TKB Total adalah nilai keberhasilan penyelesaian kewajiban pembiayaan dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari sejak jatuh tempo dibandingkan dengan total nilai penyaluran pembiayaan yang berhasil disalurkan.
TKB90
TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo.
TKB60
TKB60 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 60 (enam puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
TKB30
TKB30 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
TKB0
TKB0 adalah ukuran tingkat keberhasilan Penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban Pendanaan dalam jangka waktu sampai dengan 0 (nol) hari kalender terhitung sejak jatuh tempo
Telemarketing: Definisi, Plus Minus, dan 4 Jenisnya
09/08/2022 - 3 Min Read
Telemarketing: Definisi, Plus Minus, dan 4 Jenisnya
Perkembangan dunia marketing memang telah membuat telemarketing terdengar tidak efektif lagi. Padahal, menurut Regalix, teknik marketing yang satu ini terus berkembang sampai hari ini, khususnya pasca pandemi Covid-19 beberapa tahun silam.
Tercatat bahwa volume telepon justru meningkat saat pandemi, dan digitalisasi juga diadaptasi oleh para telemarketer.
Saat ini, dengan teknologi yang semakin canggih, metode pemasaran ini telah berangkat dari pendekatan people-driven menjadi technology-enabled, sehingga semakin banyak pekerjaan diselesaikan oleh satu orang.
Nah, dalam artikel ini, mari kita pahami dulu definisi telemarketing dari definisi hingga pentingnya bagi bisnis, yuk!
Telemarketing adalah salah satu metode direct marketing atau marketing secara langsung.
Barang atau jasa perusahaan secara langsung akan ditawarkan pada konsumen, umumnya lewat telepon.
Metode ini mulai dilakukan di tahun 1970 dan terus berlanjut hingga hari ini. Kadang, telemarketing juga disebut sebagai inside sales atau telesales.
Telepon dapat dilakukan dari call center atau kantor. Akan tetapi, di era modern ini, hal ini juga memungkinkan untuk dilakukan dari rumah.
Tujuan perusahaan menggunakan metode marketing ini tak selalu untuk menjual suatu barang atau jasa. Kadang, hal ini juga berguna untuk mengumpulkan informasi, mendapatkan lead, dan juga survei pelanggan.
Kelebihan dan Kekurangan Telemarketing
Seperti strategi marketing pada umumnya, strategiini tentu tidak sempurna. Ada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.
Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik bisnis untuk memahami masing-masing plus dan minusnya sebelum memutuskan untuk menggunakan metode marketing ini.
Kelebihan
Secara umum, telemarketing adalah teknik pemasaran yang baik. Dengan cara ini, bisnis bisa langsung mengetahui tingkat ketertarikan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.
Selain itu, metode tersebut juga dapat membantu untuk:
mewujudkan penjualan yang interaktif
menjelaskan isu teknis secara lebih jelas
mengumpulkan lead dengan cepat
menjual produk atau jasa pada konsumen yang berjarak jauh
mempermudah pencatatan hasil yang terukur
Kekurangan
Seperti sisi positifnya, minus dari menggunakan telemarketing adalah:
kadang konsumen tidak suka dihubungi, khususnya pada waktu-waktu tertentu
butuh biaya yang cukup besar
bisa berdampak langsung pada reputasi bisnis jika tidak dilakukan dengan baik
pelatihan staf butuh biaya besar dan waktu yang cukup lama
Jenis-Jenis Telemarketing
Melansir Investopedia, ada 4 jenis telemarketing, yaitu:
1. Outbound
Outbound telemarketing adalah ketika perusahaan menghubungi konsumen.
Sang konsumen bisa jadi belum mengetahui tentang produk atau jasa yang ditawarkan sama sekali. Akan tetapi, bisa juga ia sudah sedikit mengetahuinya.
Saat melakukan strategi outbound, sang telemarketer harus berupaya memperkenalkan produk atau jasa pada orang yang dihubunginya.
2. Inbound
Inbound adalah kebalikan dari definisi outbound yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Dalam situasi ini, konsumen adalah yang duluan menghubungi perusahaan setelah merasa tertarik akan suatu produk atau jasa.
Bisnis harus bisa menjawab semua pertanyaan dari konsumen agar terjalin hubungan yang baik, hingga pada akhirnya memungkinkan bagi perusahaan untuk mewujudkan penjualan.
3. Lead Generation
Lead generation adalah proses mengumpulkan informasi yang relevan dari konsumen untuk kebutuhan marketing.
Informasi yang dikumpulkan biasanya seputar profil, ketertarikan, dan data demografisnya.
4. Sales
Sales secara spesifik dilakukan oleh para salesperson.
Tujuan dari telemarketing jenis ini tentunya adalah untuk melakukan closing atau penjualan lewat telepon.
Segala jenis telemarketing ini dapat dilakukan dari bisnis ke bisnis lainnya (B2B), atau pula dari bisnis langsung ke konsumen (B2C), tergantung dari model bisnis suatu perusahaan.
Begitulah rangkuman dari Mina tentang telemarketing.
Jika kamu akan menjalankan sebuah bisnis, apakah metode marketing ini yang akan dipilih?
Kalau saat ini masih belum terpikirkan untuk memiliki bisnis, kamu tetap bisa mendapat penghasilan tambahan dari mendanai bisnis UMKM secara syariah lewat ALAMI, lho.
Ujrah atau imbal hasil yang bisa didapatkan adalah setara dengan 16% p.a.
Tak perlu pusing memikirkan bisnis, uangmu bisa bermanfaat dan bertumbuh.
Tunggu apa lagi? Yuk, langsung mulai mendanai hari ini! Klik tombol di bawah ini untuk download aplikasinya dan mempelajari ALAMI lebih lanjut, ya.
Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.03/2022 Tentang Nomor Pokok Wajib Pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib...
Yay, kini ALAMI Android Mobile App sudah punya beberapa fitur terbaru! Fitur terbaru ini nantinya bisa memudahkan kamu dalam melakukan proses chip in, hingga mengetahui portofolio apa saja yang sudah...
Situs keuangan boleh mendefinisikan kemerdekaan finansial dari kacamata mereka, tapi apa arti kemerdekaan finansial seorang Muslim? Arti kemerdekaan finansial seorang Muslim yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa melaksanakan semua kewajiban...
“Kebanyakan pasangan sebenarnya tidak butuh konselor pernikahan, tapi butuh penasihat keuangan,” begitu keyakinan dari David Bach, penulis lebih dari 10 buku keuangan (beberapa termasuk dalam New York Times Bestseller List)...
Bagaimana sikap istri ketika bisnis suami mengalami penurunan dan tabungan keluarga harus terkuras habis? Apa sebenarnya peranan seorang istri dalam mengatur keuangan keluarga? Prinsip apa saja yang membuat seorang istri...
Bagi pengguna layanan fintech, kenyamanan yang didapatkan saat melakukan transaksi investasi online sangat penting. Aspek user experience sangat perlu diperhatikan. Bagaimana ALAMI memberikan kenyamanan transaksi investasi syariah online untuk penggunanya?...