whatsapp business
published 18/10/2021 - 4 Min Read

Toko Onlinemu Belum Pakai Whatsapp Business? Yuk Beralih dari Akun Pribadi!

Platform jualan online tak hanya melalui media sosial atau ecommerce lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan platform chat seperti Whatsapp untuk mempromosikan jualan kamu. Namanya whatsapp business. Dari segi user interface (UI) dan user experience (UX) tak jauh berbeda dengan tampilan Whatsapp pada biasanya. 

WhatsApp bisnis adalah aplikasi pesan online yang ditujukan untuk para pemilik usaha dalam berjualan atau menawarkan jasanya. Aplikasi Bisnis dapat memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Aplikasi ini cocok untuk bisnis skala kecil, menengah, hingga besar. 

WhatsApp Business dapat diunduh yang tersedia pada Android dan iPhone, dan didesain untuk pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengotomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat. Aplikasi ini juga didesain seperti dan berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang Anda biasa lakukan, mulai dari perpesanan hingga mengirim foto.

Perbedaan Fitur dengan Whatsapp Biasa

Banyak yang tidak mengetahui mengenai perbedaan Whatsapp business dengan Whatsapp biasa. Di bawah ini adalah perbedaan dari keduanya, yaitu:

  1. Salah satu perbedaan paling terlihat di antara keduanya ketika membicarakan soal logonya adalah untuk WA biasa itu logonya berupa gambar telepon. Sedangkan versi business logonya ada huruf B namun latarnya sama.
  2. Bila melihat dari halaman profilnya, maka keduanya juga tidak sama. Karena WhatsApp Business itu profilnya berisi informasi jenis usaha (shopping retail), sedangkan whatsapp  versi biasa tidak ada informasi bisnis. 
  3. Warna latar versi biasa itu standarnya hijau tua. Sehingga memberikan ciri khas tersendiri. Sedangkan bisnis itu warnanya biru tua ke abu-abuan. Jadi ini lebih mudah membedakan keduanya saat melihat warnanya.
  4. Di bagian menu pengaturannya, versi bisnis itu terdapat pengaturan lokasi bisnis, alamat email, jam operasional, dan alamat websitenya. Sedangkan versi biasa tidak ada pengaturan seperti ini sehingga lebih sederhana sekali.

Itulah 4 perbedaan antara whatsapp biasa dengan whatsapp business. Setelah melihat perbedaannya, rupanya whatsapp business cukup membantu para pelaku usaha untuk menunjang kebutuhannya. 

Aplikasi whatsapp business memiliki fitur yang akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kamu bisa membalas pesan secara otomatis, menyortir pesan dan dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Selain itu kamu juga bisa mengunduh aplikasinya untuk android di Playstore dan iOS di Appstore. 

Cara Download Whatsapp Business

Sebelum kamu mengunduh aplikasi whatsapp business, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini: 

  • Jika kamu sudah memiliki akun whatsapp messenger, kamu bisa dengan mudah untuk memindahkan akun itu, termasuk riwayat chat dan media ke akun whatsapp business kamu yang baru
  • Riwayat chat kamu tidak bisa dipindahkan lagi ke whatsapp messenger, jika kamu berhenti menggunakan akun whatsapp business
  • Kamu bisa menggunakan akun whatsapp business dan whatsapp messenger secara bersamaan, asalkan kamu memakai nomor yang berbeda. Karena tidak akan mungkin bisa memakai satu nomor telepon ke dua aplikasi pada waktu yang bersamaan. 

Cara membuat akun whatsapp business

  • Kamu bisa buka aplikasi Playstore atau App Store, kemudian ketik whatsapp business di kolom pencarian. Lalu kamu bisa langsung klik tulisan unduh dalam aplikasi tersebut, kemudian install dan akan terpasang otomatis.
  • Setelah aplikasi terinstal, kamu bisa masuk ke aplikasi whatsapp business dan kamu diharuskan untuk mendaftar dengan menggunakan nomor telepon yang aktif agar memudahkan kamu untuk proses verifikasi akun. Selain itu juga, nomor khusus yang kamu gunakan akan menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis akan tercampur sehingga kamu juga tidak akan bingung nantinya
  • Selanjutnya, kamu tinggal melengkapi profil bisnis yang sedang kamu jalani. Kamu bisa mencantumkan informasi bisni, seperti nama bisnis, alamat bisnis, detail kontak, email dan website bisnis yang sedang kamu jalani. 
  • Terakhir kamu juga bisa mengatur menu balas chat secara otomatis, fitur ini akan memudahkan kamu untuk membalas pesan di luar jam kerja.

Cara Setting Whatsapp Business untuk Jualan 

Setelah kamu mengunduh dan menginstal aplikasi whatsapp business di smartphone, saatnya untuk mengatur WhatsApp Business untuk jualan. Kamu harus membuat profil bisnis kamu atau jualan usaha yang kamu miliki. 

Selanjutnya, atur waktu pembukaan. Bagian setting ini adalah salah satu perbedaan utama yang akan kamu dari aplikasi whatsapp biasa.  Di sini, kamu bisa setup: 

1. Opening hours bisnis kamu 

2. Welcome message yang akan dikirim setelah pesan pertama pelanggan diterima 

3. Pesan ketidakhadiran, dikirim saat dihubungi di luar jam buka 

4. Jawaban cepat yang memungkinkan kamu menjawab pertanyaan umum pengguna dengan cepat 

Langkah selanjutnya iklankan bisnis kamu secara online dan offline di Whatsapp. Pada titik ini, kamu harus memastikan klien menemukan bisnis kalian. Kamu harus memberikan nomor telepon kamu kepada pelanggan agar mereka dapat menghubungi kamu. 

Kamu bisa melakukannya di toko fisik dengan mencetak nomor pada tanda terima. Sementara secara online kamu bisa mengiklankannya dari My Business account, halaman Facebook, dan lain-lain.  

Langkah selanjutnya, kelola incoming chat dan mulai berjualan setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas. Kamu akhirnya bisa memulai chatting dengan user dan menjual produk atau layanan. Berdasarkan sifat produk dan layanan, kamu dapat menggunakan saluran komunikasi ini untuk memandu kontak menuju pembelian dan, mengapa tidak, mendukung mereka dalam fase pasca-penjualan.

Itulah informasi mengenai bagaimana cara membuat dan mengatur akun whatsapp business untuk bisnismu. Yuk, mulai promosikan usahamu melalui whatsapp business untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. 

Jangan lupa juga untuk meningkatkan dan mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi. Kembangkan keuanganmu bersama ALAMI peer to peer lending syariah. Dengan mengikuti pendanaan UMKM di ALAMI, keuanganmu bisa berkembang dan dikelola secara syariah. Nantinya, kamu bakal mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara hingga 14-16% p.a. Tunggu apa lagi segera download aplikasinya di Playstore atau Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments