live streaming sebagai alat pemasaran
published 10/07/2023 - 4 Min Read

Live Streaming Sebagai Alat Pemasaran Online, Apakah Efektif?

Digital marketing terus berkembang. Kamu memiliki banyak pertimbangan dalam memilih metode pemasaran produk secara digital. Live streaming sebagai alat pemasaran merupakan salah satu di antaranya. Namun, apakah penggunaan layanan streaming sebagai metode pemasaran efektif? 

Sebelum kamu memanfaatkan live streaming untuk berjualan online, pastikan bahwa bisnismu punya modal kerja yang cukup. Manfaatkan produk-produk pembiayaan syariah dari ALAMI P2P lending syariah untuk jadikan bisnismu besar dan makin berdampak.

Yuk, ajukan pembiayaan sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Tren Berjualan Online Secara Live Streaming

live streaming sebagai alat pemasaran

Sumber : Envato

Belum ada data secara spesifik yang mengungkap efektivitas penggunaan metode live streaming untuk aktivitas berjualan online. Namun, studi dari Livestream mengungkapkan, hampir 80% para pengguna internet lebih mengedepankan konten video dibandingkan dengan konten artikel. 

Studi Livestream tersebut diperkuat dengan data dari Statista. Menurut data Statista tahun 2020, para netizen menghabiskan waktu mencapai 480 miliar jam untuk menyaksikan konten live streaming lewat perangkat smartphone. Pandemi COVID-19 menjadi pemicu utama munculnya kebiasaan tersebut. 

Tren menonton konten live streaming tersebut membuka peluang bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu, para pelaku usaha berbondong-bondong untuk menggunakannya sebagai sarana berjualan barang secara online. Apalagi, live streaming memungkinkan penjual berinteraksi secara langsung dengan konsumen. 

Penggunaan layanan live streaming sebagai alat pemasaran online populer di negara Tiongkok. Selanjutnya, pemanfaatan video live untuk kebutuhan menjual barang berkembang ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Apalagi, saat ini akses internet di tanah air bisa didapatkan dengan mudah. 

Manfaat Live Streaming sebagai alat pemasaran online

Kamu bisa memperoleh berbagai manfaat ketika menggunakan layanan live streaming sebagai alat pemasaran produk secara daring. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Jangkauan Luas

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan terkait pemanfaatan live streaming sebagai alat pemasaran online adalah jangkauannya. Kamu berkesempatan untuk menjangkau konsumen secara luas tanpa terhalang oleh jarak. 

Dengan jangkauan pasar yang luas, kamu memperoleh peluang untuk memasarkan produk lebih banyak. Selanjutnya, omzet serta tingkat keuntungan kamu bisa meningkat beberapa kali lipat. 

2. Implementasi yang Mudah

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan manfaat live streaming untuk berjualan karena kemudahan dalam implementasinya. Kamu tak perlu melakukan pengambilan video di studio dengan peralatan lengkap. 

Saat ini, ada banyak aplikasi live streaming di smartphone yang bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja. Bahkan, kamu bisa live streaming dari rumah ataupun toko, bebas. Asalkan, kamu mempunyai koneksi internet yang stabil dan mencukupi. 

3. Interaksi Secara Real Time

Manfaat yang tak kalah penting adalah kemudahan dalam melakukan interaksi dengan pelanggan. Adanya interaksi tersebut membuat pengalaman belanja lewat live streaming tak ubahnya seperti belanja secara fisik. 

Pelanggan bisa mendapatkan gambaran secara jelas tentang produk yang mereka inginkan. Selain itu, konsumen juga punya kesempatan untuk menawar barang seperti halnya ketika mereka belanja di pasar. 

Referensi Platform Live Streaming Sebagai Alat Pemasaran

Dengan memperhatikan berbagai manfaat live streaming untuk berjualan online, tak heran kalau banyak pelaku bisnis online memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran, kan? Kamu bisa pula menerapkan metode pemasaran digital ini. 

Caranya gampang. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform live streaming yang ada di internet. Sebagai referensi, berikut ini adalah 5 pilihan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana berjualan secara live streaming

1. Facebook Live

Platform pertama yang bisa kamu gunakan untuk berjualan secara live streaming adalah Facebook Live. Kamu dapat menggunakan fitur ini di perangkat mobile maupun desktop. Selain itu, kamu bisa pula memanfaatkan sarana live streaming di Facebook memakai page ataupun halaman profil. 

Facebook Live juga memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens secara luas. Kamu dapat mengundang teman ataupun pengikut pada siaran langsung tersebut. Selain itu, ada pula pilihan untuk membagikan tautan siaran live tersebut ke grup untuk mendapatkan audiens lebih banyak.

2. Youtube Live

Berikutnya, ada pula pertimbangan untuk menggunakan fasilitas YouTube Live. Seperti halnya Facebook Live, kamu dapat mengajak para penonton untuk berinteraksi lewat kolom komentar. Cara penggunaannya pun mudah, dapat kamu manfaatkan via perangkat Android, iOS, maupun desktop. 

3. Instagram Live

Media sosial Instagram banyak menjadi platform jualan yang populer. Apalagi, media sosial ini mengutamakan konten berupa gambar dan video. Sebagai tambahan, kamu dapat pula memanfaatkan fitur Instagram Live untuk keperluan live streaming sebagai alat pemasaran online

Fitur Instagram Live juga bisa kamu manfaatkan dengan mudah. Cukup dengan satu ketukan layar, kamu sudah bisa melakukan siaran langsung. Biar aktivitas jualan lewat live streaming di Instagram sukses, kumpulkan follower yang banyak dulu. Dengan begitu, jumlah orang yang menonton siaran kamu jadi lebih banyak. 

4. TikTok Live

TikTok saat ini berkembang lebih dari sekadar media sosial. Di sini, kamu dapat pula menggunakan fasilitas TikTok Shop untuk berjualan. Kalau sudah mendaftar sebagai seller di TikTok Shop, kamu bisa menggunakan fasilitas TikTok Live untuk berjualan secara live streaming dan dapat omzet besar. 

Syarat utama yang perlu kamu lakukan untuk bisa menggunakan TikTok Live untuk jualan adalah mendaftar TikTok Shop terlebih dulu. Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk menjual barang milik sendiri atau memanfaatkan fasilitas affiliate atau menjadi seorang dropshipper

5. Shopee Live

Terakhir, kamu dapat memperoleh manfaat live streaming dalam berjualan dengan menggunakan Shopee Live. Kamu bisa menggunakan fitur ini dengan mengakses akun seller Shopee dari perangkat desktop maupun mobile. 

Biar barang dagangan kamu laris di Shopee Live, perhatikan pemilihan host. Jangan sekadar memilih host dengan penampilan menarik. Namun, pastikan pula host tersebut mampu bersikap persuasif dan mengajak konsumen untuk berinteraksi. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu betapa mudahnya memanfaatkan peluang meraih omzet tinggi lewat penggunaan live streaming sebagai alat pemasaran. Kamu bisa pula memanfaatkan metode ini untuk mendongkrak bisnis online milikmu. 

Selain sarana pemasaran yang bagus dengan menggunakan teknologi, salah satu cara untuk membuat Bisnis Jadi Besar adalah dengan menyiapkan modal kerja yang cukup untuk menopang proses operasional perusahaan. 

Kalau perusahaan kamu memerlukan modal usaha tambahan, ada solusi menarik dari ALAMI P2P lending syariah. ALAMI P2P lending syariah menyediakan produk pembiayaan berbasis syariah yang membantu kamu dalam memperoleh modal tambahan untuk pengembangan usaha. 

Yuk, manfaatkan layanan pembiayaan P2P lending berbasis syariah dari ALAMI untuk pengembangan usaha kamu. Klik tombol di bawah ini untuk mengajukan pembiayaan!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments