BBM

Jangan Panik BBM Naik! Begini 6 Cara Menyiasati Keuanganmu

Awal September 2022 ini, pemerintah memutuskan untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebesar 30 persen. Alasan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar 30 persen untuk menahan anggaran subsidi energi yang membengkak di tengah kenaikan harga minyak mentah dan gas. 

Presiden Jokowi menganggap langkah ini sebagai “opsi terakhir” di tengah membangun tekanan fiskal karena subsidi energi negara meningkat tiga kali lipat tahun ini.

“Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin karena saya sangat ingin harga BBM tetap terjangkau. Pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi sulit,” dikutip dari Al Jazeera.

Keputusan ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Imbas dari kenaikan harga BBM ini seluruh harga-harga barang dan jasa ikut naik menyesuaikan kenaikan harga BBM. Namun, terlepas dari pro dan kontranya kenaikan harga BBM ini, sebetulnya ada cara menyiasati keuangan dalam menghadapi kenaikan harga BBM. 

Berikut 6 tips yang berguna untuk kamu dalam menyiasati kenaikan harga BBM dan harga-harga kebutuhan lainnya. 

6 Cara Menyiasati Kenaikan Harga BBM

  1. Tinjau Ulang Lagi Pengeluaranmu

Naiknya harga BBM harga-harga komoditas lain, baik barang atau jasa juga diperkirakan naik juga. Bersiaplah bagi kamu untuk meninjau lagi alokasi anggaran pengeluaran setiap bulan. Jangan terlalu keras atau ‘pelit’ pada diri sendir, tetapi juga kamu bisa mengurangi hal-hal yang tidak perlu. 

Buatlah daftar hal-hal yang diperkirakan bisa dihemat, dan jangan habiskan uangmu dengan sembarangan. Lihat lagi saldo rekeningmu, berbagai macam tagihan, untuk mengetahui di mana letak keadaan finansialmu.

  1. Pastikan Kendaraanmu dalam Kondisi Prima

Dengan memastikan bahwa kendaraanmu dalam kondisi baik, kamu dapat menggunakan bahan bakar lebih efisien. Periksa lagi tekanan ban, ganti oli mesin secara berkala dan teratur, dan jangan membebani kendaraan. Berkendaralah dengan mantap agar mesin tidak membakar bahan bakar secara berlebihan.

  1. Gunakan Kendaraan yang Tidak Menggunakan BBM 

Jika kamu tinggal di kota dan lingkungan yang ramah pengendara sepeda, inilah saatnya untuk membersihkan debu dan polusi di kota dan lingkunganmu. Jika kamu tidak terburu-buru, jalan kaki adalah cara terbaik untuk menuju tempat tujuan. Selain menghemat biaya, juga lebih sehat untuk badanmu dan ramah terhadap lingkungan. 

  1. Bepergian dengan Transportasi Umum

Bepergianlah setiap hari dengan menggunakan transportasi umum ke tempat kerja, sekolah, kuliah atau ke tempat aktivitasmu. Meski ongkos naik transportasi umum juga naik akibat BBM naik, setidaknya kamu bisa menghemat pengeluaran BBM untuk kendaraanmu sendiri.Menggunakan transportasi umum juga membantu mengurangi kemacetan lalu lintas. 

  1. Cari Peluang Kerja Jarak Jauh

Di saat pandemi kita sudah terbiasa untuk menerapkan kerja jarak jauh atau kerja dari rumah (work from home). Awalnya kerja jarak jauh ini untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19. Namun ada manfaat lain yang dirasakan dari kerja jarak jauh ini, salah satunya mengurangi polusi udara dan kemacetan dari pengguna kendaraan yang berangkat kerja ke kantor setiap harinya. 

Selain itu kerja jarak jauh atau kerja di mana saja bisa memangkas biaya perjalanan ke tempat kerja. Salah satu yang sudah menerapkan sistem ini adalah ALAMI. ALAMI menerapkan kerja dari mana saja secara permanen melalui kebijakan #GrowEverywhere-nya. 

Selain itu, ALAMI menerapkan budaya perusahaan yang berpusat pada spiritualitas dan berkah yang disebut Budaya Barakah. Untuk itu, ALAMI meraih penghargaan The Best Company to Work for in Asia dan Most Caring Company Kategori dari HR Asia.

Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari ALAMI Squad, klik di sini untuk menuju halaman Karir ALAMI!

  1. Menambah Sumber Penghasilan

Ketika harga bahan bakar yang melonjak bisa mencekik keuanganmu, tidak ada salahnya untuk menambah penghasilan dari sumber lain. Penghasilan tambahan tersebut bisa kamu dapat dari hobi. Misalnya hobi fotografi, melukis atau membuat karya seni lainnya. Karya-karya kamu bisa kamu jual secara online dan mendapatkan penghasilan tambahan. 

Atau menjadi influencer dan youtuber yang kini sudah marak. Terserah kamu untuk memilih apa yang paling cocok denganmu untuk menghasilkan lebih banyak uang. 

Atau jika kamu memiliki sejumlah uang atau aset untuk diinvestasikan, apakah kamu pernah terpikir untuk mendanai proyek UMKM melalui platform P2P Funding Syariah dari ALAMI? ALAMI menawarkan hasil hingga 16% p.a. Selain itu, kamu dapat turut serta menciptakan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dengan pembiayaan Usaha Kecil Menengah berdasarkan prinsip syariah.

Itulah 6 cara menyiasati keuangan di saat harga BBM naik. Semoga keenam tips tersebut menjadi solusi keuanganmu di tengah kondisi ekonomi sempit.

Unduh aplikasi ALAMI di 

Artikel Terbaru

Penyesuaian Pemadanan NPWP ke NIK

Berdasarkan terbitnya kebijakan pajak pada PMK 136/2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri...

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Exit mobile version