Arti Kemerdekaan Finansial Seorang Muslim

Arti Kemerdekaan Finansial Seorang Muslim

Situs keuangan boleh mendefinisikan kemerdekaan finansial dari kacamata mereka, tapi apa arti kemerdekaan finansial seorang Muslim? Arti kemerdekaan finansial seorang Muslim yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa melaksanakan semua kewajiban dan anjuran agama terkait keuangan kita dan ketika kita bebas menggunakan uang untuk keperluan melaksanakan esensi tujuan kita diciptakan, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Menjelang momentum tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, saatnya kita merancang perencanaan untuk melangkah lebih dekat lagi untuk merasakan arti kemerdekaan finansial bagi seorang Muslim. Langkah pertama, dengan menyadari kewajiban dan anjuran apa saja terkait keuangan di dalam Islam yang bisa kita lakukan sepanjang tahun. Kemudian, mari kita perlahan mewujudkan dengan rencana tabungan untuk ibadah. Yuk, simak bahasannya lebih lanjut disini!

Kewajiban dan Anjuran Harta di Dalam Islam

Dalam perputaran satu tahun, ada berbagai momentum dimana kita harus mengeluarkan harta kita pada waktu tertentu, tetapi ada juga yang dapat kita keluarkan sepanjang tahun.

Apa saja harta-harta yang harus kita keluarkan tersebut serta hikmahnya?

Harta yang Dikeluarkan pada Waktu Tertentu

Zakat Fitrah

Kapan? Di bulan Ramadhan. Paling lambat sebelum dilakukan sholat Ied.

Kurban saat Idul Adha

Kapan? Di bulan Dzulhijjah.

Harta yang Dikeluarkan karena Momen Tertentu

Aqiqah

Kapan? Ketika memiliki bayi yang baru saja lahir. Waktu terbaik berdasarkan hadits adalah hari ke-7 pasca kelahiran. Banyak ulama yang berpendapat mulai dari pasca lahir sampai memasuki usia baligh.

“Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR Ahmad)

Fidyah

Kapan? Ketika harus meninggalkan ibadah (misal, puasa Ramadhan) dan tidak bisa diganti di waktu lain.

Harta yang Dapat Dikeluarkan Sepanjang Tahun

Menabung untuk Beribadah Umroh & Haji

Zakat Maal

Infaq / Sedekah

Wakaf

Untuk keterangan lebih lengkap tentang masing-masing anjuran terkait harta kita, khususnya zakat, kamu bisa cek ke situs ini.

Rencana Tabungan Untuk Ibadah

Untuk memudahkan kamu mewujudkan arti kemerdekaan finansial bagi seorang Muslim, Mina sudah menyiapkan rencana tabungan bulanan untuk ibadah umroh, haji, dan qurban, yang bisa kamu simpan sebagai panduan. Check it out! Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua untuk merasakan bebas finansial yang sesungguhnya, ketika kita bisa mempunyai harta yang cukup untuk melaksanakan semua anjuran-Nya tentang harta dan mampu beribadah kepada-Nya sebaik-baiknya.

Artikel ini adalah bagian ketiga dari Serial Kebebasan Finansial dari ALAMI untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020.

Mari jalani langkah lebih dekat lagi menuju kebebasan finansialmu dengan menjadi pendana di ALAMI dan dapatkan imbal jasa menarik untuk mengembangkan uangmu. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

Artikel Terbaru

Raih Tujuan Finansialmu untuk Masa Depan dengan Investasi dari Sekarang

Di masa tua atau masa pensiun, kebutuhan seseorang tidak akan berkurang justru...

Kerja Sebagai Freelancer Masa Kini: Menjadi Content Creator

Perkembangan internet dan dunia digital semakin pesat. Semua ini karena didukung oleh...

Mengenal Sukuk, Obligasi Syariah yang Mulai Diminati Berbagai Kalangan

Powered by ALAMI Institute  Surat utang atau yang biasa disebut sebagai obligasi...

Exit mobile version