ALAMI Fest | Ekonomi Syariah
published 07/04/2021 - 3 Min Read

Bicara Masa Depan Ekonomi Syariah di ALAMI Fest Bareng Ekonom Senior Aviliani

Pada 16 -17 April 2021 nanti ALAMI akan menggelar acara ALAMI Fest 2021 dengan diisi 8 sesi webinar. ALAMI Fest digelar sebagai bagian menyambut bulan suci Ramadhan, dengan tema besar The Goodness of Sharia Values atau kebaikan dari nilai-nilai syariah. Kebaikan nilai-nilai syariah ini tak terbatas pada kegiatan keagamaan saja, tapi masuk ke semua aspek termasuk kegiatan perekonomian atau ekonomi syariah.

Dengan nilai-nilai syariah bagaimana perekonomian bisa bergerak dan mempertahankan prinsip keadilan. Maka dari itu di sesi pertama webinar ALAMI Fest 2021 akan membahas tentang ekonomi syariah secara garis besar, dan bagaimana nanti perkembangannya di Indonesia.

Sesi ini akan dibawakan oleh Dr Aviliani, SE, M.Si, ekonom senior dan komisaris Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), dengan topik “Sharia Economy Outlook 2021: The Rise of a Sleeping Giant”. Topik tersebut saat ini sedang hangat diperbincangkan masyarakat. 

Ada apa dengan ekonomi syariah?

Seperti yang telah dikatakan di artikel sebelumnya, ekonomi syariah ini dipercaya akan tumbuh seusai pandemi atau bahkan di tahun 2021 ini. Bahkan selama pandemi di tahun 2020 lalu, menurut catatan Bank Indonesia yang dikutip dari kompas.com, kinerja ekonomi syariah lebih tinggi dari pada Produk Domestik Bruto Nasional, dengan pertumbuhan 5,72 persen. 

Dengan kata lain, ekonomi syariah masih bisa bertahan dan cenderung tumbuh dibandingkan ekonomi konvensional, meski di tengah pandemi yang belum berakhir. Selain diamini oleh BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun berpandangan ekonomi syariah khususnya di dalam industri keuangan syariah akan menunjukkan tren positif di 2021. 

Para akademisi pun melihat demikian, berdasarkan laporan Indonesia Sharia Economic Outlook 2021 dari Universitas Indonesia, seperti yang dikutip Bisnis.com, meski ekonomi nasional secara keseluruhan terdampak karena pandemi COVID-19, tapi performanya tercatat lebih resilient atau lebih tahan dibandingkan dengan ekonomi konvensional. 

Ekonomi Syariah Sebagai Raksasa yang Tertidur

Dalam judul sesi pertama ini, ALAMI memaparkan tentang kebangkitan raksasa yang terbangun dari tidur panjangnya, atau The Rise of a Sleeping Giant. Ekonomi syariah yang sudah ada sejak 1.400 tahun lalu, yakni berawal dari zaman Rasulullah SAW, kemudian dikembangkan terus oleh para ulama dan ekonom Muslim. Namun, seiring perkembangan zaman, ekonomi konvensional semakin berkembang dan menjadi sistem yang paling banyak  dipakai.

Tapi, dunia kini kembali berbalik, kekuatan syariah kembali dilirik sebagai solusi untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Ekonomi syariah juga dipandang sebagai sistem yang tepat untuk mengentaskan ketimpangan ekonomi. 

Ada tantangan yang harus dihadapi oleh ekonomi syariah yakni inklusi keuangan syariah terhadap masyarakat yang masih rendah. Menurut catatan OJK pada 2016, angka inklusi keuangan syariah hanya 8,1 persen. Kemudian pada 2019, kenaikannya tipis 0,83 persen selama 3 tahun. Angkanya hanya menyentuh 8,93 persen. Sementara itu, literasi keuangan konvensional tumbuh pesat. Tahun 2016, angkanya mencapai 29,5 persen. Pada 2019 naik 8,22 persen poin menjadi 37,72 persen.

Membahas Ekonomi Syariah Secara Mendalam Bersama Dr Aviliani

Di sesi pertama webinar ALAMI Fest ini akan memaparkan bagaimana masa depan dan prospek ekonomi syariah di Indonesia. Sebab, seperti yang telah dikatakan di atas, dengan kekuatan syariah ini dipercaya mampu mengentaskan ketimpangan ekonomi. Jika memang benar nantinya akan tumbuh, akan berdampak apa terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Jika kamu salah satu pelaku UMKM, apa yang akan dirasakan? Di sinilah nanti jawabannya. 

Mau tahu bagaimana ekonomi syariah itu bisa tumbuh? Yuk ikutan sesi ini di webinar ALAMI Fest 2021 pada 16 April 2021. Nggak hanya membahas soal ekonomi syariah, di ALAMI Fest 2021 kamu juga bisa menambah ilmu dengan beberapa topik lainnya yang menginspirasi misalnya pemberdayaan perempuan hingga parenting yang sesuai dengan kebaikan nilai-nilai syariah. 
Untuk mendaftar kamu bisa klik link ini bit.ly/ALAMIFEST2021! Acara ini gratis lho! Ayo buruan daftar jangan sampai ketinggalan!

Oh iya jangan lupa juga untuk mendownload ALAMI Mobile App. Bagi kamu yang belum mendownload ALAMI Mobile App, ayo segera download aplikasinya. Sekarang ALAMI Mobile App sudah hadir dan tersedia di Playstore dan App Store. Untuk mendownloadnya silakan klik link ini untuk pengguna android, dan link ini untuk pengguna iOS.

Nikmati pengalaman meraih passive income lewat pendanaan syariah yang berizin dan diawasi oleh OJK, dengan TKB90 100%! Install dan daftar sekarang menjadi Pendana ALAMI. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini!

0
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments