buku belajar investasi

Rekomendasi 5 Buku Belajar Investasi untuk Pemula

Di tengah kondisi perekonomian yang semakin tidak menentu kita harus mempersiapkan masa depan mulai dari sekarang. Persiapan untuk keuangan masa depan bisa dengan memulai menabung atau investasi.

Tetapi, dalam berinvestasi harus disertai dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Sehingga dalam menjalankan investasi dilakukan dengan cara yang benar dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. 

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang 10 channel youtube untuk belajar investasi. Belajar investasi tentunya perlu juga buku pegangan sebagai referensi terbaik. Membaca buku belajar investasi dapat menjadi cara yang lebih efektif untuk belajar, paling tidak dasar-dasar fundamentalnya, karena membaca buku memungkinkan kamu untuk memperoleh keuntungan dari pengalaman orang lain.

Di artikel kali ini kita akan membahas apa saja buku belajar investasi yang cocok khususnya bagi investor pemula. 

5 Buku Belajar Investasi 

1. Rich Dad, Poor Dad

Buku Rich Dad Poor Dad

Buku karya Robert T Kiyosaki ini merupakan buku populer dan dikenal luas sebagai buku untuk memulai investasi. Buku ini wajib dibaca bagi para investor muda dan pemula. Sebagai penulis buku ini Robert T Kiyosaki memberi pandangan bahwa bahwa orang miskin dan kelas menengah bekerja demi uang, tapi orang kaya bekerja untuk belajar.

Selain itu, Robert T Kiyosaki menekankan pentingnya mengerti akan finansial, dan bagaimana mencapai kebebasan finansial sebagai tujuan akhir. Menurut Kiyosaki, aset yang sesungguhnya seharusnya merupakan aset yang menambah pendapatan bukan mengurangi pendapatan.

Pagi kamu investor muda dna pemula, sangat wajib membaca buku ini, dan bagaimana kiat-kiat dalam merencanakan keuangan. 

2. The Four Pillars of Investing: Lessons for Building a Winning Portfolio

Buku The Four Pillars of Investing

Buku ini ditulis oleh ​Dr. William Bernstein adalah seorang neurologist, investor, pemikir investasi. Di buku ini Dr. Bernstein menyusun sebuah strategi yang berguna bagi investor pemula yang ingin merencanakan investasi. 

Topik-topik yang dibahasnya mengenai alokasi aset pada portofolio dan perilaku manusia dapat mempengaruhi keputusan yang kita ambil sebagai investor. Dr. Bernstein mengombinasikan empat pilar dalam investasi yang terdiri dari sejarah, teori, psikologi dan bisnis investasi. 

3. Invested

Buku Invested

Buku ini ditulis oleh Danielle Town dan Phill Town yang memberikan inspirasi bagi calon investor muda dan pemula. Di buki ini, Danielle dan Phill Town memberikan pemahaman bagaimana langkah yang harus diambil dalam belajar investasi sejak muda.

Di buku ini juga menceritakan kisah mereka berdua yang berawal dari anti investasi menjadi seorang yang menghasilkan banyak keuntungan dari investasi yang dimilikinya. Buku ini juga mengajak para investor muda untuk mengetahui apa saja yang harus diketahui dalam berinvestasi, dan bagaimana berinvestasi di waktu yang tepat.  

4. Investor Blueprint

buku Investor Blue Print

Buku yang ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya merupakan salah satu buku tentang investasi berbahasa Indonesia terbaik. Dalam buku ini sang penulis memberikan informasi penting tentang bagaimana berinvestasi yang tepat di semua kalangan. 

Dalam buku ini juga dikatakan setiap orang memiliki alasan berbeda untuk memulai investasi. Buku ini ditujukan untuk investor pemula yang ingin mencoba peruntungan di dunia investasi. Baik itu yang memiliki modal besar maupun modal terbatas. 

5. Alwaleed: Businessman, Billionaire, Prince

Buku Biografi Alwaleed: Businessman Billionaire Prince

Buku ini adalah buku biografi orang terkaya nomor 5 menurut majalah Forbes yakni Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud, pangeran kerajaan Saudi yang sukses di masa muda. 

Buku ini bisa menjadi inspirasi kamu sebagai investor muda dan juga pemula dengan cerita perjuangan sang pangeran meraih kesuksesan. Kisah bisnisnya dimulai dengan memberanikan diri untuk mengajukan pinjaman bank yang sederhana kemudian memberanikan diri menanamkan di beberapa bisnis perbankan dan properti yang akhirnya berkembang pesat. Kemudian memulai berinvestasi besar di perusahaan besar seperti Disney dan Apple Computer.

Kamu yang membaca buku ini akan banyak inspirasi dari cerita Pangeran bagaimana cara memutuskan berinvestasi dan apa alasan yang lebih besar dibalik tujuan investasi yang dilakukannya. 

Itulah 5 buku belajar investasi yang bisa kamu baca salah satunya atau kelima-limanya. Kelima buku tersebut cocok untuk kamu investor muda dan juga pemula yang ingin mengembangkan dananya untuk masa depan. 

Setelah terinspirasi dari kelima buku tersebut, tidak ada salahnya untuk memberanikan diri memulai investasi sejak sekarang. Mulai saja dari instrumen yang memiliki tingkat risikonya cenderung aman dan rendah. 

Seperti mengembangkan dana di platform P2P Funding Syariah dari ALAMI. Imbal hasil atau ujrah yang kompetitif. Uang pendanaan akan dikelola secara syariah untuk pembiayaan UMKM yang sedang berkembang. Dari pendanaan yang kamu lakukan nantinya ujrah yang akan didapatkan setara dengan 14-16% pa. Untuk memulai mendanai unduh aplikasinya di 

Artikel Terbaru

Penyesuaian Pemadanan NPWP ke NIK

Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri...

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Exit mobile version