persiapan menabung kurban
published 08/07/2022 - 3 Min Read

5 Kiat Menabung untuk Persiapan Dana Kurban Tahun Depan

Apakah tahun ini kamu sudah melakukan persiapan dengan baik sehingga berkesempatan melakukan ibadah kurban? Kalau belum, khususnya karena masalah finansial, jangan berkecil hati. Tahun depan bisa jadi kesempatanmu berkurban. Dengan catatan, kamu bisa menabung dengan konsisten. 

Nah, bagaimana persiapan yang harus dilakukan agar bisa berkurban di bulan Dzulhijjah? Yuk, simak bacaan berikut ini.

Hukum Kurban bagi Muslim

Sebelum beranjak ke tips persiapan kurban, mari pahami dulu apa sebenarnya hukum berkurban bagi muslim.

Mengutip Nu Online Jawa Timur, hukum kurban adalah sunah muakkad. Sunah muakkad adalah sunah yang selalu dikerjakan Rasulullah ﷺ dan sangat jarang ditinggalkan.

Jadi, sebetulnya, kamu tidak harus selalu memaksakan diri untuk berkurban setiap tahunnya, apalagi jika memang belum mempunyai uang yang cukup.

Akan tetapi, karena hukumnya yang sunah muakkad, berkurban berpahala besar dan amat sangat dianjurkan. Bahkan, sebuah hadis menyebutkan bahwa:

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rizki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah no. 3123)

Pentingnya Berkurban

Ibadah kurban yang dilaksanakan di hari ke-10 bulan Dzulhijjah dilakukan setelah ujian yang diberikan Allah SWT pada Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Pada waktu itu, Nabi Ibrahim AS bermimpi menyembelih putranya atas perintah Allah. Nabi Ismail AS pun menuruti perintah tersebut dan bersedia untuk disembelih. Akan tetapi, ternyata Allah mengganti tubuh Nabi Ismail AS dengan seekor domba, dan hewan tersebutlah yang disembelih.

Menurut Muslim Aid, kisah dan ibadah kurban yang kita jalani sampai hari ini adalah gambaran dari cinta tanpa syarat dan juga komitmen pada Allah SWT. Dengan berkurban, kita menunjukkan keimanan dan ketakwaan pada Sang Pencipta.

Tak hanya itu saja, kurban juga merupakan cara kita berbagi pada saudara-saudara yang membutuhkan.

Tips Menabung Dana Kurban

Setelah paham betapa bermaknanya kurban, yuk, mulai lakukan persiapan menabung.

Karena harga hewan ternak untuk kurban cukup mahal, kamu mungkin harus menabung untuk beberapa bulan.

Sebagai informasi, di tahun 2022 ini, harga kambing berkisar di angka 2 juta rupiah. Sementara, harga sapi bisa mencapai 20 juta rupiah.

Untuk tahun depan, kemungkinan besar harganya akan naik lagi.

Nah, inilah tips untuk menabung untuk mencapai target dana kurban yang diinginkan.

1. Tetapkan Tujuan yang Spesifik

Langkah pertama untuk persiapan kurban adalah menetapkan terlebih dahulu tujuanmu. Hewan apa yang ingin dibeli untuk kurban di tahun mendatang? Apakah kambing, atau sapi?

Saat sudah mengetahui hewan yang ingin dibeli, kamu jadi tahu berapa total uang yang harus dikumpulkan secara jelas.

2. Tetapkan Deadline Menabung

Cek kalendermu dan tetapkan berapa lama waktu yang kamu punya untuk menabung sejumlah harga hewan ternak yang diinginkan.

Dengan menetapkan deadline, kamu bisa memperkirakan berapa uang yang perlu disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target tersebut.

3. Pisahkan Tabungan

Agar bisa terpantau dan tidak diambil untuk keperluan lain, pisahkan tabungan untuk kurban dengan tabungan-tabungan lainnya, ya.

Sebagai persiapan dana kurban, kamu bisa membuka rekening baru atau menggunakan metode yang paling nyaman untuk melakukan ini.

4. Catat Perkembangan

Setiap beberapa waktu, cek perkembangan tabungan dana kurbanmu.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu semakin dekat pada tujuan yang ditentukan di awal.

5. Tambah Pendapatan

Jika rencana menabungmu terasa sulit atau lambat, mungkin kamu butuh pendapatan ekstra.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendanai di ALAMI.

Cukup dengan melakukan pendanaan, kamu bisa mendapat ujrah atau imbal hasil hingga setara dengan 16% p.a. Tentunya, ini bisa menjadi pemasukan lebih agar kurbanmu bisa terwujud.Yuk, klik tombol di bawah ini untuk download aplikasinya dan mulai jadi pendana!

P2P

Nadiyah Rahmalia

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments