channel youtube belajar investasi
published 03/09/2021 - 4 Min Read

10 Rekomendasi Channel Youtube Belajar Investasi

Belajar dan memulai investasi saat ini seperti menjadi suatu keharusan jika kita tak ingin hidup serba kekurangan di masa depan. Berinvestasi dimulai dari sekarang adalah untuk mengamankan kekayaan yang saat ini kita miliki agar nilainya bisa bertambah di masa depan. Sebab, seiring berjalannya waktu inflasi bisa saja terjadi, dan nilai sebuah barang pada zaman sekarang tidak akan sama pada masa yang akan datang. Oleh karena itu penting sekali untuk memahami, belajar dan sekaligus mempraktekannya.

Untuk belajar investasi kamu tak harus kuliah atau mengambil jurusan bisnis atau pun ekonomi. Kamu yang berlatar belakang pendidikan apa pun bisa belajar investasi dengan cepat dan mudah. Apalagi saat ini ditunjang dengan kemudahan teknologi, berbagai informasi bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja. Salah satu belajar investasi yang paling mudah adalah dengan menyimak channel youtube belajar investasi

Channel youtube belajar investasi ini disajikan oleh para influencer-influencer di bidang keuangan dan investasi yang sudah berpengalaman. Ditambah umur mereka yang masih relatif muda, milenial sehingga bahasa yang disampaikannya pun akan mudah dipahami. Tak perlu banyak bicara lagi, inilah 7 rekomendasi channel youtube belajar invesasi buat kamu:

Channel Youtube Belajar Investasi

  1. Felicia Putri Tjiasaka

Felicia Putri Tjiasaka merupakan seorang influencer keuangan yang melabeli dirinya sebagai investment storyteller. Perempuan 25 tahun ini mampu menyampaikan ilmu investasi di video-videonya dengan cara bercerita. Ia mengaku ingin membuat pembahasan mengenai investasi yang menurut kebanyakan orang tampak membosankan menjadi sesuatu yang menarik.

Dalam channel youtubenya, Felicia banyak membahas berbagai macam instrumen investasi, mulai dari deposito, reksadana, emas, saham, obligasi, P2P lending, sampai investasi pada mata uang kripto. Ia juga berbagi tentang cara meningkatkan penghasilan, cara mendapatkan Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar pertama, juga tentang cerita asuransi. 

Bagi kamu yang ingin belajar dan memulai berinvestasi, kamu bisa tonton video-videonya di channel youtubenya. 

  1. Teguh Hidayat

Teguh Hidayat adalah seorang value investor. Ia mulai terjun ke pasar modal sejak tahun 2009 dengan menjadi analis saham pada sebuah perusahaan. Channel Youtube Belajar investasi milik Teguh Hidayat cocok buat kamu yang sudah paham dasar mengenai saham dan ingin belajar lebih dalam lagi. Video-videonya membahas tentang cara membaca laporan keuangan, analisis fundamental, prospek berbagai macam saham, dan lain-lain.

  1. Raditya Dika

Siapa yang tak kenal dengan Raditya Dika, sosok penulis, komika dan sutradara film ini juga ternyata sering bercerita dan membagikan tips-tipsnya dalam investasi di channel youtubenya. 

Tak banyak yang tahu bahwa Bang Radit — panggilan akrab Raditya Dika ini pernah belajar tentang keuangan di Adelaide University, Australia. Di dalam channel youtube belajar investasi milik Bang Radit juga sering berkolaborasi dengan financial plannernya dalam membahas berbagai macam tips investasi. Terbukti dengan kontennya yang berjudul “15 Tips Ngatur Duit Ala Raditya Dika” telah ditonton sebanyak 1 juta kali. 

  1. Diskusi Investasi

Channel youtube belajar investasi yang satu ini, pembahasannya tidak hanya terfokus pada saham saja. Ada pula pembahasan mengenai reksa dana, deposito, dan cryptocurrency. Diskusi investasi juga menyediakan satu segmen khusus bernama ‘Curhat Investasi’ untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan netizen yang masuk ke DM Instagram mereka. 

  1. Doddy Bicara Investasi 

Salah satu video di channel youtube belajar investasi ini berkisah tentang Doddy Prayogo, pemilik channel youtube ini, jatuh bangunnya dia dalam berinvestasi sejak 2013 lalu. Doddy yang berprofesi sebagai dosen ini pun kini rajin membagikan tips, dan kisah inspiratif investasinya ke dalam channel youtube yang ia miliki. 

Saat ini channel youtube Doddy Bicara Investasi sudah memiliki 30 ribu subscriber, dan Doddy pun aktif menginvestasikan uangnya ke berbagai instrumen investasi seperti saham, reksadana, dan peer to peer lending. 

  1. Female Investor Indonesia

Channel youtube ini mengajak para kaum perempuan di Indonesia untuk ikut juga dalam berinvestasi. Sehingga investasi bukan saja dimiliki kaum Adam saja. Channel YouTube ini, mengulas banyak hal terkait investasi saham secara rinci.

Tidak hanya itu, informasi juga diberikan dengan konsep yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu selaku penonton tidak akan merasa bosan, atau terbebani dengan informasi-informasi yang diberikan. Justru sebaliknya, kamu akan ketagihan belajar investasi saham di channel ini. “Happy Learning, Happy Investing” adalah slogan yang mereka gunakan.

  1. Ryan Scribner

Channel yang menggunakan bahasa Inggris dalam penyampaiannya ini, banyak mengulas tentang produktivitas dan mindset yang dibutuhkan dalam berinvestasi. Di channel ini Ryan Scribner juga mengajarkan para penontonnya untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan imbal tanpa investasi besar setiap bulannya. Saat ini Ryan Scribner memiliki subscribers cukup banyak, yakni 731 ribu.

  1. Kefas Evander

Kefas Evander adalah salah satu influencer dengan konten-kontennya yang banyak mengulas tentang analisis fundamental dari berbagai saham. Tidak hanya itu, Kefas Evander juga seringkali membahas tentang strategi, tips, kunci sukses dalam investasi saham, elemen-elemen untuk merdeka finansial, reksa dana, hingga cara mengatur keuangan.

  1. D’Gold Father

Channel YouTube ini mungkin sedikit berbeda dengan channel lainnya. Channel ini berfokus pada investasi emas. Channel ini pun membawakan informasi terkait investasi emas, dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Jika kamu menonton channel ini, maka kamu bisa mendapat banyak informasi, mulai dari berbagai jenis emas, teknik jual beli emas, hingga ilmu untuk berbisnis emas dengan baik dan menguntungkan.

  1. Rivan Kurniawan

Dalam channel Rivan Kurniawan banyak membagikan konten tentang saham, seperti apa itu IPO, cara membeli saham, daftar kesalahan yang sering terjadi pada investor pemula, bedah berbagai emiten, dan lain sebagainya.

Rivan juga adalah salah seorang investor saham yang menggunakan metode value investing, dan sudah bermain investasi sejak 2008, maka tak heran apabila ia dianggap sebagai seorang yang ahli dibidang investasi. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Raditya Dika membahas informasi terkait saham dan investasi pada umumnya. 

Itulah rekomendasi 10 channel YouTube belajar investasi yang dapat kamu ikuti. Semuanya berpengalaman dan memiliki kapasitas ilmu tentang investasi yang mumpuni. Jika sudah belajar investasi, maka mulai cobalah untuk mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi. Salah satunya adalah dengan ikut pendanaan di ALAMI, peer to peer lending syariah. 

Di ALAMI uangmu akan dikembangkan melalui pendanaan UKM di Indonesia yang sedang berkembang. Nantinya kamu bakal dapat imbal jasa setara hingga 14% -16% p.a. Jangan tunda lagi untuk kembangkan uangmu di ALAMI melalui mobile app. Aplikasinya sudah ada di Playstore dan Appstore

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
adilah
adilah
16 days ago

waah nice info ALAMI, thank you!:)