ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri
published 11/05/2021 - 5 Min Read

Ragam Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Saat atau menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri mulai bertebaran. Bahkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri selalu diiringi dengan pantun yang berima, puisi hingga kata-kata mutiara. Apalagi di era digital seperti saat ini ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bisa dikirimkan melalui pesan whatsapp, media sosial seperti instagram, twitter dan yang lainnya. 

Bahkan di media sosial ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri tak hanya dalam bentuk teks saja, tapi banyak kreatifitas lainnya yang bisa dilakukan. Seperti video, hingga desain visual grafis yang artistik dan estetik. 

Nah, berikut ini beberapa ragam ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri mulai  Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Inggri, ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Arab, ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman hingga dari perusahaan. 

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Inggris

  • Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead. (Selamat hari raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan maaf memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya).
  • Idul Fitri is not the final part of something to our story to be better in this world. So, let this time guide us to see a right way to be a better person. Happy Idul Fitri. (Idul Fitri tidaklah akhir dari sebuah perjalanan untuk menjadi lebih baik di dunia ini. Jadi, biarkan waktu membimbing kita untuk berada di jalan yang benar menuju orang yang lebih baik. Selamat hari raya Idul Fitri).
  • Happy Eid Mubarak. May the blessing of Allah keep your mind and soul peaceful and joyful. (Selamat hari raya Idul Fitri. Semoga berkat Allah menjaga pikiran dan jiwa dengan tenang dan penuh gembira).
  • Happy Eid Mubarak. May every EID fill your heart with tons of blissfulness and joyous. (Selamat hari raya Idul Fitri. Semoga setiap perayaan mengisi hatimu dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan).
  • Wishing you a very happy and prosperous Eid Mubarak. (Semoga pada Hari Raya Idul Fitri ini, Anda diberikan kebahagiaan dan kemakmuran).
  • Happy Idul Fitri. Wishing you an Eid that brings you a lot of cheerful, happiness and affluence. (Selamat hari raya Idul Fitri. Semoga di hari raya ini membawa mu banyak keceriaan, kebahagiaan dan kemakmuran).
  • Happy Eid Mubarak. May Allah bring you joy, happiness, peace and prosperity on this blessed occasion. (Selamat hari raya Idul Fitri. Semoga Allah membawakanmu suka cita, kebahagiaan, kedamaian, dan ketentraman pada kesempatan yang diberkati ini). 

Nah, itu dia beberapa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan bahasa Inggris, semoga bisa jadi inspirasi kamu untuk mengucapkanny pada Hari Raya Idul Fitri nanti. Selain itu ada ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Arab, berikut contoh-contohnya:

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

Ucapan selamat Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri dalam bahasa Arab yang umum dipakai adalah minal ‘aaidiin wal faaiziin dan taqabbalallaahu minnaa wa minkum. Apa arti keduanya? Menurut NU Online, terdapat salah kaprah ucapan minal ‘aaidiin wal faaiziin yang artinya bukan “mohon maaf lahir dan batin” melainkan termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang. 

Dengan arti tersebut, “minal ‘aaidin wal faizin” untuk ucapan Idul Fitri 2021 bisa diartikan sebagai “(semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang.” 

Ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1secara lengkapnya adalah taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair 

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.” 

Adapun variasi ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Arab yang lain di antaranya

  • taqabbalallaahu minnaa wa minkum wa ahalllallahu ‘alaika. Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) dari kami dan kamu, dan semoga Allah menyempurnakan ibadah kami. 
  • Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin. Artinya: Semoga Allah SWT. menerima puasa kita selama 1 bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan
  • Taqobbalallohu Minna Waminkum Wataqobbal Ya Karim Artinya: Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) Yang Maha Mulia.
  • Taqabbalallahu Minna Waminkum Shiyamana Washiyamakum. Artinya: Semoga Allah menerima kita dan kamu semua, puasa kita dan puasa kamu semua“

Nah, itulah beberapa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Arab yang sering kita dengar dan ucapkan berserta dengan artinya. Bagi kamu yang suka dengan kata-kata mutiara atau pun puisi, ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri bisa dirangkai dengan kata-kata indah seperti puisi atau kata-kata mutiara. Biasanya kamu akan berikan melalui whatsapp atau sosial media untuk temanmu. Berikut contohnya:

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Teman

  • Meski tak bisa saling tatap muka secara langsung dengan teman, kamu tetap bisa saling memberi ucapan idul fitri via Whatsapp atau Instagram. 
  • Dari dulu tak pernah lelah mencari, meski hati masih tetap sendiri, janganlah pernah bermurah hati, karena hari ini hari raya Idul Fitri.
  • Selamat Idul Fitri 2021, kawan. Maafkan atas segala khilaf dan kesalahan. Mari sambut hari nan suci ini dengan penuh kegembiraan.
  • Mata terkadang salah memandang, mulut terkadang tak sadar melukai hati orang, hati kerap salah berprasangka. Di hari kemenangan ini, setulus hati ingin menghaturkan maaf. Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Di hari kemenangan ini, semoga kita kembali ke fitrah. Selamat Idul Fitri, kawanku. Mohon maaf lahir dan batin ya.
  • Selepas sebulan penuh berpuasa. Menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kini, tiba saatnya kita menyambut hari kemenangan dengan hati bersih. Dengan segala kerendahan hati, saya ucapkan mohon maaf lahir batin, selamat Idul Fitri kawan.
  • Gema takbir saling bersahutan mengumandangkan hari kemenangan. Dering pesan Lebaran nan fitri ini, semoga mempererat silaturahmi. Selamat hari Lebaran, kawan. Mohon maafkan atas segala kesalahan.
  • Sucikan hati dengan berzikir, sinari hati dengan fikir, tetaplah bersyukur dan jangan lelah menebar senyum. Mari sambut lebaran dengan hati yang lapang. Mohon maaf lahir batin, teman.
  • Suara beduk dan gema takbir menggema untuk menyemarakkan hari kemenangan. Dari hari yang fitri ini, saya ucapkan selamat Lebaran. Mohon maaf lahir batin, kawan.

Itulah beberapa ucapan Idul Fitri 2021 untuk teman yang bisa kamu jadikan inspirasi. Selamat hari lebaran bagi yang merayakan. Gimana sudah lengkap bukan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan berbagai keanekaragamannya. Semoga bisa menjadi inspirasi kamu untuk memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri ke semua orang. 

Jangan lupa juga, bagi kamu yang masih punya sisa uang THR, nggak ada salahnya untuk bisa dikembangkan bersama ALAMI.

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UMKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UMKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. 

Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan. Download dan instal ALAMI Mobile App di

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] tidak bisa dimaknai secara bahasa tapi hanya bisa dimaknai dari segi tradisi dan kultural. Halalbihalal adalah budaya saling memaafkan atau dengan saling berkunjung ke rumah saudara untuk saling […]