TKB Total adalah nilai keberhasilan penyelesaian kewajiban pembiayaan dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari sejak jatuh tempo dibandingkan dengan total nilai penyaluran pembiayaan yang berhasil disalurkan.
TKB90
TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo.
TKB60
TKB60 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 60 (enam puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
TKB30
TKB30 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
TKB0
TKB0 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 0 (nol) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
Prosedur dan Syarat Pendirian PT, Bisa Perorangan, lho!
06/03/2023 - 4 Min Read
Prosedur dan Syarat Pendirian PT, Bisa Perorangan, lho!
Pernah bercita-cita untuk mendirikan PT sendiri?
Saat memikirkan teknisnya, mungkin terbayang akan sangat rumit, ya.
Akan tetapi, jangan khawatir. Dengan memahami caranya perlahan-lahan dan mengikuti prosedurnya, pasti kamu pun bisa memenuhi syarat dan menempuh proses mendirikan PT-mu sendiri.
Nah, seperti apa syarat pendirian PT yang begitu penting untuk kelangsungan bisnis? Yuk, langsung saja simak artikel ini baik-baik!
Sebelum memahami syarat pendirian PT, kamu perlu memahami dulu tentang eksistensi PT perorangan, PT biasa, dan CV yang bisa didirikan sebagai usaha di Indonesia.
Tidak semua bisnis atau badan usaha berbadan hukum, tetapi ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menjadikan usahamu berbadan hukum. Salah satunya adalah aset dan harta pribadi dan usaha akan aman dan terlindungi.
Artinya, jika kamu menjalankan sebuah usaha dalam bentuk PT dan mengalami pailit, maka kondisi finansial pribadimu tidak akan terusik.
Pasalnya, PT merupakan badan hukum dan dianggap sebagai entitas sendiri.
Pun sebaliknya, jika kamu sedang mengalami masalah di keuangan personal, maka tak perlu khawatir keuangan bisnis akan ikut terguncang.
Selain itu, usaha yang berbadan hukum juga memiliki beberapa keuntungan lain seperti:
dilindungi oleh hukum sehingga lebih aman saat menjalankan usaha
lebih mudah mendapat tambahan modal dan ekspansi usaha
nama usaha tidak dapat digunakan oleh pihak lain
Biasanya orang pun bingung dalam menentukan jenis badan hukum apa yang cocok untuk untuk bisnisnya, terutama untuk PT Perorangan, PT biasa, dan CV. Lantas, apa saja perbedaan PT perorangan, PT biasa, dan CV? Berikut penjelasanna menurut Hukum Online.
1. PT Perorangan
Merupakan badan hukum.
Diperuntukkan bagi usaha dengan modal kecil (khususnya untuk usaha mikro dan kecil).
2. PT
Merupakan badan hukum.
Diperuntukkan bagi usaha dengan modal besar.
3. CV
Bukan merupakan badan hukum.
Terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif.
Tidak ada batas minimal modal.
Syarat Pendirian PT
Nah, setelah memahami PT perorangan, PT biasa, dan CV, saatnya beranjak ke syarat pendirian PT atau badan usaha di Indonesia.
Berikut adalah hal-hal yang menjadi syarat pendirian PT perorangan dan PT biasa yang perlu kamu ketahui:
1. PT Perorangan
Warga Negara Indonesia
Berusia minimal 17 tahun
Cakap hukum
Pendiri hanya terdiri dari satu orang (satu nama pemegang saham sekaligus pendiri)
Tidak boleh mendirikan PT lain sebelum PT perorangan yang awal berusia minimal 1 tahun
Memenuhi ketentuan kriteria UMK seperti modal di bawah Rp5 miliar
2. PT Biasa
Dapat didirikan oleh Warga Negara Indonesia, Warga Negara Asing, atau badan hukum Indonesia maupun asing
Pendiri minimal terdiri dari dua orang
Modal berasal dari kesepakatan para pendiri tanpa batasan jumlah yang harus disetor
Berdasarkan syarat pendirian PT di atas, bagaimana jika ternyata seiring berjalannya waktu PT perorangan memiliki modal di atas Rp5 miliar atau ingin menambah pendiri? Dalam hal tersebut, maka kamu harus mengubah status PT perorangan menjadi PT biasa dengan prosedur yang berlaku dan taat pada aturan yang menyertai.
Akan tetapi ada banyak yang harus disiapkan sebagai syarat pendirian PT.
Biasanya, proses persiapan dokumen dan pengajuan ini memerlukan waktu sekitar satu bulan.
Agar kamu bisa segera mempersiapkannya, yuk, simak apa saja kelengkapan dokumen dan prosedunya!
1. Penentuan nama PT yang akan digunakan
Nama tidak mirip atau menyerupai nama lembaga hukum, pemerintahan, maupun internasional kecuali seizin lembaga tersebut
Nama belum dipakai secara legal dan tidak sama dengan nama PT lainnya
Nama tidak bertentangan dengan fakta umum dan norma kesusilaan
Nama sesuai tujuan dan kegiatan operasional PT bersangkutan
Nama ditulis menggunakan huruf latin
2. Penetapan lokasi kantor operasional PT
Alamat kantor yang nantinya didaftarkan haru sesuai dengan lokasi kantor tempat operasional bisnis berjalan
Menggunakan layanan virtual office diperbolehkan
Beberapa kota besar di Indonesia menerapkan kebijakan zonasi untuk aktivitas usaha
3. Pengajuan dokumen
NPWP penanggung jawab
Fotokopi KTP pemegang saham
Fotokopi KK penanggung jawab
Surat keterangan domisili tempat PT didirikan dan beroperasi yang dikeluarkan oleh RT/RW setempat
Foto gedung kantor PT
4. Pembuatan akta pendirian
Menetapkan jangka waktu berdirinya PT (termasuk jika tidak ada batasan alias berlaku seumur hidup)
Menetapkan maksud dan tujuan sekaligus kegiatan usaha yang dijalankan PT
Akta Notaris yang ditulis dalam bahasa Indonesia
Modal dasar minimal Rp50 juta
5. Pengesahan SK pendirian menteri
Ajukan permohonan pendirian dan pengesahan
Permohonan diajukan tidak lebih dari 60 hari sejak Akta Pendirian disahkan
6. Kewajiban PT Lainnya
Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) di kantor kelurahan sesuai alamat yang diajukan dengan memenuhi persyaratan: fotokopi KTP direktur, IMB, pajak bumi dan bangunan terakhir, dan perjanjian sewa atau kontrak tempat usaha
Membuat NPWP PT di Kantor Pelayanan Pajak dengan lokasi yang sama dengan domisili atau lokasi PT
Membuat dan mengesahkan Anggaran Dasar dengan persyaratan berupa akta pendirian asli, bukti setor bank dengan jumlah senilai modal dalam akta pendirian, dan bukti Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
Mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dengan ketentuan sebagai berikut:
SIUP kecil untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih >Rp 50 juta sampai maksimal Rp500 juta (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)
SIUP menengah untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih mulai dari Rp500 juta sampai Rp10 miliar (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)
SIUP besar untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih lebih dari Rp10 miliar (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)
Mengajukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah
Nah, itulah cara dan syarat pendirian PT, baik perorangan maupun biasa. Dalam mengurus pendirian PT dan memperoleh berbagai keuntungan jangka panjang dari bisnis yang berbadan hukum ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp3,5 juta hingga Rp5 juta untuk pembuatan akta notaris dan SK.
Namun jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan jasa pendirian PT oleh pihak ketiga yang kredibel. Biayanya juga relatif terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa fokus menyiapkan atau mengerjakan hal-hal strategis lainnya.
Jika nanti PT-mu sudah didirikan dan memerlukan bantuan pendanaan, kamu bisa menjadikan ALAMI P2P Lending Syariah sebagai solusimu.
Bukan hanya memberikan pembiayaan yang prosesnya mudah, fokus utama ALAMI adalah menyediakan pendanaan yang syariah sesuai dengan DSM MUI dan diawasi oleh OJK.
Jadi, kamu tak perlu khawatir.
Yuk, download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!
Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.03/2022 Tentang Nomor Pokok Wajib Pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib...
Yay, kini ALAMI Android Mobile App sudah punya beberapa fitur terbaru! Fitur terbaru ini nantinya bisa memudahkan kamu dalam melakukan proses chip in, hingga mengetahui portofolio apa saja yang sudah...
Situs keuangan boleh mendefinisikan kemerdekaan finansial dari kacamata mereka, tapi apa arti kemerdekaan finansial seorang Muslim? Arti kemerdekaan finansial seorang Muslim yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa melaksanakan semua kewajiban...
“Kebanyakan pasangan sebenarnya tidak butuh konselor pernikahan, tapi butuh penasihat keuangan,” begitu keyakinan dari David Bach, penulis lebih dari 10 buku keuangan (beberapa termasuk dalam New York Times Bestseller List)...
Bagaimana sikap istri ketika bisnis suami mengalami penurunan dan tabungan keluarga harus terkuras habis? Apa sebenarnya peranan seorang istri dalam mengatur keuangan keluarga? Prinsip apa saja yang membuat seorang istri...
Bagi pengguna layanan fintech, kenyamanan yang didapatkan saat melakukan transaksi investasi online sangat penting. Aspek user experience sangat perlu diperhatikan. Bagaimana ALAMI memberikan kenyamanan transaksi investasi syariah online untuk penggunanya?...