video marketing

5 Tips Membuat Video Marketing yang Efektif

Di era digital sekarang ini marketing atau pemasaran bisa dilakukan dengan mudah, dan murah. Bagi pengusaha kecil yang ingin memasarkan atau mengiklankan produk-produknya tak perlu repot-repot untuk mengocek saku lebih dalam. Sebab, dengan era digital dan media sosial semua bisa mengiklankan produk mereka secara terjangkau bahkan gratis. 

Salah satu media promosi yang efektif saat ini adalah video marketing. Video marketing merupakan suatu metode pemasaran bisnis yang menggunakan konten video. Video marketing menjadi strategi pemasaran dinilai efektif untuk memikat calon konsumen menggunakan atau membeli produk kita. 

Sebuah riset mengatakan, lebih dari 50 persen calon klien atau konsumen lebih suka melihat suatu produk menggunakan konten video dibandingkan jenis konten lainnya.

Apa itu Video Marketing?

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran bisnis atau brand terbaik di zaman yang sudah serba digital ini. Kenapa? karena bila video marketing sudah terkonsep dan hasilnya memang menarik, maka video ini mampu menampilkan gambar dan juga audio secara bersamaan agar mudah dimengerti oleh audiens, sekaligus mampu mengubah audiens menjadi pelanggan.

Jenis Video Marketing

  1. Video Demo
    Video marketing yang satu ini akan menunjukkan bagaimana produk atau jasa kamu bisa bekerja. Selain itu, kamu juga bisa menekankan pada nilai lebih dari produk ataupun brand Anda.
  2. Video Event
    Video marketing ini bisa diisi dengan rekaman saat perusahaanmu atau UMKM yang kamu miliki ingin menyelenggarakan suatu kegiatan baik itu seminar, diskusi, atau jenis-jenis acara lain.
  3. Video Petunjuk atau Edukasi
    Video petunjuk atau video edukasi bisa digunakan untuk memberikan pengetahuan pada pelanggan atau audiens tentang berbagai hal yang baru atau untuk membangun pengetahuan mendasar tentang apa yang sebenarnya mereka perlukan untuk lebih memahami bisnis dan juga solusi dari brandmu.
  4. Video Branding
    Jenis video marketing ini bisa membantu audiens dalam menilai dan memahami kenapa mereka memerlukan produk ataupun jasa yang kamu hasilkan. Banyak video branding dari berbagai brand ternama yang umumnya menyisipkan pesan yang ingin menunjukkan tentang bagaimana produk mereka mampu mengatasi kesulitan masyarakat.
  5. Studi Kasus dan Testimonial Pelanggan
    Tentunya pelanggan potensial kamu ingin mengetahui apakah produkmu mampu menyelesaikan masalah khusus mereka, dan salah satu metode paling baik untuk memamerkan hal ini dan menumbuhkan tingkat kepercayaan mereka adalah dengan cara membuat studi kasus yang mampu menampilkan pelangganmu yang bahagia dan setia pada brand bisnismu.

Oleh karena itu, cobalah mengajak pelanggan yang sudah ada saat ini agar bisa tampil di depan kamera dan menjelaskan bagaimana bisnis Anda mampu membantu mereka dalam mencapai tujuannya.

Lalu seperti apa video marketing yang menarik dan efektif untuk memikat calon konsumen membeli produk yang dipasarkan? Berikut 5 cara membuat video marketing:

Cara Membuat Video Marketing yang Efektif

1. Evaluasi Konten yang Kamu Butuhkan

Sebelum membuat video marketing perlu dilakukan evaluasi konten terlebih dahulu. Tujuannya supaya video yang kamu buat relevan dengan bisnis kamu dan lebih tertarget. Dalam mengevaluasi konten, ada 2 tahap yang harus kamu lakukan.

Pertama, tentukan jenis konten yang sesuai dengan bisnis kamu. Dalam menentukan jenis konten yang akan kamu gunakan, sebelumnya kamu juga harus memperhatikan nilai (value) konten yang akan kamu berikan kepada penonton. Bagaimana konten tersebut dapat memberi manfaat bagi penonton? Ada beberapa konten yang dapat kamu gunakan seperti konten edukasi, promosi, tutorial, testimonial, dan jenis konten lainnya.

Kedua, cari tahu target bisnis kamu. Dengan mengetahui target bisnis yang lebih spesifik, maka akan lebih mudah untuk membuat konten video marketing yang cocok untuk bisnis kamu. Untuk mengetahui target bisnis, kamu bisa melakukan buyer persona. 

Dikutip dari nigahoster, sebuah jurnal tentang digital marketing dan bisnis, Buyer persona merupakan tipikal target pelanggan dari hasil riset.mendalam. Secara sederhana, buyer persona mengacu pada deskripsi ciri dan perilaku kepribadian konsumen serta demografi mereka yang akan membantu pemasar untuk menilai audiens target yang tepat.

Buyer persona diciptakan dengan menempatkan elemen persona di tempat yang tepat. Berikut adalah template persona pembeli untuk membantu kamu membuat persona pembeli yang mendetail.

2. Buat Rancangan Video 

Setelah mengetahui jenis konten dan target bisnis yang sesuai dengan bisnis kamu, sekarang saatnya kamu membuat rancangan video. Rancangan video bertujuan agar video yang kamu hasilkan lebih maksimal.

Dalam merancang video kamu dapat menggunakan storyboard atau script. Storyboard terdiri dari gambar-gambar thumbnail yang dapat menggambarkan video kamu nantinya. Sedangkan script berupa teks mengenai poin-poin penting yang akan kamu sampaikan dalam video.

Setelah membuat storyboard atau script, hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu host atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk menonton video kamu.

3. Rekam dan Sunting Video Kamu

Agar proses rekaman berjalan dengan baik dan menghasilkan video yang berkualitas, ada beberapa device yang kamu butuhkan seperti camera, microphone, atau tongsis (tongkat selfie).

Setelah melakukan rekaman video, sunting video tersebut agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat mempermudah kamu, seperti AVS Video Editor, Sony Vegas Pro, Adobe Premiere Pro, dan masih banyak yang lain.

4. Lakukan SEO Video

SEO Video ini bertujuan agar video kamu dapat diketahui orang melalui website, youtube atau media sosial lainnya. Percuma jika video yang sudah kamu buat dengan semenarik mungkin, tapi orang lain tidak mengetahuinya.  Oleh karena itu SEO Video sangat penting dilakukan. Untuk melakukan SEO video hal yang perlu kamu kamu lakukan, yaitu:

Pastikan kamu membuat nama file video yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan. Dan tidak lupa pula untuk menggunakan file format video seperti ‘.mp4’ .

Video keyword merupakan sebuah kata kunci yang tidak hanya dicari melalui Youtube, namun juga muncul pada mesin pencarian. Lalu bagaimana cara menemukan video keyword? 

Cari sejumlah keyword yang berhubungan dengan channel Youtube kamu, lalu lakukan pencarian di Google. Jika ada video Youtube yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka keyword tersebut sangat tepat untuk kamu gunakan.

Judul video adalah nama video yang membuat orang lain tahu isi dari video tersebut. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih bagus pada mesin pencarian, maka judul yang kamu buat harus sesuai dengan isi video.

Closed caption berupa teks deskripsi yang menjelaskan isi video kamu. Close caption dapat membantu penonton memahami isi video.

5. Pilih Tempat Pemasaran Video yang Tepat

Langkah terakhir harus dilakukan adalah menentukan tempat pemasaran video yang telah kamu buat sebaik mungkin. Misalnya youtube, website, instagram, facebook atau media sosial lainnya. Gunakan platform media sosial tersebut agar video marketing kamu semakin maksimal dilihat orang lain. Satu hal penting lainnya adalah memastikan bahwa kamu memasarkan video kamu di platform yang sesuai dengan yang sering dikunjungi oleh target pelanggan atau pembeli bisnismu.

Pemasaran video akan semakin baik jika ditunjang dengan iklan berbayar di Youtube maupun Facebook. Sebab,  dengan mengiklankan video kamu, maka akan lebih mudah untuk menjangkau calon klien lebih banyak.

Itulah 5 tips membuat video marketing. Semoga bisa membantu memasarkan produk usaha kamu agar bisa dilihat orang banyak. Jangan lupa untuk membuat video semenarik mungkin, agar orang banyak tertarik membeli atau menggunakan produk kamu. 

Setelah usahamu sudah jadi dan mulai berkembang, amanakan serta kembangkan aset dan dananya di platform P2P Funding Syariah dari ALAMI. Dapatkan ujrah atu imbal hasil setara dengan 14%-16% pa. Unduh aplikasinya di

Artikel Terbaru

FAJR Academy oleh ALAMI Resmi Dibuka, Dihadiri Ribuan Mahasiswa dan Pembicara Ternama

Selasa (20/09), ALAMI resmi membuka acara FAJR Academy secara online. Lewat acara...

Menjalani Pengasuhan di Tengah Situasi Tidak Ideal? Simak 3 Tips dari Ustaz Bendri Berikut Ini! 

Dalam perjalanan mengasuh anak dan menjadi orangtua, kita tidak selalu bisa berada...

ALAMI Becomes First Indonesian Sharia Fintech Company to Win Prestigious Global Islamic Finance Award (GIFA)

ALAMI won the 2022 Global Islamic Finance Award (GIFA) for Excellence in...

Exit mobile version