syarat pendirian pt

Prosedur dan Syarat Pendirian PT, Bisa Perorangan, lho!

Pernah bercita-cita untuk mendirikan PT sendiri?

Saat memikirkan teknisnya, mungkin terbayang akan sangat rumit, ya.

Akan tetapi, jangan khawatir. Dengan memahami caranya perlahan-lahan dan mengikuti prosedurnya, pasti kamu pun bisa memenuhi syarat dan menempuh proses mendirikan PT-mu sendiri.

Nah, seperti apa syarat pendirian PT yang begitu penting untuk kelangsungan bisnis? Yuk, langsung saja simak artikel ini baik-baik!

Perbedaan PT Perorangan, PT Biasa, dan CV 

Sebelum memahami syarat pendirian PT, kamu perlu memahami dulu tentang eksistensi PT perorangan, PT biasa, dan CV yang bisa didirikan sebagai usaha di Indonesia.

Tidak semua bisnis atau badan usaha berbadan hukum, tetapi ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menjadikan usahamu berbadan hukum. Salah satunya adalah aset dan harta pribadi dan usaha akan aman dan terlindungi.

Artinya, jika kamu menjalankan sebuah usaha dalam bentuk PT dan mengalami pailit, maka kondisi finansial pribadimu tidak akan terusik. 

Pasalnya, PT merupakan badan hukum dan dianggap sebagai entitas sendiri. 

Pun sebaliknya, jika kamu sedang mengalami masalah di keuangan personal, maka tak perlu khawatir keuangan bisnis akan ikut terguncang.

Selain itu, usaha yang berbadan hukum juga memiliki beberapa keuntungan lain seperti:

Biasanya orang pun bingung dalam menentukan jenis badan hukum apa yang cocok untuk untuk bisnisnya, terutama untuk PT Perorangan, PT biasa, dan CV. Lantas, apa saja perbedaan PT perorangan, PT biasa, dan CV? Berikut penjelasanna menurut Hukum Online.

1. PT Perorangan

2. PT 

3. CV

Syarat Pendirian PT 

Nah, setelah memahami PT perorangan, PT biasa, dan CV, saatnya beranjak ke syarat pendirian PT atau badan usaha di Indonesia.

Berikut adalah hal-hal yang menjadi syarat pendirian PT perorangan dan PT biasa yang perlu kamu ketahui:

1. PT Perorangan 

2. PT Biasa

Berdasarkan syarat pendirian PT di atas, bagaimana jika ternyata seiring berjalannya waktu PT perorangan memiliki modal di atas Rp5 miliar atau ingin menambah pendiri? Dalam hal tersebut, maka kamu harus mengubah status PT perorangan menjadi PT biasa dengan prosedur yang berlaku dan taat pada aturan yang menyertai.

Prosedur Pendirian PT 

Berinfo dari PPID Semarang Kota, cara mendirikan PT cukup mudah. 

Akan tetapi ada banyak yang harus disiapkan sebagai syarat pendirian PT. 

Biasanya, proses persiapan dokumen dan pengajuan ini memerlukan waktu sekitar satu bulan.

Agar kamu bisa segera mempersiapkannya, yuk, simak apa saja kelengkapan dokumen dan prosedunya!

1. Penentuan nama PT yang akan digunakan 

2. Penetapan lokasi kantor operasional PT

3. Pengajuan dokumen

4. Pembuatan akta pendirian

5. Pengesahan SK pendirian menteri

6. Kewajiban PT Lainnya

  1. SIUP kecil untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih >Rp 50 juta sampai maksimal Rp500 juta (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)
  2. SIUP menengah untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih mulai dari Rp500 juta sampai Rp10 miliar (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)
  3. SIUP besar untuk usaha dagang dengan kekayaan bersih lebih dari Rp10 miliar (di luar tanah dan bangunan tempat usaha)

Nah, itulah cara dan syarat pendirian PT, baik perorangan maupun biasa. Dalam mengurus pendirian PT dan memperoleh berbagai keuntungan jangka panjang dari bisnis yang berbadan hukum ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp3,5 juta hingga Rp5 juta untuk pembuatan akta notaris dan SK.

Namun jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan jasa pendirian PT oleh pihak ketiga yang kredibel. Biayanya juga relatif terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa fokus menyiapkan atau mengerjakan hal-hal strategis lainnya.

Jika nanti PT-mu sudah didirikan dan memerlukan bantuan pendanaan, kamu bisa menjadikan ALAMI P2P Lending Syariah sebagai solusimu.

Bukan hanya memberikan pembiayaan yang prosesnya mudah, fokus utama ALAMI adalah menyediakan pendanaan yang syariah sesuai dengan DSM MUI dan diawasi oleh OJK.

Jadi, kamu tak perlu khawatir.

Yuk, download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terbaru

Penyesuaian Pemadanan NPWP ke NIK

Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri...

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Exit mobile version