ALAMI
published 09/11/2020 - 4 Min Read

Cara Bergabung di Grup Telegram ALAMI

Di pertengahan tahun 2020, ALAMI mengaktifkan WhatsApp ALAMI Community sebagai tempat berdiskusi dan bertanya tentang mendanai di ALAMI. Sebagai tempat diskusi, WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Kini, ALAMI sudah memiliki 2 grup Community di WhatsApp. Namun, karena masih banyaknya peminat dan WhatsApp mempunyai kapasitas grup hanya sampai sekitar 256 orang, akhirnya kita pun memutuskan untuk mengaktifkan Grup Telegram ALAMI.

Sebelum masuk ke Grup Telegram ALAMI, yuk kita simak dulu bagaiman cara masuk ke grup telegram!

Tata Cara Masuk ke Grup Telegram

Grup Telegram bisa dibagi dalam Grup Pribadi, Super Grup Pribadi dan Grup Super Publik. Pembedanya adalah jumlah member grup, cara akses dan kebebasan identifikasi grup oleh pengguna. Grup Pribadi bisa menampung hingga 100.000 anggota.

Cara menjadi anggota grup pribadi Telegram adalah lewat admin atau anggota yang telah diberi wewenang. Berikutnya, Grup Super Pribadi Telegram juga bisa menampung 100.000 orang. Namun pengguna harus ditambahkan oleh admin langsung untuk bergabung dengan grup ini.

Lalu apa bedanya Super Grup Pribadi dengan Grup Pribadi?

Bedanya adalah adanya admin yang bisa memoderasi dengan memasang pin atau menghapus pesan.

Yang ketiga Grup Super Publik yang mirip grup pribadi, tapi bisa diidentifikasi lewat aplikasi Telegram dan mesin pencari internal. Jadi jelas, bahwa pengguna hanya bisa mengakses secara langsung ke Grup Super Publik.

Sedangkan dua jenis grup lainnya hanya bisa diakses oleh admin dan anggota grup yang diberi wewenang.

Mencari Grup Telegram Lewat Google

  • Buka Google, baik di PC atau laptop.
  • Ketik site:t.me (spasi) tema grup. Misalnya: site:t.me Android, misalnya kamu ingin mencari grup yang membahas segala hal tentang Android.
  • Maka akan muncul hasil pencarian grup terkait.
  • Lalu klik grup yang dianggap cocok.
  • Lalu akan tampil link untuk membuka lewat aplikasi Telegram.
  • Pilih View In Telegram, maka aplikasi Telegram akan muncul dengan informasi nama grup, jumlah anggota dan akun media sosial.
  • Pilih Join Grup. Jika berhasil, maka terlihat nama-nama anggota dan isi chat sebelumnya.

Mencari Grup Lewat Telegram di HP

  • Buka aplikasi Telegram, ketuk ikon tiga garis di sudut sebelah kiri, lalu tap Kontak.
  • Pilih menu Cari Pengguna Sekitar, yang ada di bawah menu Undang Teman.
  • Geser ke bawah hingga ketemu beragam macam grup yang ada.
  • Pilih grup yang cocok dan tap Bergabung (Join).
  • Setelah berhasil, akan terlihat isi grup. Geser ke atas untuk melihat isi chat sebelumnya.

Mencari dan Bergabung di Grup Telegram Tanpa Diundang

  • Cari grup Telegram dengan format site: t.me, dan masukkan tema grup secara detail dan jelas, agar hasil pencarian juga lengkap.

Jadi kita bisa mencari grup di Telegram tanpa menunggu undangan atau link langsung. Mungkin banyak yang belum familiar dengan fitur-fitur Telegram sebagai aplikasi chatting. Kita kenali lebih jauh yuk, supaya kamu makin yakin untuk bergabung di grup Telegram ALAMI.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #1: Kapasitas Grup Sampai 5.000 Orang

Salah satu keunggulan Telegram adalah kemampuannya untuk mengakomodasi ribuan orang dalam satu grup.

Berbeda dengan WhatsApp yang mempunyai kapasitas grup hingga sekitar 256 orang, Telegram bisa menampung hingga 5.000 orang di satu grup.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #2: Ukuran Maksimal File Hingga 1.5 GB

Ukuran maksimal file yang bisa dikirimkan lewat WhatsApp adalah sekitar 100 MB, sedangkan Telegram sendiri bisa mengakomodir file yang terkirim hingga 1.5 GB. Bahkan kabarnya, limit ini akan dinaikkan lagi oleh Telegram hingga 2 GB.

Kamu juga bisa memilih dua opsi pengiriman: apakah akan dikirim ukuran aslinya, atau ukuran yang sudah di-compress.

Dengan ukuran file yang begitu besar, kamu tidak perlu khawatir karena Telegram sendiri menyediakan fitur lainnya yang sangat helpful.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #3: Penyimpanan Dilakukan Lewat Sistem Cloud Server

Keunggulan lainnya dari Telegram adalah sistem penyimpanannya yang tidak akan membebani memori ponsel kita, melainkan gratis disimpan di server cloud Telegram. Pengguna bisa login di Telegram dari device manapun dan tetap bisa mengakses data-datanya.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #4: Pinned Message

Bergabung Yuk di Grup Telegram ALAMI

Telegram memungkinkan kita untuk set-up Pinned Message, di mana semua orang yang baru bergabung bisa membaca informasi-informasi penting seperti peraturan grup atau link ke artikel-artikel yang bisa memberikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan.

Grup Telegram ALAMI pun menyediakan pinned message yang memuat informasi tentang apa itu ALAMI, tutorial ALAMI Mobile App, cara memulai pendanaan di ALAMI, bagaimana mengaktifkan Rekening Dana Funder, bagaimana ALAMI memitigasi risiko, kelebihan P2P ALAMI, 5 nilai syariah di ALAMI, testimoni Funder ALAMI, dan masih banyak lagi artikel lainnya.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #5: Akses Pesan-Pesan Sebelumnya

Sebagai seorang member baru di WhatsApp, kamu tidak bisa mengakses pesan-pesan yang terkirim sebelumnya. Nah, di Telegram, kamu bisa mengakses pesan-pesan sebelumnya, bahkan hingga 100 pesan terakhir sebelum kamu bergabung.

Alasan Gabung Grup Telegram ALAMI #6: Kenyamanan Telegram Untuk Pengguna

Dari segi pengguna, di Telegram kamu bisa memilih foto profil lebih dari satu dan ada pilihan Profile Video. Profile Video pun dilengkapi dengan fitur editornya, seperti misalnya cropping, memperhalus permukaan kulit, sampai menghiasi dengan stiker. Kamu juga bisa mengatur resolusinya untuk menghemat data kuota Internet.

Bergabung di Telegram juga bisa menggunakan username yang kamu pilih, sehingga kamu tidak harus memberitahu nomor telepon kamu di grup tersebut, berbeda dengan WhatsApp. Tentunya, privasi kamu juga akan lebih terjaga di sini. Mereka juga punya fitur Secret Chat, yang bisa diatur untuk terhapus sendiri, dan akan memberitahu kamu jika ada yang mengambil screenshot dari chat tersebut.

Telegram juga tersedia dalam versi Desktop, dan kamu bisa login ke tiga akun sekaligus (dengan tiga nomor yang berbeda) di dalam satu perangkat Android.

Untuk versi iOS, tersedia pilihan untuk mengubah tampilan aplikasi. Misalnya, ada tema Day, Night, dan Night Blue. Di tema Day, pengguna bisa memilih aksen warna untuk seluruh tampilan, misalnya warna pink. Untuk melakukannya, kamu bisa buka menu Setting, kemudian klik Appearance. Seru, kan?

Link Grup Telegram ALAMI

Klik http://bit.ly/TelegramALAMI untuk segera bergabung ke Grup Telegram ALAMI. Kamu bisa langsung menanyakan apapun yang perlu kamu diskusikan, mendapatkan akses ke Customer Service ALAMI P2P Lending Syariah, atau baca-baca informasi yang kamu perlukan di Pinned Message. Grup Telegram ALAMI ini diaktifkan mulai Jumat, 6 November 2020 lalu, dan kini sudah mempunyai 320 anggota. Yuk, tunggu apa lagi?

Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Melita Rahmalia

Content Manager at ALAMI

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments