menu olahan daging
published 07/07/2022 - 4 Min Read

7 Menu Olahan Daging Kurban Khas Nusantara 

Sudah terpikirkan menu olahan daging apa yang akan dibuat saat kurban nanti? 

Di hari Iduladha, tak jarang kita mendapatkan daging kurban hasil sembelihan. Ini adalah kesempatan untuk mengolah hidangan spesial di hari raya ini. Biasanya, akan ada beberapa pilihan daging yang mungkin diterima, umumnya daging sapi atau kambing.

Nah, Mina punya beberapa inspirasi masakan daging kambing maupun sapi yang bisa dicoba untuk hari spesial nanti.

Yuk, simak 7 menunya di bawah ini!

Inspirasi Menu Olahan Daging Sapi dan Kambing

1. Iga Bakar Madu

© Usaharumahan

Untuk yang mendapat bagian iga sapi, kamu beruntung. Sebab, bagian daging ini salah satu yang paling lezat karena rasanya yang juicy

Tenang, memasaknya tak begitu sulit. Hanya saja, kamu membutuhkan panci presto agar hasilnya maksimal. Akan tetapi, dengan grill atau teflon sederhana pun hasilnya tetap enak.

Untuk menu iga bakar ini, ada banyak pilihan variasi, mulai dari iga bakar klasik, iga bakar madu, hingga iga bakar lada hitam.

2. Bakso

© Wikimedia

Menu olahan daging yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Pasalnya, bakso sudah jadi salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia. 

Hanya saja, tentu menu ini akan jadi lebih spesial jika dibuat sendiri di hari Iduladha. Nah, untuk membuat bakso, kamu membutuhkan kombinasi daging sapi dan daging ayam yang digiling hingga halus. 

Proses pembuatan bakso memang cukup lama. Akan tetapi, justru ini bisa jadi kegiatan seru bersama keluarga di hari raya. Yuk, coba masak bersama-sama dengan orang-orang tersayang!

3. Krengseng Kambing

© Kompas

Bagi penggemar makanan khas Jawa Timur, krengseng bisa jadi menu olahan daging pilihan di hari Iduladha. 

Menurut buku Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Solo oleh Miftah Sanaji, masakan ini tidak jauh berbeda dengan semur daging. Hanya saja, krengseng menggunakan daging kambing dan petis. 

Untuk menyertai menu yang berlemak ini, disarankan untuk minum teh hangat.

4. Kambing Bakar Rempah

© Okezone

Menu daging kambing lainnya yang bisa jadi opsi olahan untuk hari kurban adalah kambing bakar rempah.

Untuk membuat masakan ini, kamu membutuhkan daging kambing bagian paha. 

Pilihan masakan kambing bakar rempah bagus untukmu yang ingin menghindari makanan bersantan dan terlalu berlemak.

Chef Yuda Bustara menyampaikan pada Bisnis bahwa bagian kambing tanpa lemak yang digunakan untuk masakan ini lebih sehat untuk dikonsumsi. Tentu saja, rasanya tetap bisa empuk dan gurih.

5. Se’i Sapi

© Freepik

Se’i adalah menu olahan daging yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sederhananya, se’i merupakan daging asap. 

Sebetulnya, masyarakat NTT pertama menggunakan daging rusa untuk membuat se’i. Akan tetapi, lambat laun daging-daging lainnya juga digunakan untuk membuat se’i, termasuk sapi.

Makanan ini diolah dengan menggunakan metode pengasapan dengan daun-daunan dan rempah, sehingga memiliki rasa yang nikmat.

6. Oseng Mercon

© Tribun News

Lagi-lagi dari Jawa Timur, menu ini tepatnya berasal dari Yogyakarta. Oseng mercon adalah makanan yang cukup terkenal di kota ini. 

Untuk membuat oseng mercon, kamu butuh tetelan sapi. Selain tetelan, kamu juga bisa memakai bagian iga yang lebih sedikit lemaknya. 

Bagi penggemar masakan pedas, oseng mercon pasti sedap. Akan tetapi, kalau kamu kurang bisa makan makanan pedas, mungkin menu ini bisa dihindari, ya.

7. Sate Klopo

© Asian Food Network

Tentu saja, sate adalah salah satu menu olahan daging yang paling mudah dibuat untuk hari Iduladha. Nah, untuk membuatnya sedikit berbeda dari biasanya, kamu bisa coba membuat sate klopo yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. 

Seperti yang bisa ditebak, nama sate klopo menggunakan bahasa Jawa, yang berarti sate kelapa. Jadi, sate ini dibakar dengan bumbu olahan kelapa yang menghasilkan cita rasa berbeda dari sate biasanya. 

Sate klopo dapat dinikmati dengan lontong maupun nasi, sesuai dengan selera.

Itulah dia 7 rekomendasi menu olahan daging yang bisa dicoba di hari berkurban. Manakah kira-kira yang paling menarik untuk dibuat? 

Selain membantu saudara-saudara kita dengan berkurban, kamu juga bisa memanfaatkan uangmu untuk pendanaan UMKM secara syariah lewat pendanaan P2P ALAMI, lho.

Bahkan, kamu juga bisa mendapat ujrah atau imbal hasil hingga setara dengan 16% p.a.

Yuk, kilk tombol di bawah ini untuk mulai hari ini!

Nadiyah Rahmalia

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments