pengembangan diri dan karir
published 02/08/2023 - 4 Min Read

Pengembangan Diri: 6 Langkah Melejitkan Potensi Diri dan Karir

Kemampuan pengembangan diri memegang peran penting dalam pertumbuhan kita secara pribadi maupun profesional. 

Bagaimana tidak, semakin kita berusaha untuk mengasah kemampuan serta mempelajari keterampilan baru, kesempatan kita menggapai cita-cita dan memperoleh kehidupan yang lebih baik dengan peningkatan karir dan penghasilan akan semakin terbuka lebar. 

Selain peningkatan finansial, pengembangan diri dan karir juga berkaitan dengan bagaimana kita dapat memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. 

Bagaimanakah cara mengembangkan potensi diri menjadi versi yang lebih baik dari diri kita sebelumnya? 

Pengembangan diri dan karir: langkah-langkah praktis mengembangkan potensi diri

Sebelum kita membahas lebih terperinci tentang pengembangan diri, kita harus pahami dulu apa yang dimaksud dengan pengembangan diri. 

UK College for Personal Development mendefinisikan pengembangan diri sebagai:

Sebuah upaya penuh kesadaran untuk mencapai pertumbuhan pribadi dengan memperluas kesadaran diri dan pengetahuan serta meningkatkan keterampilan pribadi.

Dari pengertian di atas, hal pertama yang harus kita lakukan ketika memulai proses pengembangan diri adalah mengenali diri sendiri dan memahami bagaimana kita bisa menggapai potensi terbaik kita. 

Setelah itu, kita harus menetapkan tujuan terkait diri kita yang ingin kita raih. Kamu bisa mencatat tujuan yang ingin kamu raih seperti peningkatan karir, sumber penghasilan dari bidang lain, atau bisa membantu orang lain melalui keterampilan tertentu. 

Ingat bahwa manfaat pengembangan diri tidak terbatas pada karir atau kesejahteraan finansial, namun juga pemenuhan tujuan hidupmu secara umum. 

Setelah kamu memiliki tujuan yang ingin kamu capai, saatnya kamu take action dan mulai langkah-langkah pengembangan diri dan karir. 

Bagaimana cara mengembangkan potensi diri? Simak di sini!

Membaca 

pengembangan diri dan karir
Ilustrasi. Membaca buku merupakan cara pengembangan diri yang mudah. (Karolina Grabowska/Pexels)

Membaca dapat menambah wawasanmu mengenai bidang yang kamu geluti. Selain itu, membaca juga dapat memperkaya kosa kata dan melatih kemampuan berpikir kritis. Kedua hal ini penting agar kamu dapat mengkomunikasikan idemu kepada orang lain dengan jelas. 

Kamu bisa membaca buku-buku self-help, bisnis, psikologi, atau manajemen jika kamu ingin mempelajari hal-hal baru terkait karir. Bahkan, buku-buku atau artikel yang tidak secara langsung berkaitan dengan bidang pekerjaanmu pun dapat jadi sumber inspirasi, lo! 

Melanjutkan studi

Salah satu cara yang paling pasti untuk mengembangkan potensi diri adalah dengan melanjutkan pendidikan formal di bidang yang ingin kamu tekuni. Melanjutkan studi tidak hanya dapat memperkaya wawasan, namun juga memperkukuh komitmen kamu terhadap bidang yang kamu geluti. 

Nggak cuma itu, melanjutkan studi dan memperoleh gelar juga dapat membuka kesempatan untuk role profesional yang dapat mendatangkan penghasilan lebih banyak. 

Mengikuti kursus

pengembangan diri
Ilustrasi. Kursus secara daring bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak punya waktu untuk melanjutkan pendidikan tinggi. (Mikhael Nilov/Pexels)

Jika kamu tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah, atau tidak punya banyak uang untuk melanjutkan studi secara formal, kamu juga bisa memperkaya wawasan dengan mengikuti kursus atau bootcamp yang kini banyak tersedia baik secara online maupun offline.  

Kamu tetap bisa memperoleh ilmu dari orang-orang yang memang ahli di bidangnya, termasuk para praktisi yang berpengalaman bertahun-tahun. Selain itu, kamu bisa berkesempatan memperdalam pemahaman melalui case studies yang bantu kamu mengaplikasikan ilmu yang kamu pelajari. 

Kursus-kursus ini memiliki harga yang beragam, dari yang gratis hingga yang bernilai jutaan rupiah. Untuk itu, kamu juga perlu punya persiapan finansial jika kamu ingin mengikuti kursus maupun bootcamp. 

Untuk itu, kamu bisa produktifkan aset yang kamu miliki lewat ALAMI P2P lending syariah. Nikmati imbal hasil hingga 14% p.a dengan mendanai proyek-proyek dalam ekosistem halal di Indonesia. 

Yuk, download aplikasi ALAMI P2P lending syariah sekarang!

Gabung komunitas

Komunitas memberikan ruang untuk kita agar dapat saling terhubung dan bertemu dengan orang-orang dengan minat dan tujuan yang sama. Dengan demikian, komunitas menyediakan ruang dan kesempatan untuk saling mendukung. 

Kamu bisa cari komunitas terdekat dengan area domisilimu, maupun komunitas daring yang memiliki jangkauan anggota yang lebih luas. Dengan berinteraksi dalam komunitas, kamu bisa belajar dari banyak orang, memperoleh kesempatan untuk bermitra dalam bidang tertentu, serta memperluas perspektif.   

Konsultasi dan mentoring 

pengembangan diri
Ilustrasi. Mentoring adalah salah satu cara pengembangan diri yang efektif. (Nappy/Pexels)

Salah satu metode belajar yang paling efektif adalah dengan berkonsultasi ataupun mentoring dengan orang-orang yang memiliki keahlian dan spesialisasi di bidang tertentu, termasuk orang-orang di tempat kerjamu yang lebih berpengalaman dalam bidang yang kamu geluti. 

Dikutip dari situs University of Southampton, salah satu definisi dari mentoring adalah

“Sebuah hubungan pembelajaran yang membantu orang untuk bertanggungjawab atas perkembangannya sendiri, untuk melepaskan potensi mereka, serta untuk mencapai hasil yang mereka anggap berharga” – (Connor dan Pokora 2007).

Karena hubungan antara mentor dan mentee seringkali berlangsung dalam kelompok yang lebih kecil dari kelas atau kursus atau bahkan hubungan antar dua orang (one on one), proses pembelajaran dapat berlangsung secara lebih intensif dan personalized sesuai kebutuhan.  

Berani keluar dari zona nyaman

Last but not least, hal penting jika kamu ingin mengembangkan potensi diri dan karir adalah keberanian untuk menghadapi rasa takut dan keluar dari zona nyaman. 

Ambil peran baru dan lakukan hal-hal yang sebelumnya tidak berani kamu lakukan. Misalnya, jika sebelumnya kamu tidak berani berbicara di depan umum, mulailah berani berbicara di depan umum dengan aktif berpartisipasi dalam meeting, atau memberanikan diri membawakan presentasi. 

Dengan mencoba hal-hal baru, kamu bisa menemukan bakat dan kekuatan yang sebelumnya tidak kamu sadari, berlatih memecahkan masalah, serta mengambil pelajaran dari kegagalan. 

Berani mencoba dapat membentuk mindset bertumbuh yang bisa membantu kita menghadapi perubahan dan terus menjadi versi diri kita yang lebih baik setiap harinya. 

Pengembangan diri, proses tak bertepi

Pengembangan diri adalah proses yang harus terus-menerus berjalan. Setiap langkah yang kita ambil akan dapat membantu kita untuk menggapai potensi terbaik kita. 

Dengan menerapkan enam cara mengembangkan diri di atas dalam kehidupan pribadi dan profesionalmu, kamu bisa memperluas cakrawala dengan membangun dasar keilmuan dan keterampilan yang solid. 

Perjalanan pengembangan diri adalah investasi terbaik yang akan memberikan imbal hasil berupa hidup yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Jika kamu ingin mendapatkan imbal hasil finansial yang halal dan sesuai syariah, kamu bisa produktifkan asetmu dengan mendanai lewat aplikasi ALAMI P2P lending syariah.

Download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments