sertifikasi halal bpjph

Cara Pengajuan Sertifikasi Halal BPJPH Terbaru, Gratis untuk UMK Lho!

Aturan perundang-undangan di Indonesia mengatur kewajiban sertifikasi halal bagi para pelaku usaha makanan dan minuman. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara pengajuan sertifikasi halal wajib untuk kamu pahami. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan usaha dengan lancar tanpa ada permasalahan terkait birokrasi. 

Sebagian orang berpikir kalau cara mendapatkan sertifikat halal sangat merepotkan. Ditambah lagi, proses pendaftaran tersebut disertai dengan biaya. Namun, tahukah kamu kalau saat ini pemerintah menyediakan fasilitas pendaftaran sertifikat halal secara gratis bagi para pelaku usaha mikro dan kecil, lho!

Persyaratan Umum Pengajuan Sertifikasi Halal BPJPH

Sumber : Ihatec

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) merupakan lembaga yang secara khusus melakukan pengurusan terkait sertifikat halal di Indonesia. Kalau mempunyai usaha di bidang makanan, minuman, hasil sembelihan, atau jasa sembelihan, kamu wajib melakukan pendaftaran sertifikat halal BPJPH sebelum 17 Oktober 2024. 

Kalau sampai tenggat waktu yang telah disebutkan usaha kamu masih belum memiliki sertifikat halal, pemerintah akan memberikan sanksi. Sanksi yang dimaksud bervariasi, mulai dari surat peringatan, denda administratif, sampai kebijakan terkait penarikan barang dari pasar. 

Untuk melakukan pengajuan sertifikasi halal BPJPH, kamu perlu memenuhi persyaratan sebagai berikut: 

Program Sertifikat Halal BPJPH untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK)

Sumber : Envato

Kepemilikan sertifikat halal bagi para pelaku usaha makanan, minuman, jasa sembelihan, serta produk sembelihan sifatnya wajib. Oleh karena itu, para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) juga perlu mengikutinya. Kabar baiknya, pemerintah telah menyiapkan program Sertifikat Halal Gratis atau SEHATI khusus bagi para pelaku UMK di Indonesia. 

Program SEHATI telah berjalan sejak tahun 2022, dengan total kuota sebanyak 350 ribu sertifikat halal gratis. Pemerintah berkomitmen untuk melanjutkan program tersebut dan bahkan menetapkan target lebih tinggi. Pada 2023, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menyediakan kuota sebanyak 1 juta sertifikat halal gratis untuk UMK.

Persyaratan Sertifikat Halal Gratis untuk UMK

Kalau kamu termasuk pelaku usaha mikro dan kecil, program SEHATI jadi pilihan tepat untuk memperoleh sertifikat halal secara gratis. Pelaksanaan program ini berlaku dengan skema self declare. Pendaftaran SEHATI, seperti dikutip dari laman Kemenag, dapat kamu lakukan secara gratis dengan persyaratan lengkap sebagai berikut: 

Pendaftaran Sertifikat Halal Online dengan Skema Self Declare Gratis untuk UMK

Cara pendaftaran sertifikat halal online melalui program SEHATI sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan proses pengajuan sertifikasi lewat SIHALAL. Dalam prosesnya, terdapat beberapa dokumen yang perlu kamu serahkan, di antaranya adalah: 

Kelebihan Usaha dengan Sertifikasi Halal BPJPH

Sumber : CNN Indonesia

Kamu mungkin beranggapan kalau sertifikasi halal hanya bagian dari upaya memenuhi kewajiban sebagai salah satu pelaku usaha di Indonesia. Padahal, kepemilikan usaha yang telah memiliki sertifikasi halal memberikan berbagai kelebihan, termasuk di antaranya adalah: 

1. Meningkatkan Daya Saing Usaha

Kepemilikan sertifikat halal membuat usaha kamu punya daya saing lebih tinggi. Keberadaannya membuat usaha kamu memiliki unique selling point yang tak dipunyai oleh pelaku usaha yang tak mengajukan sertifikasi halal. 

2. Memberi Rasa Tenang Bagi Para Pelanggan

Keberadaan sertifikasi halal dapat pula menjadi jaminan keamanan produk pangan yang kamu tawarkan. Produk yang kamu buat tidak memiliki kandungan bahan-bahan yang berbahaya ataupun haram. Dengan begitu, konsumen dapat mengonsumsinya dengan rasa tenang. 

3. Kesempatan Menjangkau Segmen Pasar yang Luas

Terakhir, kamu berkesempatan untuk melakukan pemasaran produk dengan pangsa pasar yang lebih luas. Tak hanya di berbagai penjuru tanah air, pengajuan sertifikasi halal bisa membantu kamu untuk memasarkan produk ke berbagai negara yang mayoritas muslim, seperti Malaysia, Brunei, serta negara-negara di Timur Tengah. 

Tidak sulit untuk mendapatkan sertifikat halal BPJPH, kan? Dengan sertifikasi halal, kamu dapat mendukung perkembangan ekosistem perekonomian yang sejalan dengan aturan Islam. Untuk melengkapi gaya hidup yang selaras dengan aturan Islam, kamu perlu pula menggunakan layanan keuangan berbasis syariah. 

Untuk mendukung bisnismu menjadi besar, kamu bisa mengajukan pembiayaan melalui produk invoice financing, purchase order financing, serta community-based financing dari ALAMI P2P lending syariah. 

ALAMI P2P lending syariah berkomitmen mendukung berkembangnya UMKM dalam ekosistem halal di Indonesia agar naik kelas dan berdampak positif lebih besar bagi perekonomian. Klik tautan ini untuk pelajari lebih lanjut mengenai pendanaan dari ALAMI P2P lending syariah!

Untuk ikut membiayai industri halal di Indonesia, unduh aplikasi ALAMI P2P lending syariah dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terbaru

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Sejarah Dana Pensiun di Indonesia

Sejarah dana pensiun di Indonesia melalui proses yang panjang dan senantiasa berkembang. ...

Exit mobile version