hobi menghasilkan cuan

6 Cara untuk Membuat Hobi Menghasilkan Cuan

Ide bisnis atau usaha bisa datang dari mana saja, termasuk datang dari hobi atau kegemaran kita sehari-hari. Hobi adalah salah satu kegiatan yang digemari atau disukai seseorang kehidupan sehari hari. Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Tapi bisakah kita memiliki hobi menghasilkan cuan?

Jawabannya tentu saja bisa. Beberapa orang terkadang memiliki hobi yang unik dan lain dari biasanya, bahkan hobi tersebut dapat menghasilkan uang. Menjadikan hobi sebagai bisnis sudah membantu kamu untuk menemukan ide dan membuka peluang usaha baru. Selain membuat hatimu senang karena tersalurkan akan hobimu, juga mendapatkan penghasilan lain dari pekerjaan utamamu. 

Lalu, kira-kira bagaimana caranya untuk membuat hobi kamu  menjadi bisnis yang menguntungkan? Berikut penjelasannya.

1. Cari Tahu Hobi Kamu Apa

Lakukanlah survey kecil-kecilan, bagi kamu yang masih bingung dengan hobi kamu sendiri. Caril apa hobi yang sebenarnya kamu sukai, dan bisa membuat kamu merasa nyaman dan menyenangkan, atau kegiatan seperti apa yang membuat kamu rela untuk membayar demi melakukan hal tersebut. Setelah bisa menjawab pertanyaan tersebut, pastikan hobi yang kamu sukai tersebut berpotensi untuk mendatangkan pemasukan atau pundi-pundi rupiah.

Contoh Hobi yang Menghasilkan Uang

Hobi fotografi

Hobi ini bisa kamu jalankan untuk menjadi bisnis yang menghasilkan uang. Mulai dari jasa foto prewedding, wedding, maupun jasa memotret sesuai kebutuhan. Kalau masih belum punya modal yang cukup, kamu bisa memulainya dari media sosial.

Upload hasil karya foto-fotomu ke dalam instagram, lalu tambahkan beberapa hastag agar orang banhyak bisa melihatnya. Semakin banyak orang yang mengikutimu, semakin besar juga kesempatan kamu untuk menawarkan jasa memotret kepada khalayak ramai. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, dijamin tawaran memotret akan terus berdatangan.

Hobi menulis

Hobi menulis bisa dijadikan peluang untuk menghasilkan uang. Salah satu caranya, kamu bisa mengirim tulisan kamu ke media cetak atau media yang berbasis online. Atau, kamu bisa mengikuti beberapa lomba menulis yang kini marak dilakukan oleh sejumlah perusahaan.

Atau kamu bisa membuat blogmu sendiri sebagai media untuk menghasilkan uang. Dengan cara membuat blog tersebut semenarik mungkin dan buatlah tema tulisan yang seru dan ramai dibahas orang. Misalnya teknologi, fashion, beauty, kuliner, dan traveling. Supaya lebih menarik, promosikan beberapa produk di dalam blog kamu agar bisa dilirik oleh perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Hobi memasak

Hobi memasak juga bisa membuatmu mendapatkan cuan yang besar. Faktanya banyak chef atau pun koki laki-laki daripada perempuan. Artinya, meskipun memasak hanyalah sebuah hobi di antara rutinitas sehari-hari, hobi memasak bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, bagi yang suka memasak, ada banyaknya untuk menjadikan hobi tersebut sebagai bisnis yang menguntungkan. Apalagi saat ini media sosial punya peran yang sangat penting dalam mengenalkan bisnis seseorang. Jadi, kamu tinggal membuat konten promosi yang menarik untuk mendapatkan hati para netizen. Salah satu bisnis yang bisa digarap dari hobi memasak adalah usaha catering atau bisnis kue dan roti.

Hobi main game

Di era teknologi ini, bermain game sudah terbukti sebuh hobi menghasilkan cuan yang tak perlu diragukan lagi.

Tak sedikit gamer profesional mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan dari hobinya ini.

Jika kamu suka bermain game, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang streamer, pemain e-sport, atau content creator dengan topik konten game.

Meski kesannya bermain-main, seorang gamer profesional bisa menghasilkan puluhan juta ketika menang pertandingan, begitu pula seorang streamer dan content creator.

Selain dari itu, kamu juga bisa memutuskan untuk berbisnis di industri gaming, misalnya menjual game dan konsol.

Di skala yang lebih besar, hobi bermain game juga bisa mendorong seseorang untuk membuat studio game development sendiri.

Di Indonesia, salah satu contohnya adalah Toge Productions dan Agate yang sudah meraih banyak penghargaan hingga skala internasional dari game-game yang diproduksi.

2. Tentukan Hobi yang Menghasilkan Cuan 

Setelah menemukan hobi yang kamu sukai, langkah selanjutnya adalah untuk menentukan hobi mana yang paling memiliki potensi untuk dijual. Pilihlah hobi menghasilkan cuan yang juga banyak diminati oleh orang banyak, karena semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa kamu bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan.

Sebagai contoh misalnya, kamu memiliki hobi mengoleksi sneakers, berarti bisnis yang bisa kamu lakukan misalnya seperti menjual sneakers, mereview sneakers di sosial media, membuat channel YouTube yang berbicara tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sneakers sampai kamu bisa mendatangkan penghasilan, maupun melakukan affiliate marketing untuk berbagai toko sneakers yang ada di Indonesia dan luar negeri. Jika kamu punya modal berlebih, kamu bisa membuka usaha pemancingan sebagai saluran hobi kamu sekaligus mendapatkan keuntungan.

3. Mengajarkan Hobi yang Kamu Sukai

Cara ini mungkin menjadi salah satu cara paling membuat hobi menghasilkan cuan. Misalnya, ketika kamu memiliki hobi seperti bermain musik, melukis, ataupun kegiatan lainnya yang berupa keterampilan dan keahlian, kamu bisa membuka sebuah tempat kursus atau pelatihan dari hobi yang kamu sukai tersebut.

Jika kamu belum terlalu berani untuk membuka kelas umum, kamu bisa membuat kelas kursus online atau dengan jumlah peserta yang sangat terbatas. Atau ada cara yang paling terkini yakni membuat channel Youtube. Di sana kamu bisa membuat tutorial dan mengajarkan hobi kamu secara online, bahkan kamu bisa menunjukkan keahlian hobi kamu di channel youtube. Jika kamu dapat mengumpulkan jumlah penonton yang signifikan, kamu bakal dapat keuntungan dari channel YouTube kamu. 

4. Kendalikan Target Pasar Hobi Kamu

Setelah menentukan hobi menghasilkan cuan , langkah selanjutnya adalah untuk mengenali dengan baik target pasar yang ingin kamu dapatkan. Setelah memilih hobi yang paling berpotensi, tentunya langkah selanjutnya adalah kamu perlu memahami betul apa yang konsumen sukai dan tidak sukai. Setelah kamu mengumpulkan pengetahuan yang cukup, kamu bisa menentukan target pasar kamu.

Misalnya sebagai contoh, kamu memiliki hobi pada bidang fashion, berarti kamu harus memahami lebih dalam mengenai perkembangan pasar fashion di sekitar kamu. Atau kamu hobi di bidang gaming, kamu perlu tahu juga pasar gaming yang sedang ramai saat ini apa.  Jika kamu sudah menentukan target pasar dengan tepat, tentunya data yang sudah kamu kerjakan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu selanjutnya.

5. Temukan dan Perluas Jaringan

Hobi yang digemari mungkin saja bukan kamu saja orangnya. Banyak orang yang memiliki kegemaran yang sama, yang pada akhirnya akan terbentuk sebuah komunitas. Dari komunitas ini bisa menjadi jaringan kamu untuk memperluas pengetahuanmu tentang hobimu. Dari komunitas itu pula kamu bisa berpeluang menjadikan hobi menghasilkan cuan.

Temukan klub atau komunitas dan kelompok khusus lainnya yang dapat membantu kamu di dalam dunia pemasaran. Kamu bisa belajar banyak dari teman komunitas yang telah memulai bisnisnya dari hobi.

Sangat menguntungkan, bukan? Kamu juga bisa perlahan-lahan memulai untuk membangun sebuah komunitas atau jaringan dengan cara mempromosikan diri kamu pada komunitas yang berhubungan dengan hobi kamu.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi modifikasi motor, maka masuklah ke dalam sebuah komunitas pecinta modifikasi, pelajarilah hal-hal yang kamu dapatkan di komunitas tersebut dan bangunlah komunitas serupa milik kamu sendiri. Selain dapat membantu kamu menjaring pelanggan, komunitas atau jaringan ini juga memiliki peran untuk memperluas jaringan dan jangkauan bisnis kamu.

6. Jeli Melihat Persaingan

Agar hobi menghasilkan cuan bisa bertahan dan menyokong perekonomianmu dengan baik, kamu harus jeli melihat persaingan.

Meskipun kamu memiliki kedekatan antar sesama pelaku hobi, namun disarankan untuk tidak lengah terhadap persaingan. Tidak menutup peluang bila di kemudian hari muncul pesaing dari orang-orang terdekat kamu, orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Oleh karena itu, berikan penawaran nilai yang lebih menarik dan kreatif agar bisnis kamu memiliki daya saing yang cukup tinggi.

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana mengubah hobi kamu menjadi sebuah bisnis. Tentunya dengan menjadikan hobi sebagai salah satu penghasilan tambahan merupakan hal yang menyenangkan dan sangat menguntungkan. Sifat disiplin pun tetap diperlukan dalam mengerjakan hal ini, gunakanlah waktu dengan baik dan efektif agar kamu semakin dimudahkan ketika menjalankan bisnis tersebut.

Sudah terpikir apa hobi kamu yang bisa menjadi sebuah bisnis menyenangkan?

Nah, kalau sudah dapat cuannya dari bisnis hobimu, nggak ada salahnya untuk dikembangkan lagi agar tidak habis begitu saja. Salah satu mengembangkan keuangan yakni mengikuti pendanaan di ALAMI. 

Dengan Pendanaan di ALAMI, insyaallah kamu akan mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14%-16% p.a Unduh aplikasinya di

Artikel Terbaru

Informasi Peningkatan Keamanan Pendanaan & Penambahan Biaya Layanan

Sebagai bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik,...

Panduan Praktis Mendanai Nyaman dan Menguntungkan di Instrumen P2P Lending Bagi Pendana Pemula

Peer to Peer Lending (P2P Lending) dikenal sebagai salah satu instrumen investasi...

Sejarah Dana Pensiun di Indonesia

Sejarah dana pensiun di Indonesia melalui proses yang panjang dan senantiasa berkembang. ...

Exit mobile version