gerakan sedekah
published 18/11/2021 - 5 Min Read

Berbagai Gerakan Sedekah yang Menggugah Ghirah

Sedekah merupakan istilah kata yang familiar di telinga kita sebagai umat Islam. Sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271. Banyak gerakan sedekah yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” 

Al-Baqarah ayat 271

Dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah yang Wajib Kamu Ketahui”, sudah dijelaskan apa itu sedekah. 

Sedekah menurut bahasa berasal dari kata shidqoh yang berarti benar. Para ulama menyebutkan orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya. Jadi sedekah adalah cara seseorang mewujudkan dan mencerminkan keimanannya. Sedekah tidak terbatas pada pemberian yang bersifat material saja, tetapi juga dapat berupa jasa yang bermanfaat bagi orang lain. 

Ada beberapa hadis yang menganjurkan tentang sedekah, di antaranya:

Sedekah sebagai amal yang tak terputus meski seseorang sudah meninggal dunia

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang salih”

HR. Muslim No. 1631

Tidak akan habis harta kita dengan bersedekah

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

HR. Muslim, No. 2588

Meski bersedekah tidak dibatasi waktu, namun ada pula beberapa jenis sedekah yang biasa dilakukan seseorang untuk menunjukkan rasa keimanannya. Oleh karena itu maka muncul beberapa gerakan sedekah, seperti gerakan sedekah subuh, sedekah jumat dan sedekah anak yatim. 

Gerakan Sedekah

  1. Sedekah Subuh

Apa itu Sedekah Subuh?

Subuh adalah waktu istimewa, di mana terjadi pergantian dari gelap menuju terang, dari malam menuju pagi. Subuh secara khusus sering diungkapkan dalam Al Qur’an, salah satunya At-Takwir ayat 18. 

“Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”.

Waktu subuh dianjurkan memperbanyak aktivitas dan amalan yang dapat menambah keberkahan, salah satunya adalah bersedekah. Sedekah subuh adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak.

Sedekah subuh termasuk sedekah yang terbaik. Terdapat beberapa alasan sedekah subuh menjadi sedekah terbaik. Pertama, setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat yang tugasnya mendoakan orang yang bersedekah di subuh hari, sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan yang satunya lagi berdoa “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan  Muslim).

Kedua, orang yang gemar bersedekah di subuh hari akan dilipatgandakan hartanya oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah Ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Selain mendapat ganjaran yang berlipat ganda, keistimewaan bagi orang yang rajin bersedekah terutama di waktu subuh, akan mendapat pahala yang banyak dari Allah SWT. Hal ini disebutkan Allah melalui Firman-Nya dalam Al-qur’an Surat Al Hadid Ayat 18, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Ketiga, orang yang bersedekah subuh akan dihapuskan dosa-dosanya oleh Allah SWT. Sebagai makhluk yang lemah, manusia senantiasa tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan, baik disadari maupun tanpa disadari. Tapi, Allah SWT mempunyai sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 

Allah SWT senantiasa memberikan kesempatan bertobat bagi makhluknya untuk menghapus dosa-dosanya, tentunya dengan cara-cara yang diridhai-Nya. Salah satu cara yang diridhai Allah SWT adalah dengan bersedekah. Hal ini dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (H.R. Tirmidzi).

Keempat, sedekah subuh dapat mengobati penyakit dan meredam murka Allah serta menolak kematian yang buruk. Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi mengatakan: 

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

  1. Sedekah Jumat

Hari Jumat menjadi hari yang spesial dan banyak sekali kebaikan-kebaikannya. Terlebih untuk umat Islam karena di hari Jum’at banyak sekali keberkahan yang dilimpahkan. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk senantiasa memperbanyak amalan dan ibadah pada hari Jum’at ini. Termasuk salah satunya adalah sedekah di hari Jumat.

Bersedekah di hari Jum’at punya keistimewaan yang luar biasa, terlebih bagi orang-orang yang mengeluarkan harta atau apapun yang dicintainya untuk disedekahkan. Terdapat keutamaan sedekah Jumat.

  1. Membuka Pintu Rezeki

Sebagian orang ada yang merasa bahwa dirinya tidak perlu sedekah karena tidak punya harta. Atau bahkan, ada juga orang yang enggan sedekah karena takut hartanya habis. Padahal sedekah inilah yang sebetulnya bisa membuka semua pinta rezeki.

Orang yang asalnya tidak punya apa-apa, tapi dia dengan ikhlas bersedekah, maka akan Allah cukupkan segala kebutuhannya. Bahkan mendatangkan rezeki dari pintu mana saja yang tidak pernah diduga olehnya saat sebelum-sebelumnya.

Dalam hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yang berorientasi pada kehidupan akhirat termasuk membelanjakan hartanya untuk sedekah maka kekayaan dunia dan akhirat akan didapatkannya. Namun, sebaliknya jika orang yang takut hartanya habis karena sedekah maka Allah akan menjadikannya miskin.

Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebaliknya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.”

(HR. At Tirmidzi)
  1. Sedekah di Hari Jumat Termasuk Amalan Shaleh

Dalam salah satu riwayat hadis disebutkan, bahwa Rasulullah pernah bersabda menganjurkan untuk perbanyak shalawat di hari Jum’at karena termasuk pada hari yang paling afdhal. Meskipun begitu, sedekah pun termasuk pada amalan sholeh yang seharusnya pun diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jum’at.

Pada dasarnya, sedekah adalah sebuah kegiatan yang baik dan bagus dilakukan. Bahkan merupakan amalan yang paling dicintai Allah. Sementara, hari Jum’at adalah hari terbaik jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Jika amalan yang dicintai oleh Allah ini dilakukan pada hari yang paling baik, tentu syafaat dan ganjaran kebaikannya pun akan lebih tinggi. Tak heran jika sedekah di hari Jum’at dinilai menjadi amalan sholeh yang sangat dianjurkan.

  1. Sunnah Rasul

Menjalankan sunnah Rasulullah tentunya akan membawa kebaikan dan memberikan pahala bagi siapa saja yang menjalankan. Begitu pun dengan melakukan sedekah yang tidak lain sudah disunnahkah. Apalagi jika dilakukannya pada hari Jum’at yang istimewa dan penuh kebaikan.

Dengan begitu, ada kebaikan dan pahala sunnah ketika kita mau bersedekah di hari Jum’at dengan ikhlas dan semata-mata mengharapkan keridhaan serta kebaikan dari Allah SWT.

Dari beberapa keutamaan bersedekah yang dilakukan di hari Jumat ini, tentu semakin membuktikan bahwasannya sedekah menjadi salah satu aktivitas terbaik. Tidak harus menunggu kaya untuk bersedekah, karena kita akan dibuat kaya dengan rajin bersedekah. Tidak perlu menunggu baik untuk bersedekah, karena dengan sedekahlah kita akan dibawa pada kebaikan yang berlipat dari Allah SWT. Jadi, sudahkah kamu bersedekah hari ini?

Memperbanyak sedekah merupakan bagian dari jalan hijrahmu. Hijrahkan juga urusan finansialmu ke tempat yang lebih baik dan penuh berkah. Kini hadir Hijra Bank, solusi keuanganmu untuk mendapatkan keberkahan di setiap transaksinya. Hijra Bank telah didukung dengan teknologi canggih sehingga dapat memudahkan transaksimu setiap hari. 

Hijra Bank, tanpa riba tanpa ribet membawamu ke jalan hijrah finansial yang lebih berkah. Yuk, daftarkan dirimu ke dalam daftar tunggu akun Hijra Bank yang sebentar lagi akan dirilis! Klik link berikut ini http://bit.ly/WL-Hijra 

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments