tujuan keuangan keluarga
published 10/07/2023 - 4 Min Read

7 Tujuan Keuangan Keluarga yang Bisa Dijadikan Acuan Manajemen Finansial

Dalam merencanakan keuangan rumah tangga, tujuan keuangan keluarga penting untuk ditetapkan agar kita memiliki langkah yang jelas dalam memetakan perencanaan keuangan di masa depan. Dengan begitu, kebutuhan keluarga saat ini dan di masa depan akan tercukupi dengan baik. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai tujuh hal yang bisa kamu jadikan acuan ketika menetapkan tujuan finansial agar kesejahteraan keluarga dapat di bangun untuk hari ini dan masa depan. 

Baca lebih lanjut, yuk!

Tujuan perencanaan keuangan keluarga yang bisa kamu terapkan

Sebelum memulai merencanakan keuangan keluarga, kamu bisa terlebih dahulu menetapkan tujuan keuangan yang hendak dicapai oleh keluargamu. 

Dilansir dari Forbes, merancang tujuan finansial adalah kunci mencapai kesuksesan dalam pengaturan keuangan. Hal ini dikarenakan menetapkan tujuan finansial memberikan arah dan tujuan agar kita bisa tetap on track ketika berupaya untuk mencapai kesuksesan keuangan. 

Dengan memiliki tujuan keuangan, kita bisa terus termotivasi dan terinspirasi untuk mencapai tujuan.

Jika kamu masih bingung tujuan keuangan keluarga apa saja yang bisa kamu terapkan, berikut tujuh financial goals yang bisa jadi sumber inspirasimu!

Persiapan pendidikan anak

tujuan keuangan keluarga
Iluatrasi. Pendidikan anak harus dijadikan salah satu tujuan keuangan keluarga yang menjadi prioritas. (Pexels/Mukhtar Shuaib Mukhtar)

Persiapan pendidikan anak menjadi bagian tak terpisahkan dari pemenuhan kesejahteraan di masa depan karena dengan mendapat pendidikan yang lebih baik, anak memiliki peluang untuk berkembang secara intelektual, emosional, dan spiritual yang nantinya memengaruhi kesempatan memperoleh kehidupan lebih baik dalam berbagai aspek hidup

Sayangnya, dengan biaya pendidikan yang semakin meningkat, kita harus mempersiapkan tabungan yang memadai agar anak dapat memperoleh pendidikan berkualitas yang sesuai dengan tuntutan dan tantangan zaman. 

Untuk itu, kita harus memasukkan persiapan pendidikan anak sebagai salah satu bagian penting tujuan manajemen keuangan keluarga agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik. 

Menabung untuk Membeli Rumah

tujuan perencanaan keuangan keluarga
Ilustrasi. Rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi keluarga namun juga menjadi sumber pendapatan (Pexels/RDNE Stock Project).

Saat ini, fungsi rumah nggak hanya sebagai tempat tinggal untuk anggota keluarga. Lebih dari itu, rumah juga bisa jadi aset berharga yang dapat menghasilkan keuntungan. 

Menjadikan target membeli rumah sebagai tujuan keuangan keluarga, mengapa tidak? Dengan membeli rumah, kita tidak perlu lagi risau dengan biaya sewa, dan punya kesempatan untuk meningkatkan harta di masa mendatang. 

Persiapan Dana Darurat

Walau sering dipandang sepele, dana darurat sebenarnya bukan hal yang bisa diabaikan. Pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu menunjukkan betapa situasi dapat berubah secara tiba-tiba yang mengakibatkan banyaknya jiwa yang tiba-tiba tidak memiliki mata pencaharian. 

Di sinilah peran penting dari dana darurat dalam memberikan perlindungan finansial ketika terjadi peristiwa tak terduga seperti kecelakaan atau kehilangan pekerjaan. Setidaknya, kita harus memiliki tabungan yang setara tiga hingga enam bulan rutin sebagai dana darurat. 

Ingin mencari cara untuk meningkatkan pendapatan untuk menabung dana darurat? Yuk sisihkan pendapatanmu untuk mendanai lewat aplikasi ALAMI P2P Lending syariah 

Dapatkan imbal hasil sesuai prinsip syariah dengan mendanai UMKM di Indonesia.

Klik tombol di bawah untuk mulai mendanai!

Dana pengembangan diri dan karir

Banyak orang yang seringkali lupa bahwa salah satu yang harus dipersiapkan selain dana pendidikan anak adalah dana untuk pengembangan diri dan karir bagi anggota keluarga yang sudah bekerja. 

Menginvestasikan uang untuk pendidikan tambahan, pelatihan, serta peningkatan keterampilan membuka peluang untuk memperoleh karir dan potensi pendapatan yang lebih baik. Pada akhirnya, mengalokasikan dana untuk hal ini dapat membantu keluarga meraih kestabilan finansial jangka panjang. 

Liburan dan rekreasi

tujuan manajemen keuangan keluarga
Ilustrasi. Liburan bersama keluarga tidak bisa disepelekan karena dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. (Pexels/Malike Benli)

Liburan dan rekreasi diperlukan bagi keluarga bukan hanya untuk bersenang-senang, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup dengan meredakan stress dan mempererat hubungan antar anggota keluarga. 

Tetapi, jangan sampai aktivitas kita menghilangkan penat justru menjadi tambahan beban pikiran. Dilansir dari Business Insider, salah satu kunci agar tidak pusing memikirkan biaya liburan adalah dengan perencanaan keuangan yang cermat dan kebiasaan menabung secara rutin. 

Persiapan masa pensiun

Bagi kita yang masih berada dalam usia produktif, memikirkan masa pensiun mungkin terasa jauh. Padahal, justru persiapan menuju masa pensiun harus dimulai sejak dini agar kita memiliki persiapan yang lebih matang menghadapi masa ketika kita tak lagi bekerja. 

Untuk mewujudkan kesejahteraan di hari tua, kita perlu menabung sekaligus berinvestasi untuk mencapai keadaan finansial yang stabil. Dengan begitu, kita tak perlu lagi bergantung kepada jaminan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup di usia tua. 

Mempersiapkan warisan untuk keluarga

Perencanaan keuangan keluarga melibatkan tidak hanya tujuan-tujuan jangka pendek dan menengah, namun juga tujuan kesejahteraan keluarga jangka panjang, termasuk meninggalkan harta warisan untuk keluarga.

Dengan manajemen finansial yang matang, keluarga dapat menciptakan warisan dan peninggalan berharga yang dapat menjadi bekal hidup bagi generasi selanjutnya. Caranya bisa dengan berinvestasi atau mengatur rencana warisan dan perlindungan aset. 

Produktifkan asetmu untuk manfaat di masa depan bersama ALAMI

Perencanaan keuangan keluarga adalah sebuah usaha penting untuk mencapai keamanan finansial di masa mendatang. Dengan memiliki tujuan yang jelas, manajemen pengaturan keuangan keluarga akan lebih terarah. 

 Dengan memperhatikan tujuan-tujuan seperti pendidikan anak, kepemilikan rumah, dana darurat, pengembangan diri, liburan, pensiun, dan persiapan warisan, keluarga dapat merencanakan kesejahteraan di masa depan dan peluang kehidupan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Salah satu hal yang kamu bisa lakukan untuk semakin mematangkan rencana keuangan keluarga adalah dengan memproduktifkan aset melalui pendanaan melalui ALAMI P2P lending syariah. Nikmati imbal hasil hingga 14% p.a dengan mendanai proyek-proyek bisnis UMKM di ekosistem halal di Indonesia. 

Tidak hanya hasil finansial, kamu juga bisa turut berkontribusi dalam perkembangan bisnis melalui produk-produk pendanaan berdasarkan nilai-nilai syariah. 

Yuk, segera download dengan klik tombol di bawah ini!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments