- FAQ >
- Registrasi dan Verifikasi
Registrasi dan Verifikasi
Siapa yang dapat menjadi Pendana di ALAMI?
Perorangan atau badan usaha. Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) berusia minimal 17 tahun dan melampirkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) disertai NPWP untuk WNI. Sementara WNA melampirkan paspor disertai rekening bank di Indonesia.
Jika belum memiliki NPWP, apakah saya tetap bisa mendaftar sebagai Pendana di ALAMI?
Pendana di ALAMI wajib mendaftarkan NPWP. Jika belum memiliki, maka dapat menggunakan NPWP orangtua/pasangan/saudara (pemberi dana).
Kenapa akun saya belum terverifikasi?
Proses verifikasi akun akan memakan waktu hingga 24 jam pada hari kerja. Setelah akun terverifikasi, Pendana akan mendapatkan email notifikasi dan akun sudah bisa digunakan untuk melakukan pendanaan.
Kenapa akun saya gagal diverifikasi?
Akun Pendana belum dapat diverifikasi karena ada ketidaksesuaian antara pengisian data atau dokumen dengan yang disyaratkan oleh ALAMI. Pendana dapat mengecek penyebabnya di halaman Verifikasi ataupun pada halaman Beranda.
Kenapa akun saya tidak dapat terverifikasi dengan alasan NPWP saya tidak aktif?
Jika akun Pendana belum bisa terverifikasi dengan alasan NPWP tidak aktif, maka hal tersebut disebabkan oleh sistem pihak ketiga dan ALAMI tidak dapat memverifikasikan data untuk proses pembuatan RDF. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian data dengan informasi CIF dan datang ke kantor cabang BNI yang sudah diinformasikan pada alasan penolakan.
Pada saat penyesuaian data, Pendana perlu membawa dokumen identitas, seperti KTP, NPWP dan buku tabungan BNI (jika ada) dan melakukan konfirmasi penyesuaian data NPWP/CIF. Setelah itu, minta dan simpan bukti bahwa data NPWP/CIF sudah diperbaharui, dan hubungi kembali Mina apabila penyesuaian NPWP sudah berhasil agar proses verifikasi data dapat diproses kembali.
Apakah data akun saya terjaga kerahasiannya?
Kerahasiaan dan keamanan data akan terjamin karena dalam operasional pengelolaan data pengguna di ALAMI sudah sesuai dengan ketentuan POJK 77/POJK.01/2016 tentang Kerahasiaan Data Nasabah
Saya tidak tidak bisa melanjutkan proses pengisian data ke tahap selanjutnya.
Jika Pendana tidak bisa melanjutkan proses pengisian data ke tahap selanjutnya, pastikan bahwa kolom data pada laman verifikasi sudah diisi dan seluruh data sudah sesuai. Apabila ada data yang belum diisi, maka Pendana tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Aplikasi ALAMI akan memberikan tanda apabila data sudah terisi secara lengkap.
Saya ingin registrasi dengan rekening BSI, namun tidak tersedia pilihannya.
ALAMI bekerja sama dengan BNI untuk pembentukan Rekening Dana Funder. Sementara proses integrasi ALAMI dengan BSI hingga saat ini masih berjalan, sehingga memang belum tersedia pilihan BSI secara langsung. Apabila Pendana memiliki rekening dari bank lain, silakan menggunakan rekening tersebut.