infal

Kamu Tidak Mudik? Siapkan Jasa Infal Menjelang Lebaran

Jasa Asisten Rumah Tangga (ART) sangat membantu sekali dalam pekerjaan dan urusan rumah tangga. Apalagi bagi kamu yang sangat disibukkan oleh pekerjaan sehari hari, tak ada waktu untuk mengurus urusan dan pekerjaan rumah. Namun, bagaimana jika ART-mu pulang kampung alias mudik? Ditambah tahun ini, mudik akan diperbolehkan lagi seiring angka penyebaran COVID-19 semakin mereda. 

Jawabannya adalah jasa infal atau tenaga ART sementara waktu di saat lebaran atau waktu-waktu mudik. Jasa infal merupakan merupakan jasa yang kerap dicari setiap musim lebaran. Mereka biasanya sudah mulai bekerja H-10 hingga H+10 lebaran. 

Jasa infal ini akan mengerjakan pekerjaan urusan rumah tangga selama ART yang bekerja di rumah kamu kembali dari mudik. Jasa infal ini biasanya disediakan oleh perusahaan penyalur jasa infal. 

Bagi kamu yang lebaran 2022 ini tidak mudik, atau ditinggal ART-nya karena mudik dan membutuhkan jasa infal, yuk cari tahu bagaimana cara mendapatkan jasa infal hingga berbagai informasi mengenai jasa infal berikut ini. 

9 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Jasa Infal

  1. Tarif jasa infal pada waktu tertentu seperti menjelang Lebaran adalah dua kali lipat tarif normal
  2. Pembantu infal dibagi menjadi dua, ART infal yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan baby sitter yang mengurus anak
  3. Tarif ART infal berbeda dengan baby sitter infal. Biasanya tarif baby sitter infal lebih mahal.
  4. ART dan baby sitter infal biasanya dibagi dua waktu bekerja yaitu harian atau bulanan.
  5. Mayoritas pembantu infal berasal dari daerah luar Jakarta
  6. Yayasan/ perusahaan penyalur pembantu infal biasanya memberlakukan ganti infal jika pengguna jasa kurang sreg dengan kerja infal. Tapi, keluhan ini tidak diterima jika mendekati hari Lebaran. 
  7. Ada aturan-aturan yang diberlakukan yayasan penyalur infal pada pekerjanya saat bekerja di rumah. Misalnya, penggunaan gadget atau jam istirahat. Pastikan kamu tahu aturan-aturan ini agar bisa menyesuaikan dengan aturan di rumah
  8. Tenaga infal yang berasal dari yayasan penyalur ART terpercaya dan terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, biasanya telah melalui proses screening dan pendataan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan
  9. Beberapa tenaga infal mendapatkan pelatihan khusus sebelum bekerja. Contohnya, baby sitter infal, mendapatkan pelatihan mengurus anak dan lainnya.

Tarif Jasa Infal 

Berbagai tarif pun ditawarkan oleh para penyedia jasa di saat musim lebaran. Tarifnya pun beragam dari kisaran Rp 175 ribu per hari hingga Rp 350 ribu per hari. Selain itu para pengguna jasa infal juga akan dikenakan biaya administrasi.

Perlu diperhatikan, bahwa penetapan gaji PRT infal mengacu pada jenis pekerjaan, pengalaman kerja PRT, serta kondisi rumah majikan.

Aplikasi Jasa Infal 

Di era digital seperti saat ini, penggunaan aplikasi atau pun gadget untuk keperluan sehari-hari memang sangat penting, termasuk dalam permintaan jasa infal ART. Saat ini sudah banyak aplikasi penyedia jasa infal atau ART sementara melalui aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk beres-beres di rumah kamu, di saat ART yang menetap di rumah sedang mudik. 

Dengan adanya aplikasi jasa infal ini, jadi kamu tidak perlu repot-repot mencari perusahaan atau yayasan penyedia jasa infal. Biasanya juga yayasan atau perusahaan penyalur jasa infal ini sudah bekerja sama dengan platform aplikasi Jasa Infal. 

Demikian informasi mengenai jasa infal ART yang diprediksi akan meningkat permintaannya  di Lebaran tahun 2022 ini. Semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi mengenai jasa infal. 

Jangan lupa juga untuk terus mendanai di peer to peer funding syariah dari ALAMI.

Kembangkan danamu dan asetmu, dan dapatkan ujrah hingga setara 14-16% p.a. Download aplikasinya di

Artikel Terbaru

FAJR Academy oleh ALAMI Resmi Dibuka, Dihadiri Ribuan Mahasiswa dan Pembicara Ternama

Selasa (20/09), ALAMI resmi membuka acara FAJR Academy secara online. Lewat acara...

Menjalani Pengasuhan di Tengah Situasi Tidak Ideal? Simak 3 Tips dari Ustaz Bendri Berikut Ini! 

Dalam perjalanan mengasuh anak dan menjadi orangtua, kita tidak selalu bisa berada...

ALAMI Becomes First Indonesian Sharia Fintech Company to Win Prestigious Global Islamic Finance Award (GIFA)

ALAMI won the 2022 Global Islamic Finance Award (GIFA) for Excellence in...

Exit mobile version