Alami
published 27/08/2021 - 3 Min Read

ALAMI Raih Penghargaan ICAII 2021 Atas Inovasi di Hijra Bank

Alhamdulillah setelah mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari The Asset Triple A Islamic Finance Award 2021, sebagai Fintech Syariah Terbaik (Best Islamic P2P Financing – Global) dan juga Platform Fintech Pembiayaan Terbaik (Best Fintech Financing Platform – Indonesia), PT ALAMI Fintek Sharia juga meraih Penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021 dengan kategori Sustainability.

ALAMI berhasil mendapatkan penghargaan ini karena inovasi BPRS Hijra Alami Dengan Layanan Islamic Social Finance. Penghargaan ini diberikan pada Kamis 19 Agustus 2021. Dikutip dari IDX Channel, perhelatan ICAII tahun ini diikuti ratusan perusahaan baik perusahaan tercatat (listed) maupun tidak tercatat (non listed), dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perushaan swasta.

“Kami sangat senang menerima Penghargaan Apresiasi dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 untuk kategori Keberlanjutan untuk konsep Keuangan Sosial Syariah BPRS Hijra ALAMI kami,” kata Risyad Tri Setiaputra, Sustainibility Manager ALAMI pada saat menerima penghargaan ini.

“Kami percaya bahwa tujuan lembaga keuangan berbasis syariah adalah memfasilitasi pendistribusian kesejahteraan, berdampak sosial, dan mengurangi ketidaksetaraan di masyarakat. Inilah yang pada akhirnya ingin kami lakukan, dan kami telah bekerja untuk menemukan model yang akan berhasil,” lanjut Risyad.

Adapun yang menjadi dewan juri pada ICAII 2021 yakni Paneliti Strategi Strategi Transformasi dan Inovasi PPM Manajemen Dr.Wahyu T setyobudi, Dr. Asnan Furinto Lecturer of Doctor of Research in Management Universitas Bina Nusantara dan Profesor Roy Sembel, Profesor ekonomi keuangan IPMI International Business School. Selain itu bertindak selaku Dewan Juri Kehormatan yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Perhelatan ICAII tahun ini digelar untuk yang ketiga kalinya. Tahun ini penghargaan ICAII digelar dalam kondisi pandemi COVID-19. Animo perusahaan mengikuti ajang ICAII ini terus mengalami peningkatan meski di tengah kondisi pandemi Covid 19, tercatat sebanyak 100 nominator inovasi dari ratusan perusahaan yang turut serta dalam perhelatan ini. Proses penjurian dilaksanakan sejak Juni 2021.

Penghargaan ALAMI Atas Inovasi di Hijra Bank

Penghargaan yang diterima ALAMI dalam ajang ini berkat inovasi yang dilakukan ALAMI Group menjadikan salah satu BPRS yang ada di Jakarta terdigitalisasi. BPRS yang diakuisisi oleh ALAMI menjadi bank digital bernama Hijra Bank menghadirkan layanan perbankan digital khususnya untuk basis syariah.

Digitalisasi BPR dan BPRS ini sesuai dengan arahan dan tujuan dari OJK. Dikutip dari kompas.com, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya akan mendorong bank perkreditan rakyat (BPR) dan lembaga keuangan mikro untuk memasuki ekosistem digital.

“Kita akan masuk ke ekosistem daerah, terutama BPR dan lembaga keuangan mikro kita masukkan ke dalam platform digital,” katanya. 

Sementara itu, CEO ALAMI Group Dima Djani mengatakan, akuisisi BPRS menjadi Hijra Bank ini merupakan bagian dari memfasilitasi pengguna di ALAMI untuk melakukan transaksi dengan aman nyaman dan tanpa riba. 

“Kita alhamdulllah ada 70 ribu user. Mereka sudah nyaman dengan apps ALAMI mereka ingin bertransaksi transfer dan menabung, kita harus provide banking services kalau gini,” jelas Dima.

Dengan prinsip dan nilai-nilai syariah seperti yang telah disebutkan di atas, Dima yakin syariah dapat sejajar bahkan unggul dibandingkan dengan industri keuangan konvensional. Seperti pengalaman yang ada di ALAMI bahwa syariah itu tidak harus mahal, tetapi bisa memberikan dampak nyata bagi semua orang. 

Ingin jadi bagian perubahan bersama Hijra Bank?! Ayo ikut menjadi daftar tunggu calon pengguna aplikasi Hijra Bank. Caranya cukup masukkan nama dan email di hijra.id dan tunggu kabar selanjutnya untuk bisa mengakses aplikasi Hijra Bank. 

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments