pekerjaan online
published 05/09/2022 - 3 Min Read

5 Pekerjaan Online, Work From Anywhere, dan Tanpa Modal, Ada yang Mau?

Di masa inflasi yang terus meningkat beberapa harga kebutuhan terus naik. Tapi, hal ini tidak sebanding dengan penghasilan setiap bulannya. Perlu penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan. 

Saat ini pekerjaan sampingan bisa dikerjakan secara online. Hal ini tentunya tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Pekerjaan online relatif fleksibel, disesuaikan dengan ketersediaan waktu setelah pekerjaan utama. Bahkan pekerjaan online ini bisa dikerjakan di hanya cukup duduk di depan laptop di rumah.

Apalagi saat ini banyak pekerjaan online yang bisa dilakukan tanpa modal sepeser pun. Kira-kira apa saja ya usaha sampingan yang menguntungkan bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Berikut ini 5 pekerjaan online yang bisa kamu coba:

5 Pekerjaan Online yang Bisa dilakukan di Rumah

1. Penulis Lepas

Pekerjaan online sampingan ini cocok untuk kamu yang hobi menulis. Menjadi penulis lepas bisa menjadi pekerjaan online sampingan yang menjanjikan. Banyak jasa penulisan lepas yang bisa diaplikasikan seperti blog, majalah, artikel hingga penulisan ilmiah untuk skripsi dan penelitian. 

Agar bisa menarik calon kline, kamu perlu menunjukkan keahlianmu dalam penulisan. Misalnya menunjukkan portofolio tulisanmu yang sudah tayang di blog atau di media massa.

Berapa tarif honor yang biasa diterima oleh seorang penulis lepas? Tarifnya bermacam-macam, tapi tetap menjanjikan. Ada klien yang mematok tarif jasa penulisan per artikel ada juga yang dihitung per kata yang dihasilkan dari suatu artikel. Misalnya per artikelnya adalah Rp50 ribu, dan klienmu banyak, hasilnya bisa jutaan rupiah. 

2. Mengikuti Program Afiliasi di Ecommerce

Apa itu program afiliasi? Program afiliasi adalah program yang memberimu pendapatan dari hasil penjualan suatu produk di ecommerce. Saat ini cukup banyak perusahaan ecommerce yang memiliki program afiliasi ini, kamu bisa mengikuti salah satunya. 

3. Admin Medsos Online Shop

Berbisnis online tak lengkap rasanya memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk pemasaran. Namun, tak sedikit dari para pebisnis online kurang memahami dalam pengelolaan media sosial. 

Jenis pekerjaan online ini cocok bagi kamu yang terbiasa dalam mengelola akun media sosial. Untuk menjalankan pekerjaan online ini cukup berbekal koneksi internet dan gadget yang memadai.

Kamu bisa mendapatkan calon klien dari berbagai situs penyedia lowongan pekerjaan atau platform freelance. Untuk memudahkanmu, tentukan ceruk atau niche pekerjaan yang bisa kamu lakukan, atau bisa ditentukan sesuai dengan keinginan klien, bisa dari platform yang digunakan seperti Facebook atau dari jenis pekerjaan seperti membalas pertanyaan di kolom komentar. 

4. Local Guide Google

Local Guide Google adalah fitur yang diperuntukan bagi siapa pun untuk me-review atau mengulas berbagai lokasi/tempat seperti wisata, restoran, hotel berdasarkan pengalamannya. Menjadi Local Guide Google tugasnya adalah memberi nilai atau rating di suatu tempat, atau menjelaskan pengalamannya saat berada di tempat tersebut. 

Walau tidak dibayar terkadang Google memberi Local Guide hadiah berupa voucher, sebagai tanda terimakasih dan penyemangat untuk berkontribusi lagi. Atau jika beruntung bisa diundang ke kantor Google.

5. Creator atau Kontributor Canva

Canva adalah platform untuk mendesain grafik, foto video dan poster secara online. Platform ini terdiri dari  55 juta pengguna bulanan dari lebih dari 179 negara. Bagi kamu yang memiliki kemampuan fotografi atau desain grafis, kamu bisa memanfaatkan platform ini. 

Kreator atau Kontributor di Canva bisa membuat desain untuk Canva, nantinya akan mendapatkan royalti dari setiap foto atau desain yang kamu unggah di Canva. 

Manfaat besar program kontributor Canva adalah kamu tetap memiliki hak atas kiriman desain atau fotomu, termasuk jika Canva menerima desainmu dan menjual lisensi kepada orang lain untuk penggunaan komersial atau pribadi.

Itulah 5 pekerjaan online yang bisa dikerjakan secara fleksibel, tanpa menganggu waktu pekerjaan utamamu. Kelimanya bisa menambah penghasilanmu di luar pekerjaan utama, jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus. 

Agar penghasilan tambahanmu semakin berkembang jangan lupa untuk dialokasikan untuk menabung dan investasi. Simpanlah uang tambahanmu di tempat investasi yang terpercaya dan dengan imbal hasil yang menjanjikan. 

Seperti di platform peer to peer funding syariah dari ALAMI yang menawarkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14-16% pa. Uangmu akan dikembangkan untuk pendanaan UMKM yang sedang berkembang di Indonesia. Kamu bisa melakukan pengemangan uang dan asetmu di aplikasi platform P2P Funding Syariah dari ALAMI yang bisa diunduh di 

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments