digital marketing
published 02/11/2021 - 5 Min Read

Apa Itu Digital Marketing? Kenali Skill Ini Sekarang!

Di era serba digital, istilah digital marketing cukup dikenali publik, terutama kalangan pebisnis zaman sekarang. Misalnya, kamu pernah melihat sebuah produk perusahaan yang melakukan kampanye online, baik itu melalui website, blog atau media sosial? 

Kegiatan tersebut disebut dengan digital marketing. Hampir semua perusahaan di dunia menggunakan strategi pemasaran ini. Alasannya, cara ini lebih cepat, lebih mudah, dan lebih luas menjangkau konsumen.

Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau miliaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya. Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas marketing pemasaran kini tidak lagi bersifat satu arah.

Pengertian Digital Marketing

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Saat ini semua lini bisnis menggunakan trend digital marketing sebagai sarana untuk mengenalkan produknya. 

Menurut beberapa ahli seperti Coviello, Milley and Marcolin, dalam bukunya Understanding IT-enabled interactivity in Contemporary Marketing, digital marketing adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

Secara umum digital marketing adalah upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik berbasis internet dengan beragam taktik pemasaran dan media digital di mana kamu dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online demi menjangkau pasar yang lebih luas.

Penerapan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

Penggunaan digital marketing dalam bisnis dinilai bisa ikut meningkatkan performa dan penghasilan bisnis kamu. Selain berpengaruh pada meningkatnya bisnis usaha, penggunaan digital marketing adalah salah satu cara untuk pengenalan usaha atau perusahaan UMKM kepada orang banyak. Semakin dikenal usaha perusahaanmu, maka akan berdampak juga pada kinerja usaha yang sedang dijalankan. 

Berikut ini 7 jenis penerapan digital marketing:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization selalu digunakan perusahaan agar mudah ditemukan oleh pelanggan. SEO adalah upaya agar website perusahaan berada di halaman pertama di mesin pencari google berdasarkan kata kunci atau keyword yang menjadi target. Penggunaan SEO ini memperkuat keyword yang menjadi bagian dari jenis usaha atau nama perusahaan kamu secara organik di mesin pencarian Google. 

2. Search Engine Marketing (SEM)

Berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing adalah teknik pemasaran berbayar agar lebih cepat untuk berada di posisi teratas pencarian Google. Keberadaan SEM dapat ditandai dengan adanya tulisan ‘Ad’ dalam halaman pencarian Google.

3. Social Media Marketing

Teknik pemasaran media sosial digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Saat ini terdapat beberapa platform yang mendukung digital marketing di media sosial seperti, seperti Instagram, Linkedin, Facebook, Twitter, dan lainnya. Penggunaan media sosial ini paling banyak digemari karena tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar.

4. Social Media Ads

Social media ads adalah kegiatan digital marketing berbayar dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook Ad, Instagram Ad, Linkedin Ad, Tiktok, dan lain sebagainya.

5. Content Marketing

Content Marketing merupakan cara penjualan suatu produk dari usahamu dengan memanfaatkan konten digital sebagai sarana pemasaran. Pemanfaatan content marketing ini membuat calon konsumen kamu tidak sadar bahwa konten yang sedang kamu tayangkan merupakan konten promosi. 

Penyampaian marketing content dilakukan dengan cara yang unik, menghibur, menarik, dan dikemas dalam bentuk artikel, foto, video, dan lain sebagainya. Content marketing tersebut didistribusikan melalui mesin pencari, website, media sosial, atau lain sebagainya.

6. Email Marketing

Email Marketing adalah salah satu penerapan digital marketing untuk mempertahankan pelanggan melalui surel agar selalu loyal pada produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan. Langkah kerja email marketing adalah dengan selalu memberikan informasi terbaru melalui surat elektronik mengenai promosi, produk, dan jasa yang diberikan oleh perusahaan.

7. Youtube (video) Marketing

Teknik digital marketing ini biasanya dilakukan melalui media digital Youtube. Pemasaran jenis ini dapat dilakukan digital marketer atau pun perusahaan untuk memasarkan produknya. Jadi siapa pun bisa memasang iklan di Youtube. Pemasaran secara online yang dilakukan melalui Youtube ini memiliki dua jenis, yaitu video hard-selling dan soft-selling.

Macam-macam Kursus Pelatihan Digital Marketing

Semakin berkembangnya digital marketing, perusahaan-perusahaan pun membutuhkan sumber daya yang mampu bekerja di bidang tersebut. Mengingat ada banyak channel pemasaran dalam digital marketing, maka banyak yang menonjolkan kemampuan di salah satu channel tersebut..

Banyaknya pilihan, terkadang malah membuat kamu menjadi sulit menjatuhkan keputusan. Berikut ini beberapa informasi tentang jenis kelas digital marketing yang banyak dicari orang. 

Kelas Content Marketing

Kelas content marketing akan mengajarkan tentang dunia konten secara lengkap. Mulai dari pembelajaran membuat observasi masalah, perencanaan konten, sampai bagaimana cara membuat konten yang memancing interaksi dari audiens.

Kelas content marketing juga sedikit banyak akan menyinggung sosial media, advertising, dan SEO. Namun kelas ini hanya akan membahas bentuk konten yang cocok untuk channel tersebut, dan tidak membahas teknisnya (seperti algoritma dan strategi bidding).

Training Facebook Ads dan Instagram Ads

Semua bisa memasang facebook ads dan instagram ads. Tapi tidak semua orang bisa memasang dan mengoptimasinya dengan tepat. Karena itu ada kelas khusus untuk Facebook Ads dan Instagram Ads. Mulai dari tips membuat iklan yang tepat untuk target audience, sampai menyusun daftar targeting yang sesuai dengan profil iklan dan bisnis.

Di sini kamu tidak akan belajar tentang sosial media, sehingga jika anda ingin belajar tentang detail sosial medianya ada kelas lain untuk itu.

Kelas Social Media

Jika kamu memilih untuk mengembangkan sosial media secara organik, maka kamu bisa mengikuti kelas ini. Ada beberapa penyedia kursus yang mendiversifikasi kelas sosial medianya menjadi masing-masing platform. Instagram, LinkedIn, YouTube, Facebook, TIkTok, semuanya dibahas sendiri-sendiri.

Di kelas Social Media ini kamu akan belajar mulai dari pengenalan algoritma, jenis konten, metode marketing, sampai optimasi profil. Setiap sosial media memiliki keunikan dan fungsi sendiri-sendiri, sangat disarankan untuk fokus ke satu channel terlebih dahulu, baru kemudian melebarkan sayap ke platform lain.

Kelas Inbound Marketing

Inbound marketing akan membahas tentang bagaimana cara melakukan pemasaran tanpa melakukan kegiatan pemasaran secara eksplisit. Inbound marketing sendiri merupakan jantung utama dalam digital marketing. Kebanyakan digital marketing berjalan di dalam platform yang memiliki tujuan utama untuk sharing, sehingga memang bukan hakikatnya untuk melakukan promosi di sana. Di kelas inilah kamu akan banyak belajar tentang bagaimana caranya menjual secara halus (soft-selling).

Kelas Google Marketing Platform (Google Ads, Google Analytics, Google Tag Manager)

Google merupakan salah satu raksasa dunia yang menjadi kiblat dari dunia digital marketing. Di kelas ini, anda akan mempelajari bagaimana produk dan layanan Google bisa membantu perkembangan bisnis anda.

Pelajaran yang esensial, seperti Google Ads, Google Analytics, Google Search Console, Google My Business, dan Google Tag Manager akan diberikan di sini. Ada juga versi enterprise yang menawarkan kelas yang lebih advanced seperti Google 360, namun tentunya hanya bisa kamu dapatkan di vendor yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih mahal juga.

Kelas SEO

Jika website merupakan kekuatan utama dalam strategi digital marketing kamu, maka kelas SEO adalah salah satu kelas yang wajib anda ambil. Di sini anda akan mempelajari bagaimana cara meningkatkan posisi website di halaman pencarian Google. Di kelas SEO akan membahas beberapa produk Google yang memiliki keterkaitan dengan SEO, seperti Google My Business dan Google Analytics.

Itulah pengenalan digital marketing secara singkat. Mulai dari pengertian, jenis dan penerapannya hingga kelas-kelas kursus terkait digital marketing. Untuk kamu yang akan merambah dunia digital marketing tak ada salahnya untuk ikut salah satu dari keahlian yang telah disebutkan di atas.

Ayo ikuti pendanaan di ALAMI untuk mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi. Pendanaan di ALAMI dilakukan sepenuhnya dengan prinsip syariah. Dengan mengikuti pendanaan UMKM ini, keuanganmu bisa berkembang dan dikelola secara syariah. Nantinya, kamu bakal mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara hingga 14-16% p.a. Tunggu apa lagi segera download aplikasinya di Playstore atau Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments