manajemen ritel
published 14/06/2023 - 3 Min Read

Manajemen Ritel: Seberapa Penting dan Bagaimana Caranya?

Paling tidak sekali dalam hidupmu, kamu pasti pernah masuk ke toko ritel yang rasanya berantakan.

Barang-barang sulit ditemukan karena pengelompokan yang membingungkan, dan karena itu kamu jadi malas untuk berbelanja di dalamnya. Hal ini umumnya terjadi karena tidak adanya manajemen ritel yang baik.

Manajemen ritel tentu saja berbeda dengan manajemen bisnis pada umumnya.

Jika kamu punya cita-cita atau bahkan sudah menjalankan sebuah bisnis ritel, ilmu ini wajib kamu pahami, nih.

Pasalnya, dengan memastikan kenyamanan pelanggan di tokomu, bisnismu bisa semakin berkembang pesat.

Nah, seperti apa manajemen ritel dan bagaimana melakukannya dengan baik? Simak penjelasan Hijra dalam artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Manajemen Ritel?

Manajemen ritel adalah proses yang bertujuan untuk memudahkan konsumen agar dapat menemukan produk di tokomu.

Karena merupakan sebuah proses, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan, mulai dari mengatur bagaimana produk dipresentasikan di toko ritelmu hingga bagaimana kamu dapat memenuhi segala kebutuhan yang ia cari sesuai dengan kategori toko yang kamu miliki.

Menurut Magestore, manajemen ritel adalah salah satu hal yang paling krusial dalam menentukan kesuksesan bisnis, lho.

Bukan hanya berfokus pada pelanggan, manajemen ini juga punya peran dalam menciptakan hubungan baik antarpelanggan, pemasok, produk, dan brand sendiri.

Mengutip Indeed, berikut adalah aspek-aspek yang berpengaruh dalam manajemen ritel:

1. Manajemen inventaris

Memastikan toko memiliki stok barang yang sesuai dengan permintaan pasar sehingga bisa selalu tersedia untuk dibeli.

2. Warehouse operation

Mengatur persediaan di gudang serta transportasi yang tepat waktu hingga sampai ke toko.

3. Pengelolaan toko online dan offline

Mengatur operasi bisnis baik secara online (e-commerce) dan toko yang ada secara fisik.

4. Pembayaran dan pembukuan

Dokumentasi dan manajemen keuangan toko dengan rapi dan teliti.

5. Sumber daya manusia

Perekrutan, pelatihan, dan pengawasan pekerja di bisnis ritelmu.

6. Tata letak toko

Pengaturan bagaimana rak-rak di toko diatur, berikut juga pencahayaan, suhu, visual, dan penempatan barang agar toko terlihat menarik dan terasa nyaman.

7. Pelayanan pelanggan

Memastikan karyawan mampu memberikan pelayanan terbaik mulai dari membantu pelanggan menemukan barang, menjawab pertanyaan mereka, dan membangun loyalitas pelanggan.

8. Penjualan

Pengaturan pricing strategy agar bisa menetapkan harga yang tepat bagi pelanggan dan menumbuhkan keuntungan.

Pentingnya Manajemen Ritel

Bagi pemilik bisnis ritel, manajemen ritel adalah hal yang sangat penting.

Alasannya, menurut laporan Forbes, bisnis ritel offline saat ini berkembang dengan lebih pesat lagi, bahkan mengalahkan e-commerce mulai di tahun 2021 silam.

Otomatis, persaingannya pun menjadi semakin ketat.

Untuk bisa mempertahankan konsumen, memiliki manajemen toko yang baik adalah kuncinya.

Selain itu, beberapa manfaat dari manajemen ritel bagi suatu bisnis adalah:

1. Meningkatkan customer experience

Pelanggan yang masuk ke toko yang tertata dengan pelayanan yang ramah tentu akan merasa nyaman.

Hal ini dapat mendorong seseorang untuk belanja lebih lama, lebih banyak, dan menjadi lebih loyal.

Bahkan, mereka juga mungkin saja akan merekomendasikan tokomu.

2. Mendukung perkembangan bisnis

Dengan konsumen yang lebih loyal serta operasi yang lebih tertata, akan lebih mudah bagi bisnismu untuk tumbuh jadi lebih besar dan mendatangkan keuntungan lebih banyak lagi.

Implementasi Terbaik Manajemen Ritel

Untuk mengoptimasi operasi bisnis ritelmu, berikut adalah best practices atau praktik terbaik yang bisa kamu aplikasikan.

1. Prinsip 5S

5S adalah prinsip organisasi yang terdiri dari: sort, set in order, shine, standardize, dan sustain.

Prinsip ini dapat kamu aplikasikan untuk desain dan tata letak barang-barang ditoko, baik online maupun offline.

Dengan 5S, kamu bisa berfokus pada inventori bisnis dan mengelola penyediaan barang dengan optimal.

2. Cek dari belakang ke depan secara harian

Manajer toko dapat secara proaktif mengecek seluruh toko yang menjadi tanggung jawabnya mulai dari bagian paling belakang hingga paling depan.

Pengecekan ini dilakukan terhadap kebersihan, tata letak, persediaan, dan hal-hal penting lainya.

3. Fokus pada konsumen

Dalam bisnis ritel, konsumen harus menjadi prioritas.

Maka dari itu, pastikan bahwa setiap konsumen yang datang ke toko bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan untuk dapatkan dari tokomu.

Nah, itulah dia serba-serbi manajemen ritel untukmu yang ingin punya bisnis ritel, baik secara fisik atau online.

Jangan lupa untuk dipraktikkan bagi bisnismu, ya! Semoga dengan informasi ini, kamu bisa mencapai kesuksesan yang lebih lagi di waktu mendatang.

Selain itu, jika bisnismu membutuhkan pengembangan dalam aspek apa pun dan ingin mencari dananya secara syariah, kamu bisa bergabung dan menjadi penerima pendanaan di ALAMI P2P Lending Syariah.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik di sini, atau download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini.

Yuk, jadikan bisnismu besar bersama ALAMI!

ALAMI P2P Lending Syariah
ALAMI P2P Lending Syariah

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments