contoh proposal usaha
published 03/11/2021 - 3 Min Read

Contoh Proposal Usaha Untuk Panduan Memulai Bisnis

Proposal usaha merupakan salah satu langkah awal untuk memulai sebuah bisnis pribadi atau secara berkelompok. Proposal usaha ini digunakan untuk menawarkan jenis usaha yang akan dijalankan kepada calon investor. Proposal usaha digunakan jika kamu ingin membuka sebuah usaha atau bisnis tapi terkendala dengan permodalan. 

Maka dari itu, modal awal kamu bisa dapatkan dari para investor yang akan mendanai usaha kamu. Untuk mendapatkan pendanaan investor tersebut diperlukan proposal usaha. Agar para investor tertarik dengan rencana usahamu, maka diperlukan proposal usaha yang dapat menarik simpati para investor. 

Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat proposal usaha yang menarik di mata investor, dan apa saja jenis proposal usaha lazim digunakan oleh calon pengusaha UMKM agar mendapatkan permodalan. 

Pengertian dan Tujuan Proposal Usaha

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai contoh proposal usaha lengkap, ada baiknya kita mengetahui pengertian proposal usaha terlebih dahulu.Proposal usaha adalah dokumen yang digunakan untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh pengusaha.

Bentuk dari proposal usaha berupa sebuah dokumen tertulis yang didalamnya menggambarkan seluruh unsur suatu usaha yang baru, baik itu internal maupun eksternal. Selanjutnya dalam menyusun suatu proposal usaha, tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu juga memperhatikan tujuan yang realistis, komitmen, waktu dan usaha keras.

Lebih lanjut, tuliskan juga manfaat dan tujuan proposal usaha seperti:

  • Mengembangkan suatu usaha
  • Sebagai pembanding antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin dicapai.
  • Untuk menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
  • Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan gambaran usaha.
  • Membantu untuk berpikiran kritis dan objektif.
  • Sebagai bahan untuk memahami persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial.
  • Untuk memperjelas keberadaan sumber-sumber dana dalam mengelola usaha.

Dengan banyaknya tujuan dan manfaat dari proposal usaha tentunya akan sangat menguntungkan. Apalagi dalam penyusunannya, format proposal usaha tidak memiliki bentuk yang baku.

Cara Membuat Contoh Proposal Usaha

Setiap usaha memiliki target tujuan dan analisis yang berbeda-beda. Masing-masing bisnis atau usaha juga memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut ini contoh sederhana dan gambaran proposal usaha lengkap yang bisa teman-teman jadi referensi.

Buat kamu yang sedang merintis usaha makanan ada baiknya membuat proposal usaha makanan terlebih dahulu. Dengan membuat contoh proposal usaha makanan maka secara tidak langsung teman-teman sudah bisa membuat simulasi penjualan maupun target yang akan dituju.

Sertakan judul dalam proposal. Misalkan kamu akan membuka usaha makanan seperti burger, atau pun kebab. Jadikan jenis usahamu sebagai judul proposalmu, misalnya Judul Proposal Usaha: Usaha Burger (nama brandmu), atau Judul Proposal Usaha: Kebab (nama brandmu).

Di bagian selanjutnya sertakan juga ringkasan mengenai bisnis kamu. Mulai dari konsep bisnis, tim dan manajemen. Jangan lupa jelaskan juga gambaran usaha yang akan kamu jalankan nanti. Gambaran usaha ini bisa berupa deskripsi singkat produk, strategi marketing atau pemasaran, strategi produk, strategi harga hingga strategi promosi. 

Jelaskan juga target pasar brand atau produk yang kamu jual. Target pasar anak muda kah? Atau target kelas masyarakat menengah ke atas atau sebaliknya? Dan yang terakhir, analisis persaingan. Ingat!, bahwa kamu bukan pemain sendirian dalam jenis usaha ini. 

Jika memiliki persaingan usaha, analisis kompetitor, mulai dari lokasi jualan mereka di mana saja, apa saja kelebihan produkmu dibandingkan kompetitor. Jika produk kamu yang akan dijual masih di bawah kualitas pesaing, bisa jadi bahan evaluasi untuk meningkatkan produkmu. 

Selain itu dalma proposal usaha kamu dibutuhkan analisis rencana keuangan yang tepat. Hal ini agar tidak terjadi ketimpangan antara modal dan juga pendapatan. Dengan demikian, hasil atau profit yang didapat dibagi menjadi 3, yakni sebagai kas usaha, membayar cicilan bank, baru kemudian  dialokasikan kepada setiap owner sesuai modal.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara pembuatan contoh proposal usaha. Semoga bisa membantumu dalam membuat proposal usaha dengan benar. 

Bagi kamu yang ingin mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi, ayo ikutan pendanaan di ALAMI peer to peer lending syariah. Dengan mengikuti pendanaan UMKM ini, keuanganmu bisa berkembang dan dikelola secara syariah. Nantinya, kamu bakal mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara hingga 14-16% p.a. Tunggu apa lagi segera download aplikasinya di Playstore atau Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments