amalan di hari jumat
published 22/10/2021 - 3 Min Read

5 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Hari Jumat merupakan hari yang sangat dimuliakan dalam Islam. Di hari Jumat banyak sekali keistimewaan. Ada lima amalan di hari Jumat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Ini lantaran hari Jumat memiliki sejumlah keistimewaan. Hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan hari Jumat. 

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Berikut 7 amalan hari Jumat yang dianjurkan:

5 Amalan di Hari Jumat

1. Membersihkan Diri

Rasulullah SAW memberikan contoh untuk membersihkan diri dengan mandi untuk niat menunaikan Shalat Jumat (bagi laki-laki). Selain itu, Rasulullah juga mensunnahkan untuk memakai minyak wangi, memotong kuku dan memotong rambut. Hal tersebut menjadi amalan baik dilakukan sebelum Shalat Jumat.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa sahabat Rasulullah, Salman Al Farisi pernah bertanya:

Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari).

2. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan hari Jumat berikutnya membaca Surah Al Kahfi. Membaca surat ini bisa dilakukan pada malam atau siang hari pada Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

Selain itu dalam suatu hadis shahih yang diriwayatkan oleh Ad-Darimi disebutkan bahwa barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau malam Jumat makan akan disinari cahaya sampai ke Ka’bah. 

Hadisnya yang yang berbunyi seperti berikut,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ 

Artinya: “Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

3. Membaca Surat Yasin

Selain Surat Al Kahfi, membaca Surat Yasin pada hari Jumat menjadi amalan di hari Jumat yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud disebutkan bahwa barang siapa yang membaca surat Yasin maka akan dikabulkan segala permintaannya. 

4. Perbanyak Shalawat dan Zikir

Di hari Jumat juga diriwayatkan untuk membaca shalawat dan zikir. Membaca shalawat dan zikir berguna untuk bekal di akhirat. 

Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya salawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud).

5. Bersedekah

Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah.

Itulah 5 amalan yang baik dilaksanakan pada hari Jumat. Kamu bisa melaksanakannya satu dari lima yang telah disebutkan di atas agar kamu bisa mendapatkan Jumat berkah. 

Bagi kamu yang ingin mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi, ayo ikutan pendanaan di ALAMI peer to peer lending syariah. Dengan mengikuti pendanaan UMKM ini, keuanganmu bisa berkembang dan dikelola secara syariah. Nantinya, kamu bakal mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara hingga 14-16% p.a. Tunggu apa lagi segera download aplikasinya di Playstore atau Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments