lailatul qadar
published 01/03/2022 - 4 Min Read

5 Keistimewaan dan Tanda Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam. Di bulan Ramadhan selain ibadah puasa, berbagai ibadah lainnya akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang Muslim di bulan Ramadhan, untuk mendapatkan keberkahan yang berlipat ganda adalah Lailatul Qadar atau biasa disebut malam lailatul qadar. 

Lailatul Qadar sebagai malam yang istimewa melebihi ibadah selama seribu bulan telah Allah jelaskan di dalam Al-Quran yakni di dalam QS Al-Qadr ayat 1-5. 

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ

Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِؕ

Wa maa adraaka ma lailatul qadr

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ  ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

Lailatul qadri khairum min alfii shahr

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ

Tanaz zalul malaa-ikatu war ruuhu fiiha bi izni-rab bihim min kulli amr

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

سَلٰمٌ هِىَ حَتّٰى مَطۡلَعِ الۡفَجۡرِ

Salaamun hiya hattaa mat la’il fajr

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Apa itu Lailatul Qadar?

Lailatul Qadar adalah malam yang dipercayai oleh umat Islam sebagai malam yang lebih baik daripada seribu malam. Sebagian kalangan, ada yang mempercayai Lailatul Qadar jatuh pada tanggal 17 Ramadhan, yakni malam di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan. Pada saat itu Rasulullah SAW pertama kali mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril. 

Ada pula menurut sumber yang lain, Lailatul Qadar turun di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. 

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan kepada Aisyah RA 

“Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan.”

Atau bahkan Lailatul Qadar terjadi di malam ke-27 Ramadhan. Hal ini sesuai dengan riwayat hadis dari Imam Muslim. 

“Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR Muslim)

Tanda-tanda Lailatul Qadar

Dari hadis di atas tersebut disebutkan tanda-tanda yang muncul saat Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

  1. Sinar Matahari yang Teduh

Munculnya Lailatul Qadar ditandai dengan kemunculan matahari dengan sinar yang sangat meneduhkan, tidak panas namun cerah. Hal ini dijelaskan oleh sabda Nabi Muhammad yang berbunyi:

“Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

  1. Udara Terasa Sejuk

Tanda yang kedua adalah saat Lailatul Qadar muncul udara sejuk akan menyelimuti permukaan bumi, seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW “Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

Keistimewaan Lailatul Qadar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa di bulan Ramadhan bahkan lebih istimewa dari ibadah selama seribu bulan. Ada banyak sekali keistimewaan yang akan kita raih jika melaksanakan amal ibadah. Apa saja yang akan keistimewaan yang akan kita dapat di Lailatul Qadar?

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Lailatul Qadar adalah malam terpenting yang terjadi pada bulan Ramadhan dan disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Para ulama pun berpendapat bahwa siapa pun yang beramal saleh pada malam qadar, maka dirinya memperoleh pahala setara dengan melakukannya selama seribu bulan.

2. Turunnya Para Malaikat

Keutamaan malam Lailatul Qadar lainnya yaitu para malaikat turun ke bumi. Pernyataan ini ada dalam Q.S Al-Qadr ayat 4 yang artinya: Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

Menurut Al-Imam Al-Qurthubi, setiap lapis langit dari sidratul muntaha, para malaikat turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa umat Islam yang dipanjatkan di malam itu sampai terbit fajar.

3. Malam Penuh Berkah

Lailatul Qadar adalah malam yang dipenuhi keberkahan di dalamnya. Dalam surat Ad-Dukhan ayat ketiga dijelaskan bahwa “Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberikan peringatan”

4. Allah Mengampuni Dosa Masa Lalu

Allah SWT akan mengampuni segala dosa bagi umat muslim yang menghidupkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan. Hadis Bukhari dan Muslim menjelaskan barang siapa melaksanakan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

5. Pencatatan Takdir dalam Setahun

Pada malam Lailatul Qadar juga akan dilakukan penulisan takdir dalam setahun, termasuk ajal dan rejeki. Takdir tahunan yang dicatat ini tentunya didahului oleh penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan diperlihatkan pada malaikat, dan mereka akan melakukan apa yang ditugaskan oleh Allah.

Selain mendapatkan keberkahan dari amal ibadah yang dilakukan pada Lailatul Qadar, dapatkan keberkahan dari pendanaan di peer to peer funding syariah dari ALAMI. Danamu akan menjadi bermanfaat untuk pembiayaan UMKM yang sedang berkembang. Dapatkan juga ujrah atau imbal hasil dari setiap pendanaanmu setara dengan 14-16% p.a. 

Kembangkan danamu di peer to peer funding syariah dari ALAMI. Dapatkan ujrah setara dengan 14-16% p.a. Segera download aplikasinya di

ALAMI P2P Funding Syariah
ALAMI P2P Funding Syariah

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] satu dari banyaknya keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah turunnya malam Lailatul Qadar, malam yang mulia dan mempunyai nilai lebih dari 1000 […]