published 26/08/2021 - 3 Min Read

5 Hal yang Harus Dilakukan dan Jangan Dilakukan untuk Memenuhi Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah salah satu tolok ukur keberhasilan suatu produk atau layanan yang diberikan kepada masyarakat. Artinya layanan atau produk yang dihasilkan dapat diterima baik tanpa ada komplain sedikit pun. Adanya frasa “pelanggan selalu benar” atau “pelanggan adalah raja” masih relevan terhadap suatu bisnis yang menghasilkan produk atau jasa. 

Penting bagi kamu yang memiliki usaha di bidang jasa atau pun menjual produk tertentu kepada masyarakat. Layanan jasa atau produk yang dijual harus bisa memenuhi aspek kepuasan pelanggan. Sebab, dengan melakukan hal ini layanan produk atau jasa yang kamu sediakan akan meningkatkan kepuasan tersendiri dan pelanggan akan terus loyal memakai jasa atau produkmu. 

Dilansir dari providesupport.com, di artikel ini kita akan membahas 10 hal mendasar yang harus dilakukan dan jangan dilakukan dalam suatu usaha atau bisnis yang akan mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa atau produk kamu. 

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Layanan Pelanggan

  1. Homati Pelanggan

Dalam setiap hubungan, baik pribadi maupun bisnis harus dimulai dengan rasa hormat. Membangun hubungan adalah membuat orang lain yang menjadi relasi kita merasa penting dan akan melakukannya dengan tulus. Layanan pelanggan adalah tentang membuat pelanggan merasa berharga dan penting. Setiap pelanggan layak mendapatkan perhatian penuh dan sikap sopan dan ramah yang kamu lakukan. Itulah cara termudah untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dan menghasilkan pengalaman sehat yang bertahan lama. 

  1. Jujur

Seperti pepatah lama, kejujuran adalah kebijakan terbaik. Ini tentu berlaku untuk layanan pelanggan yang baik. Hancurnya kepercayaan karena janji yang dirusak. Maka dari itu selalu kerjakan apa yang kamu janjikan kepada pelanggan. Terbukalah terkait harga, atau adanya tambahan biaya dalam pelayanan kamu. Tetapkan pula kebijakan pengembalian dan pengembalian uang. 

Jika ada barang dari produkmu yang harus dikirim melalui jasa pengiriman, lakukanlah secara tepat waktu. Tanggapi dan tindak lanjuti jika terdapat keluhan yang diterima dari pelanggan

  1. Tanggung Jawab

Profesionalisme dalam layanan pelanggan mengartikan bahwa kamu siap untuk bertanggung jawab atas masalah yang dihadapi pelanggan terhadap layanan jasa atau produk perusahaan. Minta maaf dan lakukan yang terbaik untuk memastikan masalah ini diperbaiki secepat dan semulus mungkin meski kesalahan bukan ada di tangan kamu sepenuhnya. 

  1. Selalu Menempatkan Posisi Kamu pada Posisi Pelanggan 

Pengalaman yang dirasakan sendiri saat menemukan layanan pelanggan yang tidak memuaskan, bisa membantu kamu untuk mengetahui apa yang akan dirasakan pelanggan jika menemukan hal yang sama. 

  1. Ungkapkan Rasa Terima Kasihmu

Kata-kata terima kasih akan membuat pelanggan merasa dihargai atas kesetiaan mereka terhadap barang atau jasa yang dijual. Mengucapkan “Terima Kasih” kepada orang-orang yang mendukung bisnis kamu tidak akan membutuhkan banyak usaha, tetapi itu pasti akan menunjukkan betapa bersyukurnya kamu bahwa mereka memilih produk atau layanan kamu. 

Setelah mengetahui 5 hal mendasar yang harus kamu lakukan pada saat menemui pelanggan, kini saatnya kamu melihat juga apa saja yang harus dihindari agar pelanggan tetap setia terhadap produk atau layanan jasa yang kita sediakan. 

5 Hal Mendasar yang Tak Boleh Dilakukan Terhadap Pelanggan

  1. Jangan Membuat Rumit Pelanggan

Jangan pernah meremehkan pengalaman pelanggan. Pelanggan saat ini jauh lebih canggih, berpengalaman, dan paham secara teknis, tetapi mereka masih berharap bahwa proses layanan yang kamu sediakan lebih mudah. Kamu perlu memastikan pelanggan kamu tetap memiliki akses mudah ke dukungan saat dibutuhkan. Tak perlu dikatakan bahwa layanan pelanggan kamu perlu menyertakan beberapa, jika tidak semua, alat yang tersedia saat ini, termasuk telepon, email, Obrolan Langsung, FAQ, layanan mandiri, saluran media sosial, dan banyak lagi.

  1. Jangan Cuek

Ketidakpedulian akan menghancurkan layanan terhadap pelanggan itu sendiri. Ini berarti kamu tidak peduli lagi terhadap permasalahan pelanggan. Tugas kamu sebagai penyedia layanan atau produk adalah menjadikan masalah pelanggan sebagai masalah kamu sendiri. 

  1. Jangan Jadikan Pelangganmu Sebatas Transaksi Saja

Jangan perlakukan orang yang datang untuk membeli barang atau jasamu sebagai transaksi satu kali, lakukan yang terbaik untuk membangun hubungan yang kuat dan tahan lama. Tunjukkan minat yang tulus dalam berbisnis dengan mereka dan tetap berhubungan untuk memelihara hubungan.

  1. Jangan Menghiraukan Masukan dari Pelanggan

Pastikan kamu mendengarkan pelanggan kamu, baiki itu sebuah masukan, apresiasi atau bahkan keluhan. Mereka adalah orang-orang yang ingin layanan jasa atau produk kamu bekerja lebih baik. Jadi biarkan mereka berbagi pendapat tentang pengalaman mereka dengan jasa layananmu atau produkmu. Tetap terbuka untuk segala jenis saran atau umpan balik yang mungkin mereka miliki. Biarkan mereka tahu bahwa kamu benar-benar peduli dengan apa yang mereka pikirkan dan harapkan dari kamu. 

  1. Jangan Takut dengan Komplain

Komplain dari pelanggan pasti akan ada dan tidak terhindarkan. Setiap keluhan atau komplain adalah kesempatan untuk memperbaiki masalah. Semakin banyak keluhan semakin banyak pula perhatian mereka terhadap produk kamu agar bisa lebih baik lagi. 

Itulah 10 hal yang harus dikerjakan dan dihindari untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau usaha yang memiliki pelanggan setia terhadap produk atau barang dan jasa dari bisnismu. Seperti halnya kamu yang sedang menjalankan bisnis dan ingin pelangganmu tetap setia menggunakan produk yang kamu hasilkan, ALAMI pun terus memberikan layanan terbaik bagi para fundernya. 

Selain itu, kini di ALAMI ada fitur kode voucher di setiap promo yang disediakan dalam waktu tertentu. Promo kode voucher ini nantinya para funder bisa mendapatkan bonus atau ujarah tambahan. Promo kode voucher ini sebagai bentuk apresiasi ALAMI terhadap para funder yang setia menggunakan ALAMI sebagai tempat pengembangan keuangannya. Terus pantau info-info terbaru mengenai voucher pendanaan di ALAMI. Dan segera update aplikasi ALAMI mobile app kamu di Play Store dan App Store.

Alif Dimaz Pralengga

Content Strategist

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments