strategi channel marketing untuk b2b
published 10/07/2023 - 4 Min Read

Strategi Channel Marketing untuk B2B, Lejitkan Potensi Sukses

Pemasaran untuk membidik sesama pebisnis (pasar B2B) tentu berbeda dari pemasaran ke calon konsumen. Dalam strategi channel marketing untuk B2B, penjual harus menemukan target yang tepat dan menarik mereka agar mau memesan. Di tengah kompetisi yang semakin ketat, era digital menghadirkan potensi besar untuk mendukung strategi pemasaran lewat berbagai saluran (channel marketing).

Berikut ini adalah cara memanfaatkan teknologi demi mempromosikan produk lewat channel marketing!

Jika bisnismu membutuhkan tambahan modal kerja, kamu bisa ajukan pendanaan berbasis syariah melalui ALAMI P2P lending syariah.

Jadikan bisnismu lebih besar dengan klik tombol di bawah ini!

Keunggulan Strategi Channel Marketing untuk B2B

strategi channel marketing untuk b2b

Sumber : Envato

Mengapa strategi channel marketing untuk B2B sangat bermanfaat? Berikut beberapa keunggulan utamanya:

Mampu Menganalisis Target Pemasaran yang Tepat

Strategi channel marketing untuk B2B bisa dibilang akurat jika targetnya tepat. Teknologi digital membantu dalam menganalisis target paling ideal. Dalam konteks B2B, analisisnya dilakukan berdasarkan lokasi bisnis, demografi pelanggan target, hingga tren pasar yang mempengaruhi bisnis mereka.

Lebih Efisien dalam Pengeluaran Biaya

Biaya pemasaran lewat teknologi digital lebih efisien karena pemasar bisa membuat iklan yang lebih terarah. Misalnya, jika menggunakan akun bisnis media sosial, pemasar bisa memilih jangkauan dan durasi iklan sehingga lebih efisien dan hemat.

Mudah Mengikuti Tren Pasar

Analisis tren pasar adalah kunci pemasaran efektif. Strategi channel marketing untuk B2B yang dilakukan secara digital memudahkan kegiatan menganalisis tren pasar seperti harga jual dan beli produk tertentu serta tren belanja dalam periode tertentu.

Marketing Channel Potensial untuk B2B

strategi channel marketing untuk b2b

Sumber : Envato

Strategi channel marketing untuk pasar B2B membutuhkan saluran pemasaran yang tepat. Inilah beberapa saluran marketing digital yang efektif.

Email Marketing

Marketing lewat email masih menjadi primadona karena setiap orang yang menggunakan teknologi digital (media sosial, aplikasi) pasti memiliki alamat email. Pemasaran email cocok untuk menjangkau kontak potensial dan membangun loyalitas.

Media Sosial

Media sosial cocok untuk membangun popularitas dan reputasi brand di mata publik. Pemasaran lewat media sosial bisa menjadi pertimbangan target pemasaran untuk menentukan tingkat penerimaan dan reputasi si pemilik usaha. Media sosial juga memiliki daya jangkau luas serta memudahkan proses komunikasi.

Pemasaran lewat Konten

Pemasaran lewat konten bisa menggunakan berbagai bentuk, misalnya blog, situs artikel, dan infografis. Konten memadukan aspek verbal dan visual sebagai cara memikat calon pelanggan atau konsumen. Dalam bisnis B2B, konten yang menarik dan informatif bisa mempengaruhi kecenderungan untuk menjalin kerja sama atau memesan.

Pemasaran lewat Video

Video menghadirkan daya tarik tersendiri dalam pemasaran B2B. Platform video seperti YouTube, TikTok, dan fitur video pendek di media sosial seperti Instagram menawarkan media iklan yang menarik. Video juga bisa digunakan untuk mempromosikan liputan langsung dan laporan event seperti pameran, peluncuran produk baru, atau acara sponsor.

SEO

Pemasaran lewat Search Engine Optimization (SEO) melibatkan semua elemen seperti konten, video, ilustrasi, dan aspek teknis seperti modifikasi HTML. Tujuannya adalah menggunakan kata kunci tertentu untuk membuat nama bisnis muncul di peringkat atas hasil pencarian Google.

Metode ini cocok untuk membidik calon klien atau pelanggan tertentu dalam bisnis B2B. Hal ini karena pengguna Google biasanya sudah punya gambaran tertentu tentang apa yang akan dicari ketika mengetik kata kunci tertentu.

5 Strategi Marketing B2B Sukses

strategi channel marketing untuk b2b

Sumber : Envato

Manfaat dan tantangan dalam channel marketing B2B meliputi banyak faktor, mulai dari tren pasar, kompetisi, hingga demografi calon pembeli. Agar strategi marketing sukses, pastikan mengikuti lima langkah berikut:

Identifikasi Karakteristik Calon Klien

Klien berbeda memiliki karakteristik spesial juga. Karakteristik tersebut bisa berupa kecenderungan frekuensi pemesanan, target konsumen mereka sebagai bisnis, lokasi dan jangkauan usaha, dan sebagainya. Ketahui dulu karakteristik pihak-pihak yang akan diajak kerja sama sebelum menciptakan strategi pemasaran.

Lakukan Analisis Mendalam terhadap Kompetitor

Analisis terhadap kompetitor membantu merumuskan strategi yang bisa mengisi celah atau kebutuhan yang belum terisi oleh para pesaing bisnis ini. Analisis tersebut harus melibatkan berbagai elemen, seperti kompetisi dalam hal harga, metode pemasaran, sasaran penjualan, dan sebagainya.

Sesuaikan Karakteristik Pemasaran dengan Marketing Channel

Jenis saluran marketing yang berbeda biasanya memiliki pengguna dengan karakteristik unik. Informasi ini merupakan alat bantu untuk menciptakan pemasaran yang unik sekaligus bisa menjangkau sasaran dengan lebih mudah.

Misalnya, pemasaran lewat TikTok dan Instagram biasanya lebih mudah menjangkau anak muda serta kaum melek teknologi. Pemasaran lewat email bisa diarahkan ke kontak atau pembeli yang sudah ada di dalam kontak dan akan dijadikan pelanggan loyal.

Ciptakan Brand Positioning yang Kuat

Apa yang membuat promosi B2B menjaring banyak pelanggan? Salah satunya adalah karena adanya promosi merek sedemikian rupa sehingga menjadi identik dengan produk tertentu (brand positioning). Strategi ini digunakan untuk meningkatkan reputasi sehingga merek atau nama perusahaan tersebut menjadi lebih mudah dipercaya.

Aktif dalam Berbagai Ajang Bisnis

Dalam membangun bisnis B2B, menghadiri berbagai ajang bisnis sangat penting. Selain menambah wawasan dan pengalaman, mendatangi acara seperti pameran dan konferensi bisa menjadi sarana networking. Kehadiran di ajang bisnis juga membantu untuk membaca tren usaha baru yang mungkin belum disampaikan secara luas.

Solusi Pendanaan untuk Marketing B2B

strategi channel marketing untuk b2b

Sumber : Envato

Strategi channel marketing untuk pasar B2B memiliki berbagai aspek, mulai dari penggunaan berbagai saluran digital, penerapan SEO, hingga penelitian terkait kompetitor dan karakteristik calon pembeli.

Untuk menjalankan berbagai strategi pemasaran, dibutuhkan modal yang tidak sedikit, misalnya untuk menggunakan berbagai media pemasaran dan meningkatkan visibilitas online. 

Jika perusahaanmu membutuhkan modal kerja, ALAMI bisa menjadi solusi keuangan berkualitas untuk bantu bisnismu berkembang semakin besar dan berdampak. 

ALAMI P2P lending syariah menawarkan solusi pendanaan usaha berbasis P2P dengan prinsip syariah melalui produk berupa invoice financing, purchase order financing, dan community-based financing, cocok untuk  membiayai berbagai jenis usaha, termasuk yang dibuat untuk mempromosikan produk ke sesama pengusaha. 

Berada di bawah pengawasan OJK, ALAMI menawarkan kemudahan dalam memulai bisnis B2B serta membiayai strategi pemasaran untuk mengembangkannya.

Klik tombol di bawah ini untuk mengajukan pembiayaan!

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments