ruko lelang bank
published 13/07/2023 - 4 Min Read

4 Tips Sukses dalam Membeli Ruko Lelang Bank, Kenali Juga Risikonya!

Ruko lelang bank dipandang sebagai alternatif menarik buat kamu yang ingin memulai usaha sendiri dengan modal terbatas. Mempunyai lokasi strategis merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis. Membeli ruko lelang bank menghadirkan peluang untuk memperoleh properti komersial dengan harga miring.

Kamu juga perlu memahami keuntungan dan risiko membeli ruko dengan cara ini, baik dari aspek hukum maupun keuangan. Meski begitu, ruko hasil lelang bank bisa jadi peluang menarik jika kamu ingin merintis usaha. Supaya tidak salah pilih, ada baiknya kamu mempelajari bagaimana tips sukses membelinya.

Pengertian Ruko Lelang Bank

Ruko lelang bank merujuk pada proses penjualan properti komersial, seperti toko atau kantor, melalui sistem lelang. Mengutip Rumah 123, properti sitaan bank itu dilelang karena pemilik sebelumnya mengalami kesulitan keuangan, gagal membayar pinjaman, maupun tidak mampu melunasi cicilan ruko.

Tujuannya jelas, bank membutuhkan kembali dana yang macet pembayarannya. Jadi, bank tidak menanggung kerugian atas kegagalan pembayaran yang dialami peminjam dana alias pemilik ruko tersebut.

Harga di bawah harga pasar jadi daya pikat beli ruko lelang bank. Meskipun begitu, kamu bakal bersaing dengan banyak orang untuk bisa mendapatkan ruko. Maka, sebelum memutuskan membeli, kamu perlu tahu apa saja keuntungan dan risiko membeli ruko lelang bank.  

Keuntungan Beli Ruko Lelang Bank

Bagi pemburu ruko murah, keuntungan dan risiko membeli ruko lelang bank memang harus dipertimbangkan dengan saksama. Bersumber dari Antaranews, beli ruko lelang bank memiliki sejumlah kelebihan yang belum tentu kamu dapatkan jika memilih ruko baru, seperti dijelaskan berikut ini.

1. Harga lebih murah

Harga properti lelang bank pasti lebih rendah dibandingkan nilai pasar. Bank berniat menjual ruko dengan cepat supaya bisa memperoleh kembali dana yang tertunda pembayarannya. 

Dengan membuka harga ruko di bawah harga pasar, diharapkan ruko lelang bank ini mampu menarik pembeli. Pebisnis pemula seperti kamu pun berkesempatan memiliki properti ruko dengan harga terjangkau. 

2. Menempati area yang mudah diakses

Ruko lelang bank biasanya berlokasi di area strategis dan mudah diakses. Pasalnya, bank cenderung menerapkan syarat dan kriteria ketat terkait lokasi properti yang dijadikan agunan atau jaminan pinjaman.

Ini menjelaskan mengapa ruko lelang bank hampir selalu berada di dekat pusat bisnis atau area komersial serta mempunyai akses transportasi baik. Sebuah peluang untuk menarik lebih banyak calon pembeli, bukan? 

3. Fasilitas ruko relatif masih memadai

Perlu kamu tahu, sebagian besar ruko lelang bank merupakan properti yang sudah dipakai untuk penyelenggaraan usaha komersial. Tak heran jika fasilitas ruko yang dilelang relatif memadai. 

Sebut saja, berbagai fasilitas dasar seperti air, jaringan listrik, dan infrastruktur pendukung untuk menjalankan usaha. Berbekal fasilitas tersebut, kamu bisa menghemat biaya renovasi. Bahkan, kamu bisa segera menjalankan roda bisnis lebih cepat.

Risiko Beli Ruko Lelang Bank

Sumber : Envato

Membeli ruko lelang bank terdengar menjanjikan. Tetap saja kamu perlu memperhatikan keuntungan dan risiko membeli ruko lelang bank yang menanti. Beberapa risiko membeli ruko lelang bank, antara lain:

1. Tunggakan iuran pemeliharaan

Sebagai pembeli kamu harus memeriksa dengan detail apakah pemilik terdahulu sudah menuntaskan kewajiban finansial. Apabila ditemukan tunggakan, kamu perlu bersiap menanggung pembayarannya. Alternatif lain, kamu bisa bernegosiasi dengan bank apakah dapat mengajukan pembebasan kewajiban itu. 

2. Harus merenovasi ruko

Salah satu risiko membeli properti lelang yang sulit dihindari adalah perlu melakukan renovasi atau perbaikan sebelum menggunakannya. Maka, kamu harus memperkirakan biaya renovasi yang dibutuhkan ke dalam harga beli ruko. 

3. Kondisi lingkungan kurang nyaman

Pertimbangkan juga kondisi lingkungan di sekitar ruko, terutama dari segi kenyamanan dan keamanan. Meskipun berlokasi di titik strategis, boleh jadi lingkungan tersebut kurang cocok dengan jenis usaha yang kamu rencanakan. 

4. Pengguna terdahulu masih menempati ruko

Risiko lain yang menanti adalah kemungkinan pengguna terdahulu masih menempati ruko meski lelang telah dilakukan. Hal ini bisa memunculkan keterlambatan proses pengalihan kepemilikan, maupun jadwal operasional usaha kamu. 

Tips Sukses Beli Ruko Lelang Bank

Dengan mengetahui keuntungan dan risiko membeli ruko lelang bank, kamu mampu mengantisipasi dan mengelola risiko dengan baik. Jadi, potensi keberhasilan usaha yang dirintis bisa lebih dioptimalkan. Lantas, apa saja tips sukses beli ruko lelang bank yang perlu kamu tahu?

1. Survei langsung ke lokasi

Jangan pernah membeli kucing dalam karung, terlebih untuk sesuatu yang besar seperti properti. Maka, melakukan survei langsung ke lokasi jadi kunci pertama agar sukses membeli ruko lelang bank. 

Dengan melihat langsung properti, kamu bisa mengevaluasi kondisi fisik properti dan potensi lingkungan sekitar. Selain itu, periksa kondisi ruko secara menyeluruh—mulai dari struktur bangunan, sistem utilitas, dan segala sesuatu bisa jadi membutuhkan renovasi. 

Jika memungkinkan, cari informasi riwayat pemeliharaan dan pemakaian ruko tersebut. Jadi, kamu dapat mengetahui bagaimana kondisi aktual ruko sekaligus memperkirakan biaya renovasi.

2. Cek harga pasaran ruko incaran

Sebelum mengajukan penawaran, penting untuk melakukan riset lebih dulu mengenai harga ruko rata-rata di daerah itu. Langkah demikian akan membantumu memiliki pemahaman lebih baik mengenai nilai properti yang sedang diincar. 

Di sisi lain, perbandingan harga pasar dan harga yang ditawarkan sistem lelang bank bisa membantumu menilai bagaimana prospek ruko tersebut di masa mendatang. Apakah cukup berpotensi untuk meningkatkan penjualan bisnis atau malah sebaliknya.

3. Siapa yang akan memakai ruko

Apa tujuanmu membeli ruko lelang bank, untuk dipakai sendiri atau disewakan kembali? Mengidentifikasi segmen pasar atau jenis usaha yang sesuai dengan karakteristik dan lokasi ruko juga tak kalah penting, terlebih jika kamu berniat menyewakan ruko tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan pelaku usaha seperti apa yang menyewa ruko dan bidang usaha yang cocok. Sama-sama menikmati kemudahan kan: kamu mendapatkan penyewa ruko, sedangkan penyewa bisa mengembangkan usahanya lewat pemilihan lokasi yang sesuai.

4. Teliti legalitas kepemilikan ruko

Membeli properti apa pun harus dibarengi dengan pemeriksaan legalitas kepemilikan properti, termasuk ruko. Cek status kepemilikan, hak tanggungan atau beban terkait, serta pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan tersedia lengkap. 

Jangan ragu jika kamu merasa perlu berkonsultasi dengan ahli hukum properti untuk menjamin perlindungan aspek hukum transaksi sampai kamu dinyatakan resmi sebagai pemilik ruko. Mereka bisa memberimu panduan dan tips sukses beli ruko lelang bank supaya kamu dapat mengambil keputusan pembelian yang tepat.

Berbekal informasi keuntungan dan risiko membeli ruko lelang bank, peluang kamu mendapatkan ruko incaran pun terbuka lebar. Namun, tetap berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Jika perlu, berkonsultasilah dengan ahli hukum properti atau sejenisnya agar kamu bisa membuat keputusan terbaik.

Untuk memuluskan rencana pembelian ruko lelang bank, kamu dapat mengajukan pembiayaan ke ALAMI P2P Lending Syariah. Tunggu apa lagi, yuk, percayakan solusi produk pembiayaan syariah hanya di ALAMI Sharia P2P Lending. 

Download aplikasinya dengan klik link di bawah ini, ya!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments