2023 - 4 Min Read

Pahami Perbedaan Antara Sales dan Marketing

Banyak orang tidak menyadari adanya perbedaan sales dan marketing. Sekilas keduanya tampak serupa. Maklum saja, sales dan marketing memang menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target yang ditetapkan. Tak jarang keduanya dianggap sama, padahal fungsi dan tugasnya berbeda.

Kendati mempunyai tujuan sama, sales dan marketing memiliki metode yang berbeda untuk mencapai target. Di banyak perusahaan maju, tim sales dan marketing dikenal memiliki kerja sama dan kekompakan yang baik. Pentingnya integrasi sales dan marketing dalam strategi bisnis tak lepas dari tujuan untuk menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan perusahaan. 

Ini Perbedaan Antara Sales dan Marketing 

perbedaan sales dan marketing

Dilansir dari Shopify dan Emeritus, berikut sejumlah perbedaan antara sales dengan marketing yang perlu kamu pelajari dan pahami. 

Pengertian 

Di dalam dunia bisnis, sales dan marketing mempunyai perbedaan yang bisa dilihat dari beberapa aspek. Sales dapat diartikan sebagai penjualan. Singkatnya, sales adalah kegiatan yang berkaitan dengan penjualan dalam jangka waktu tertentu.

Jika tim sales bertanggung jawab langsung terhadap penjualan produk maupun layanan, marketing mengacu pada kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian maupun penjualan produk dan layanan. 

Sederhananya, marketing membangun kesadaran dan menarik prospek ke bisnis yang dimiliki perusahaan. Sales mengubah prospek tersebut menjadi pembelian konsumen yang berujung pada penjualan. 

Tugas 

Tugas sales yang paling utama menjalankan proses penjualan. Namun, sales juga mempunyai tugas lain yang tak kalah penting, yakni:

  • Memiliki kemampuan menjual dan memahami siapa target pelanggan.
  • Menawarkan produk berupa barang atau jasa pada calon pelanggan.
  • Menjelaskan spesifikasi produk yang dijual pada calon pelanggan.
  • Memberikan penjelasan mengenai manfaat yang akan diperoleh apabila calon pelanggan membeli produk yang ditawarkan.
  • Memberikan simulasi hitungan biaya yang harus dikeluarkan oleh calon pelanggan. 
  • Menjalin komunikasi dengan calon pelanggan.
  • Memberi konsultasi terkait produk yang ditawarkan pada calon pelanggan.

Tak hanya sales, suatu bisnis juga harus mempunyai tim marketing yang andal. Tim ini bertugas untuk memperkenalkan produk yang akan dijual pada calon pelanggan. Supaya lebih jelas, berikut tugas marketing secara umum.

  • Memenuhi kebutuhan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik pada calon pelanggan. 
  • Mengamati kebutuhan pasar dan merencanakan produk yang akan ditawarkan pada calon pelanggan.
  • Mencari informasi mengenai kisaran harga di pasaran dan menetapkan harga produk yang akan dijual.
  • Merancang kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk sekaligus melancarkan kegiatan penjualan produk.
  • Merencanakan proses distribusi dan menyakinkan pelanggan bahwa produk yang dibeli akan sampai tepat waktu.
  • Melayani pelanggan sehingga mereka merasa nyaman dan mengerti apa yang sedang kamu sampaikan terkait produk yang ditawarkan. 
  • Meningkatkan pelayanan serta menjaga hubungan dengan pelanggan.

Proses Kerja 

Perbedaan antara sales dan marketing tampak jelas dari proses kerjanya. Proses kerja sales adalah berhadapan dengan pelanggan baik tatap muka langsung, melalui panggilan suara atau video, mengirimkan pesan, dan lainnya. Berbeda dengan sales, proses kerja marketing tidak berhadapan langsung. Proses kerjanya justru terjadi di belakang pelanggan. 

Prioritas dan Fungsi 

perbedaan sale dan marketing

Prioritas sales adalah membuat audiens menjadi calon pelanggan potensial. Sales bekerja dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan melalui tim marketing. Fungsi utama dari sales adalah melayani dan membantu calon pelanggan mendapatkan produk yang dicari.

Marketing berfokus membangun kepuasan pelanggan yang berdampak positif pada penjualan jangka panjang sekaligus mengubah pelanggan potensial menjadi loyal customer atau pelanggan tetap. Marketing bekerja untuk menciptakan peluang baru secara terus-menerus supaya produk yang ditawarkan tidak kalah saing dan tetap mengikuti tren perkembangan zaman. 

Fungsi utama marketing adalah mendapatkan, menjangkau, serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga mereka tetap setia dan tak berpaling pada kompetitor. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kaitan yang erat dan bersinergi.

Ruang Lingkup 

Mengingat durasi kerja sales tergolong pendek, ruang lingkup kerjanya tidak begitu luas. Lagipula, tujuan sales adalah menawarkan produk agar pelanggan tertarik dan melakukan transaksi penjualan. 

Ruang lingkup kerja marketing tergolong lebih luas karena durasi kerja yang lebih panjang. Ruang lingkupnya sendiri, meliputi riset pasar (market research), menjaga hubungan baik dengan pelanggan (public relations), dan menjaga kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

Pentingnya Integrasi Sales dan Marketing Dalam Strategi Bisnis 

perbedaan sales dan marketing

Kendati memiliki sejumlah perbedaan, tak dapat dimungkiri bahwa sales dan marketing menjadi bagian penting bagi perusahaan untuk mewujudkan target yang ingin dicapai. Pentingnya integrasi sales dan marketing bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan. 

Kerja sama keduanya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Tidak hanya peningkatan penghasilan dan laba, melainkan juga kredibilitas perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk mengintegrasikan sales dan marketing adalah dengan cara melakukan koordinasi mengenai tugas masing-masing.

Ketika terdapat calon pelanggan potensial yang dapat diprospek, tim marketing dapat melakukan koordinasi dengan tim sales. Berbekal pemahaman mengenai strategi pemasaran yang dilakukan tim marketing, tim sales akan lebih mudah menjelaskan produk yang dimiliki perusahaan. Sebaliknya, tim marketing juga terbantu dalam menentukan metode pemasaran untuk menghasilkan lead berkualitas.

Kolaborasi sales dan marketing yang terintegrasi baik efektif membantu sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Bukan mustahil, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak calon pelanggan potensial dan pelanggan tetap. Kolaborasi ini juga membuat beban kerja sales dan marketing berkurang karena keduanya akan bekerja sama untuk mencari cara termudah mencapai target. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai perbedaan antara sales dan marketing yang perlu kamu pelajari. Bagi kamu yang ingin merancang masa depan lebih baik, jangan ragu mengelola bisnis dengan memanfaatkan ALAMI. ALAMI akan membantu kamu memulai usaha mandiri sesuai syariat Islam. 

ALAMI hadir sebagai solusi finansial P2P yang akan mempertemukan pemilik dengan penerima dana dalam satu platform. Tak perlu cemas karena sistem pembiayaan syariah ini diakui dan diawasi OJK.

Kehadiran ALAMI memberikan kamu kemudahan untuk membangun bisnis, dan pembiayaan untuk bisnismu menjadi lebih besar. Ayo segera ikuti pembiayaan di P2P Lending Syariah ALAMI.

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments