doa tahun baru islam
published 09/08/2021 - 4 Min Read

Sambut Tahun Baru Hijriah, Yuk Baca Doa Tahun Baru Islam 2021!

Tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah akan bertepatan pada tanggal 10 Agustus 2021. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriah. Bulan Muharram dijuluki dengan Syahrullah (bulan-Nya Allah). Muharram juga merupakan salah satu bulan dari empat bulan mulia yang disebutkan Allah SWT di dalam Al-Quran. 

Bulan pertama dalam hitungan kalender berdasarkan pergerakan bulan ini memiliki banyak anjuran amalan sunnah, di antaranya adalah puasa dan memperbanyak sedekah. Doa akhir tahun bisa dilantunkan hingga hari Senin, 9 Agustus 2021, setelah momen Ashar, dan doa awal tahun bisa dilantunkan hingga Selasa sebelum waktu Maghrib tiba. 

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya kita menyambut pergantian tahun tersebut dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa tahun baru Islam dipanjatkan agar di tahun-tahun berikutnya selalu diberikan keberkahan dan akan menjadi tahun-tahun yang lebih baik lagi dari pada tahun sebelumnya. Doa Tahun Baru Islam tersebut memang dipenuhi permohonan perlindungan serta harapan yang akan dicapai dalam satu tahun mendatang.

Lalu bagaimana bacaan doa awal tahun yang dapat diamalkan saat Tahun Baru Islam 2021?

Doa Tahun Baru Islam 2021

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

“Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Tahun baru memang identik dengan doa dan harapan supaya memperoleh kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Maka dengan keyakinan tersebut, tidak heran jika umat muslim sebaiknya menghabiskan hari pergantian tahun baru Islam 1443 H dengan memanjatkan doa pada Allah SWT. Doa Tahun Baru Islam tersebut memang dipenuhi permohonan perlindungan serta harapan yang akan dicapai dalam satu tahun mendatang. 

Amalan-Amalan di Bulan Pertama Tahun Baru Islam

Selain doa tahun baru Islam ada juga amalan-amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Muharram ini  atau bulan pertama di tahun baru Islam. Berikut amalan-amalannya: 

1. Berpuasa Asyura 

Amalan sunnah yang dimaksud ialah puasa. Kesunnahan puasa di bulan Muharram didasarkan pada hadits riwayat Abu Hurairah: 

“Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah)

Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan sebagai berikut. “Puasa yang paling utama setelah Ramadan ialah puasa di bulan Allah, Muharram.” 

Puasa Asyura atau puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram jatuh pada Kamis 19 Agustus 2021. Amalan ini menjadi lebih sempurna ketika dilakukan juga pada 8, 9, dan 10 Muharram.

2. Introspeksi Diri (muhasabah) 

Pergantian tahun tentu bukan hanya sekedar menjadi pergantian kalender saja, namun juga dapat menjadi peringatan bagi umat Islam mengenai amalan apa yang sudah dilakukan pada tahun lalu, dan apa yang akan dilakukan besok. 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Hasyr: 18). 

Demikian informasi mengenai amalan dan doa awal tahun yang dapat dibaca saat Tahun Baru Islam 2021. Semoga di tahun yang baru ini, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan membawa kebaikan untuk lingkungan sekitar. 

Tahun baru Islam adalah momentum yang pas untuk mengambil langkah baik untuk memulai perubahan ke arah yang baik lagi, meninggalkan segala sesuatu yang buruk menuju sesuatu yang lebih cerah daripada sebelumnya.

Mengambil langkah untuk perubahan yang lebih baik bisa kamu lakukan saat ini juga. Seperti mengembangkan keuanganmu untuk persiapan masa depan yang lebih cerah. Lakukan pengembangan keuangan di P2P Funding Syariah dari ALAMI. Dapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14-16% pa. Unduh aplikasinya di

P2P
P2P

Bayu Suryo Wiranto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments