Alami | Investasi Syariah
published 22/03/2021 - 4 Min Read

5 Alasan Investasi Syariah Jadi Pilihan Tepat untuk Kembangkan Finansial

Saat ini banyak dan beragam jenis investasi. Mulai dari saham hingga reksadana dari investasi konvensional hingga investasi syariah. Tujuannya adalah untuk memperoleh passive income. Jika kamu seorang pekerja kantoran yang menerima gaji setiap bulannya, tapi ingin mendapatkan penghasilan tambahan, investasi syariah merupakan salah satu cara untuk mencapai hal tersebut.

Namun, ada kabar yang lebih menggembirakan lagi nih buat kamu, yakni terkait investasi syariah. Ada apa dengan investasi syariah? Dikutip dari CNBCIndonesia.com, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ternyata saat ini investasi syariah sedang naik daun dan banyak diminati orang. Dari data BEI menyebutkan, jumlah saham syariah sejak 2011 telah naik 90,2% dari sebelumnya 237 saham menjadi 451 saham hingga 27 Oktober 2020 lalu.

Kemudian, OJK juga menyebutkan menyebutkan hingga 27 Oktober 2020 nilai kapitalisasi pasar saham syariah mencapai Rp 3.061,6 triliun. Nilai tersebut mencapai 51,4% dari total kapitalisasi saham yang ada di BEI.

Nah, dari informasi di atas, bagi kamu yang ingin berinvestasi dan mendapatkan passive income, investasi syariah adalah jawabannya. Ada 5 alasan utama untuk kamu mengembangkan uang kamu di investasi syariah. Berikut 5 alasan kenapa kamu harus memilih investasi syariah;

1. Investasi Syariah Halal

Investasi syariah menggunakan hukum dan syariat Islam dalam pelaksanaannya, yang artinya semua produk-produknya dijamin kehalalannya. Selain itu juga investasi yang selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga harus patuh terhadap fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ada badan tersendiri yang mengawasinya di bawah MUI, yaitu Dewan Syariah Nasional (DSN). Dengan adanya DSN-MUI sebagai pengawas, jadi sudah nggak diragukan lagi kehalalannya.

2. Investasi Syariah Bebas Riba atau Bunga

Dalam syariat Islam sudah tentu tidak ada yang namanya bunga atau riba. Sebab hal ini dilarang dalam ajaran syariat Islam. Praktik riba merupakan melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. Keuntungannya didasarkan pada bagi hasil yang telah ditentukan pada saat akad. Pembagian bagi hasil ini pun berdasarkan jumlah keuntungan yang diperoleh.  

Salah satu jenis investasi syariah ada yang namanya P2P Lending Syariah. P2P Lending Syariah ini sudah diatur dalam Fatwa DSN-MUI No: 1 17/DSN-MUI/II/2018 Tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah. 

Meskipun terdapat beberapa jenis akad, tapi dalam P2P Lending Syariah ini yang lebih sering digunakan adalah Wakalah Bil Ujrah. Wakalah Bil Ujrah adalah pelimpahan kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain untuk melakukan suatu aktivitas atas nama pemberi kuasa. Wakalah adalah akad dari pemberi kuasa (muwakkil) kepada penerima kuasa (wakil) sebagai wakilnya dalam bertindak. Penerima kuasa dapat menerima imbalan atas jasa mewakilkan suatu aktivitas dari pemberi kuasa.

Dalam praktik P2P Lending Syariah, calon penerima pendanaan ( beneficiary) yang memiliki bukti tagihan (invoice) dapat mengajukan pendanaan tersebut kepada penyelenggaran P2P Lending Syariah. 

Di ALAMI sendiri memakai akad Wakalah Bil Ujrah dalam pelaksanaannya. ALAMI akan menawarkan kepada calon Pendana (funder) untuk memberikan pembiayaan dengan akad wakalah bil ujrah disertai dengan dana talangan dengan akad qardh. 

Penerima pendanaan akan melimpahkan kuasa kepada penerima pendanaan sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan. Funder kemudian akan memberikan kuasa kepada ALAMI sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan dari penerima pembiayaan. Kemudian, penerima pembiayaann akan memberikan ujrah sebagai jasa pengelolaan kepada funder atau pendana atas jasa pengelolaan bukti tagihan tersebut. Dan atas jasa penggunaan platform ALAMI, penerima pembiayaan akan memberikan ujrah kepada ALAMI.

3. Investasi Syariah Minim Risiko

Di setiap investasi  selalu memiliki risiko yang berbeda-beda. Untuk investasi syariah sendiri relatif minim risiko. Investasi syariah ini rata-rata memperhitungkan unsur kekeluargaan untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi di kemudian hari. Selain itu, jika kamu menanamkan dana di investasi syariah, maka jangan khawatir, sebab bebas dari penipuan.  

Nah, bicara soal minim risiko, kini ada tempat yang tepat buat kamu untuk mengembangkan finansialmu tanpa harus ragu. Kembangkan finansialmu di ALAMI Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI memiliki teknologi yang menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik.

Selain itu, ALAMI Sharia kini masih menyandang predikat dengan persepsi baik. Sebab di ALAMI Sharia masih memiliki TKB90 100%. Artinya saat ini Tingkat Keberhasilan Bayar dalam jangka 90 hari mencapai 100 persen. Untuk lebih mengetahui tentang ALAMI silakan klik link ini!

4. Investasi Syariah Berdampak Secara Sosial

Selain mendapatkan keuntungan, investasi syariah juga memiliki tanggung jawab sosial juga. Sebab Investasi syariah hanya mendukung bisnis yang diperbolehkan saja oleh syariat Islam. Sehingga pengelolaan dananya pun hanya untuk usaha-usaha yang halal saja. Untuk usaha yang diharamkan dalam Islam seperti pabrik alkohol dan perjudian tidak dilayani oleh investasi syariah.

Di ALAMI sendiri, jika kamu menjadi pendana atau funder, maka secara tidak langsung kamu juga ikut membantu UMKM yang sedang membutuhkan pendanaan dalam usahanya. Apa keuntungan yang kamu dapat? Nantinya kamu bakal dapat ujrah atau imbalan dari hasil keuntungan usaha UMKM yang kamu ikut danai.

Dengan kata lain, kamu merupakan salah satu investor dari UMKM yang sedang mengembangkan usahanya. Sangat cocok bukan dengan impian kamu yang ingin memiliki tambahan penghasilan di luar gaji bulanan kamu atau disebut dengan passive income.

Daftar sekarang untuk menjadi funder di ALAMI dengan mengklik link ini. 

5. Investasi Syariah Transparan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa pengelolaan dana investasi syariah jauh dari penipuan. Manajemen pengelolaannya pun sangat transparan. Hal ini sesuai dengan hukum syariat Islam, di mana dalam ekonomi syariah suatu usaha dilarang mengandung unsur gharar. Gharar ini adalah sesuatu yang disembunyikan dan memiliki unsur ketidakpastian.

Itulah 5 alasan kenapa kamu harus pilih investasi syariah untuk mengembangkan uang kamu. Selain mendapatkan bagi hasil yang sesuai dengan syariat Islam, juga bisa bermanfaat bagi orang banyak. Semoga artikel ini bisa membantu kamu!

Jika kamu tertarik untuk ikut menjadi pendana atau funder di P2P Lending Syariah, yuk sekarang waktunya hijrah kegiatan finansialmu ke ALAMI. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

+2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments