produk indonesia
published 07/04/2023 - 4 Min Read

Tak Semua Orang Tahu, Ini 5 Produk Indonesia yang Hanya Dijual di Luar Negeri

Indonesia tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Banyak merek lokal yang juga bisa bersaing secara global. 

Dari banyaknya produk dalam negeri yang diproduksi, ternyata ada beberapa merek lokal yang dibuat khusus hanya untuk diekspor.

Produk Indonesia yang hanya Dijual di Luar Negeri

Bagi yang belum tahu, ini 5 produk Indonesia yang hanya dijual di luar negeri. 

  1. Krakakoa
Krakakoa produk Indonesia yang dijual di luar negeri
sumber: krakakoa.com

Siapa yang tidak suka coklat? Dari anak kecil hingga orang dewasa, hampir semua suka dengan kelezatan penganan manis ini. Nah, Indonesia juga terkenal sebagai produsen biji coklat terkemuka di dunia. Bahkan, ada merek spesial yang diproduksi khusus untuk dijual di luar negeri yakni Krakakoa.

Krakakoa merupakan merek coklat premium yang sangat terkenal di luar negeri. Biji kakao yang digunakan merupakan hasil panen dari Bali, Sumatera dan Sulawesi. Semua proses pertanian dilakukan secara organik sehingga menghasilkan cita rasa coklat yang berbeda. 

Produk asli Indonesia ini hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari coklat hitam, coklat susu, hingga coklat rasa jahe. Tak hanya memproduksi coklat bar, Krakakoa juga merilis snacking chocolate dan chocolate buttons untuk keperluan membuat kue. 

Meski diproduksi untuk kepentingan ekspor, saat ini Krakakoa memiliki beberapa outlet di Indonesia dan juga bisa dibeli secara online. Karena sangat populer di luar negeri, Krakakoa pun membuka beberapa outlet di berbagai negara seperti di Belgia, Belanda dan Republik Ceko. 

  1. Tulola

Produk lokal berikutnya yang diproduksi untuk kepentingan ekspor adalah merek perhiasan premium, Tulola Jewelry. Produksi perhiasan ini terinspirasi oleh seni dan budaya Indonesia. Jadi tak heran, nama setiap koleksinya pun sangat unik. Misalnya Ubud, Puspita, Dewi Sri dan Perjalanan Kenangan.

Tulola sendiri merupakan brand yang didirikan oleh seniman Happy Salma bersama rekannya Sri Luce Rusna. Setiap produk Tulola terbuat dari campuran material perak murni dan alloy. Untuk perhiasan berwarna perak, sepuhan yang digunakan adalah white platinum. Sementara untuk perhiasan berwarna emas, sepuhan yang digunakan adalah emas 18 karat. 

Meskipun diprioritaskan untuk ekspor, kini warga Indonesia juga bisa membeli Tulola langsung di outlet-nya yang ada di Jakarta, Surabaya dan Bali. Pembelian juga dapat dilakukan secara online.  

  1. Sari Bumi Kusuma

Selain coklat, salah satu hasil perkebunan yang paling terkenal dari Indonesia adalah teh. Karena tumbuh di iklim yang sesuai, teh produksi dalam negeri menghasilkan cita rasa berkualitas tinggi. Salah satu merek teh olahan yang terkenal adalah Sari Bumi Kusuma. 

Merek teh premium ini terbuat dari daun teh pilihan yang dipanen langsung dari kebun teh di daerah Puncak, Jawa Barat. Karena rasanya yang otentik, produk-produk hanya diproduksi untuk kepentingan ekspor. 

Produk teh premium ini sangat terbatas dan hanya dijual di beberapa negara seperti Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Jadi bila Anda penasaran mencicipinya, Anda harus membelinya langsung dari negara lain. 

  1. Havaianas Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Havaianas? Merek sandal jepit asal Brasil ini telah mendunia dan sangat favorit di kalangan anak muda. Memiliki bahan yang nyaman serta desain yang simpel, membuatnya menjadi incaran banyak orang.

Havaianas diketahui memiliki cabang di Indonesia dan hanya merilis desain khusus dengan motif khas Indonesia seperti batik dan wayang. Namun, produk-produk Havaianas Indonesia hanya dijual di luar negeri seperti Jepang, Singapura, dan Australia.

  1. Sulotco Toraja Coffee
sumber: sulotco.co

Selain kopi Luwak, salah satu produk kopi asal Indonesia yang tersohor di mancanegara adalah Kopi Toraja. Dari puluhan brand yang diekspor, Sulotco Toraja Coffee merupakan salah satu merek kopi Toraja yang cukup terkenal. Usaha ini mulai dikembangkan sejak tahun 1987 di bawah naungan PT.  Sulotco Jaya Abadi. Saat ini, terdapat lebih dari 1 juta pohon kopi arabika yang dibudidayakan secara organik. 

Proses pemanenan buah kopi dilakukan mulai bulan Mei hingga Oktober dan disortir dengan cara manual serta menggunakan bantuan mesin. Karena diproduksi hanya untuk kepentingan eksport, seluruh proses diawasi secara detail sehingga kualitas biji kopi  tetap terjaga. Untuk memenuhi kebutuhan pasar global, merek ini telah dikirim ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Korea Selatan. 

Meskipun 5 produk asli Indonesia ini pada awalnya hanya ditujukan untuk konsumen di luar negeri, namun beberapa di antaranya sudah membuka toko lokal sehingga bisa Anda kunjungi. Karena diperuntukkan untuk ekspor, dipastikan seluruh produk di atas memiliki kualitas paripurna sehingga tak akan mengecewakan bila digunakan atau dikonsumsi. 

Nah, bila kamu tertarik untuk mengekspor salah satu dari lima produk di atas, pastikan tersedia modal yang cukup untuk memulai bisnis. Untuk menambah modal dan membuat bisnismu besar, dengan pembiayaan syariah dari ALAMI.

Kembangkan bisnismu menjadi lebih besar bersama ALAMI P2P Lending Syariah. Dapatkan pembiayaan syariah dari ALAMI untuk pengembangan bisnismu. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini.

Unduh juga aplikasi P2P Funding Syariah ALAMI untuk pendanaan UMKM yang sedang membutuhkan bantuan modal kerja. Dapatkan ujrah atau imbal hasil seteara dengan 14-16% pa. Aplikasi P2P Fundung Syariah ALAMI sudah tersedia di

ALAMI Syariah
ALAMI Syariah

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments