Press Release - 3 Minutes to Read

ALAMI Terima Pendanaan Baru untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis dan Perkuat Manajemen Senior

JAKARTA, INDONESIA, 05 Oktober 2023 – ALAMI Group, perusahaan ekosistem teknologi keuangan Islam terdiri dari layanan peer-to-peer lending berbasis syariah (ALAMI P2PL) dan bank digital syariah (Hijra Bank), hari ini mengumumkan penyelesaian putaran investasi untuk dorong pertumbuhan dipimpin oleh perusahaan modal ventura Indonesia, Intudo Ventures, bersama dengan investor yang telah mendukung selama ini diantaranya East Ventures (Growth fund), AC Ventures, Quona Capital, dan Golden Gate Ventures, dan beberapa lainnya. Putaran pendanaan ini berhasil diselesaikan meskipun situasi pasar yang sedang sulit, membuktikan model bisnis ALAMI dapat teruji dan unik. Investasi ini diarahkan untuk meningkatkan kualitas produk dan operasional, mempercepat ekspansi bisnis, dan perkuat tim sesuai dengan rencana pertumbuhan strategis perusahaan ke depan.

Mengawali debut sebagai P2PL berbasis syariah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ALAMI telah berkembang menjadi ekosistem teknologi keuangan lengkap dengan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Didirikan oleh Dima Djani, Harza Sandityo, dan Bembi Juniar, ALAMI berfokus pada UMKM, telah menyalurkan lebih dari US$367 juta dalam 11.400 proyek seluruh Indonesia. Pada tahun 2021, ALAMI mengakuisisi satu-satunya BPRS di Jakarta, sepenuhnya mentransformasikan secara digital menjadi Hijra Bank, dan memperoleh izin sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (“PJK Kategori 1”) dari Bank Indonesia, serta persetujuan mobile banking dari OJK.

CEO ALAMI Group, Dima Djani, mengatakan: “Sejak diluncurkannya Aplikasi Hijra Bank pada Desember 2022, volume transaksinya menunjukkan peningkatan tiga kali lipat (3x), dan basis penggunanya meningkat dua kali lipat (2x). Di tahun 2022, Hijra Bank telah mencapai peningkatan keuntungan luar biasa sebesar 200% (year-on-year), dengan kenaikan dana pihak ketiga (DPK) 220% dan pertumbuhan nilai aset hampir menembus 200%. Selain itu, penyaluran pembiayaan meningkat 200% dibandingkan dengan tahun 2021. Dengan investasi ini, kami akan terus mempercepat pertumbuhan dan memperluas basis pengguna Hijra Bank, serta adopsi produk dengan memperkenalkan produk baru seperti Pembiayaan Rumah (Hijra Home) dan produk lain yang akan datang, dirancang untuk memenuhi kebutuhan perbankan sehari-hari pelanggan kami.”

Seiring dengan putaran ini pula, ALAMI mengumumkan sejumlah penambahan manajemen senior. Pertama adalah Ade Fauzan menjabat sebagai COO untuk grup. Ade dikenal sebagai bankir berpengalaman, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri perbankan syariah Indonesia, pernah menjabat sebagai Anggota Dewan dan Kepala Pengembangan Bisnis di BTPN Syariah, serta CEO BTPN Syariah Ventura, modal ventura korporasi dari BTPN Syariah.

Kedua adalah Dr. Dian Triansyah Djani sebagai advisor. Dr. Trian merupakan seorang diplomat berpengalaman, pernah mewakili Indonesia sebagai Duta Besar Tetap untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta menjabat G20 Co-Sherpa hingga saat ini. Jaringan globalnya akan mampu membuka peluang ALAMI menjajaki pasar internasional ke depannya.

Selain itu, Daniel Bertoli (Dan) dan Vincent Yunnaraga juga bergabung masing-masing sebagai direktur dan Head of Finance. “Dan dan Vincent adalah profesional dengan integritas tinggi, senantiasa mematuhi peraturan dengan segala praktik terbaik di Indonesia dan Singapura. Keduanya membawa latar belakang budaya profesional yang kuat, serta akan membantu ALAMI meningkatkan standar organisasi keuangan kelas dunia,” tambah Dima.

“Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, konsumen Muslim Indonesia mengharapkan solusi keuangan yang sesuai kebutuhan dan prinsip-prinsip keyakinan mereka. Melalui berbagai rangkaian inovasi produk dan layanan keuangan berbasis syariah, ALAMI menawarkan cara mudah yang dapat dipercaya dan aman bagi penggunanya termasuk melindungi dan mendukung pengengembangan aset keuangan mereka. Kami sangat antusias mendukung ALAMI dalam usaha mereka ke depan,” kata Patrick Yip, Pendiri Intudo Ventures.


Tentang ALAMI

ALAMI berdiri sebagai platform teknologi keuangan Islam terintegrasi vertikal terkemuka di dunia, didirikan Dima Djani, Harza Sandityo, dan Bembi Juniar. Perusahaan ini pertama kali meluncur 2018 dan berpusat di Jakarta, Indonesia. Platform ini memiliki izin layanan pemberian pinjaman peer-to-peer lending syariah dan Hijra Bank, satu-satunya BPRS di Jakarta, yang telah memperoleh Izin Penyedia Jasa Pembayaran (“PJK Kategori 1”) dari Bank Indonesia, serta persetujuan mobile banking dari OJK.

Hingga kuartal pertama tahun 2023, Grup perusahaan ini telah menyalurkan lebih dari US$367 juta ke 11.400 usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2020, ALAMI telah mengadopsi dan mengimplementasikan prinsip bisnis yang keberlanjutan (sustainability) ke dalam keseharian usaha dan operasional mereka, sebagaimana tercermin dalam Impact Report yang diluncurkan.

ALAMI memprioritaskan Pembiayaan Halal dan Berkelanjutan, membentuk 35% dari portofolio kami, bersama dengan Portofolio Netral (38%), Portofolio Emisi Karbon (11%), dan Portofolio Karbon Tinggi (16%) menegaskan komitmen perusahaan terhadap pembiayaan berkelanjutan.

Visi ALAMI menjadi platform pilihan bagi semua orang, menyediakan solusi fintech dan perbankan yang inovatif sesuai prinsip syariah, yang memberdayakan masyarakat dan memajukan kesetaraan. Upaya bersama ini telah menghasilkan sejumlah penghargaan dan pengakuan bergengsi, termasuk sebagai Platform P2P Terbaik, Platform Pembiayaan Global Terbaik dalam Fintech Islam, Penghargaan Keunggulan untuk Inovasi Fintech Islam, 100 Startup Teratas di Asia Pasifik, Ide yang Mengubah Dunia di Asia Pasifik, dan Perusahaan Terbaik untuk Dikerjakan di Indonesia versi HR Asia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web kami di https://alamisharia.co.id/.

Tentang Intudo

Intudo Ventures adalah satu-satunya perusahaan modal ventura yang secara eksklusif berinvestasi di Indonesia. Intudo mengelola aset lebih dari US$300 juta melalui 3 dana dan berperan sebagai strategi “Indonesia-beachhead” untuk banyak lembaga keuangan, dana, dan perusahaan keluarga terkemuka di dunia, ditambah dengan jaringan lokal yang sangat kuat dengan lebih dari 30 konglomerat/keluarga yang terdiversifikasi di Indonesia.

Perusahaan ini berinvestasi di perusahaan-perusahaan lokal Indonesia yang dipimpin oleh pendiri terbaik di kawasan Pulkam S.E.A. Turtle, dan pendiri lokal di sektor pertanian, B2B & enterprise, pendidikan, keuangan & asuransi, kesehatan & kebugaran, logistik, dan sektor ritel & hiburan baru.

Portofolio perusahaan Intudo termasuk Xendit, Pintu, Pinhome, Halodoc, Kargo, iSeller, PasarPolis, Nalagenetics, dan banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://intudovc.com/.

Narahubung:
Ryan Sakti
Head of Corporate Affairs, ALAMI
WA: +628112657167 | E: [email protected]

10/10/2023

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments