Drama Korea Terbaik
published 19/08/2021 - 4 Min Read

5 Rekomendasi Drama Korea Terbaik yang Bikin Kamu Ingin Belajar Keuangan

Buat kamu yang suka nonton, drama Korea (drakor) menyajikan berbagai pilihan yang sangat bagus untuk jadi pertimbangan. Salah satu kelebihan drakor adalah tidak hanya menampilkan cerita yang menghibur, tapi juga banyak memberikan inspirasi. Misalnya, inspirasi untuk belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Yuk, simak di artikel ini lima judul drama Korea terbaik yang bisa membuat kamu jadi terpicu untuk mengatur uangmu dengan lebih baik lagi!

Drama Korea Terbaik untuk Belajar Keuangan

  1. Itaewon Clas (2020)
Itaewon Class

Drakor yang satu ini banyak sekali direkomendasikan oleh para penggemar drakor dan menjadi salah satu tontonan wajib. Selain alur ceritanya yang menarik, drakor yang dirilis pada tahun 2020 ini banyak dibicarakan oleh netizen di berbagai platform media sosial, khususnya di Twitter.

Alur cerita Itaewon Class ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Park Saeroyi yang kehilangan ayahnya karena ditabrak lari oleh seorang putra pengusaha jaringan restoran. Sepeninggal ayahnya, Park hanya mengandalkan asuransi jiwa ayahnya untuk bertahan hidup. Di titik inilah, Park bertekad untuk sukses dan mandiri secara finansial. 

Dalam bertahan hidup, Park sangat pintar dalam merencanakan keuangan, hingga ia berhasil mendirikan sebuah restoran bernama DanBam. Saeroyi pun belajar tentang bisnis dari berbagai buku dan internet. Ia juga rajin melakukan investasi dan menanamkan saham pada Jangga, restoran yang ingin dihancurkannya.

Tips yang didapat dari drakor ini adalah belajar tentang strategi dalam memasarkan produk, membentuk tim, strategi bertahan dalam persaingan bisnis, dan tentu saja mengelola keuangan pribadi dan perusahaan dengan bijak.

 Drakor ini berbentuk series sejumlah 16 episode, yang diadaptasi dari sebuah webtoon dengan judul yang sama. 

Kamu juga bisa baca lebih lanjut tentang pelajaran apa lagi yang bisa kamu dapatkan dari Itaewon Class di artikel “Simak 7 Pelajaran Ketangguhan Hidup dan Bisnis dari Itaewon Class” di Blog ALAMI.

  1. Money Game (2020)
Money Game

Dari judul serial drakor yang satu ini sudah bisa ditebak, pasti bercerita tentang keuangan.  Money Game berlatar tahun 1997, di mana dunia sedang mengalami krisis ekonomi temasuk di Korea Selatan. Di serial ini diceritakan bank milik pemerintah Korea Selatan terkena dampak krisis ekonomi global sehingga berada di ujung kebangkrutan. 

Tiga karakter utama film ini, Chae Yi Hyun, Heo Jae, dan Lee Hye Joon, bekerja di Komisi Jasa Keuangan, berjuang agar bisa keluar dari krisis dan mencegah bank tersebut bangkrut. 

Dram Money Game nggak hanya mengajarkan kamu tentang keuangan, tapi juga memperlihatkan keadaan perekonomian di Korea Selatan yang dikemas dengan menarik. 

  1. Midas (2011)
Midas

Drama Korea yang satu ini memang sudah lama dirilis yakni pada 2011 lalu. Tapi ceritanya masih bisa relate dengan kamu yang tertarik belajar tentang pengelolaan keuangan. Midas bercerita tentang seorang laki-laki bernama Kim Do Hyun yang merupakan lulusan perguruan tinggi ternama dan unggulan di Korea Selatan. Kim Do Hyun kemudian bekerja sebagai manajer keuangan selama tiga tahun. Ia berambisi menjadi kaya raya dan memutuskan resign dari pekerjaannya. 

Dalam mewujudkan impiannya, Kim Do Hyun mengalami banyak kejadian yang membuat hidupnya seperti roller coaster. Drama Korea Midas ini mempertontonkan tentang pembelajaran bagaimana berbisnis dan bermain pasar saham.

  1. Chief Kim (Good Manager) (2017)
Good Manager

Salah satu drama Korea terbaik ini dirilis pada tahun 2017 menceritakan seorang pria bernama Kim Sung-Ryong  yang memiliki karakter humoris. Ia berasal dari sebuah desa di Korea Selatan, desa Gunsan. Kim Sung-Ryong sangat menguasai sekali bidang akuntansi, dan bahkan ia dikenal sebagai sosok yang jenius dalam bidang tersebut.

Kim Sung-Ryong yang bekerja sebagai pengelola keuangan di sebuah perusahaan sering memanipulasi data perusahaan demi bisa mengumpulkan uang untuk pergi ke Denmark.

Tapi setelah ia bekerja lama, kemudian menjadi manajer di bagian operasi bisnis di TQ Group, perusahaan besar di Ibu Kota Seoul, kebiasaan Kim berubah. Kim yang dulunya sering memanipulasi data, harus menerima berhadapan dengan berbagai kasus di perusahaan barunya. Dia malah menemukan berbagai kebusukan seperti skandal korupsi besar-besaran di perusahaan tersebut dan jadi berbalik ingin berjuang menyelamatkannya. Dengan nonton salah satu drama Korea terbaik Chief Kim ini akan memberi pelajaran tentang masalah-masalah keuangan seperti korupsi dan lain-lain.

  1. Pegasus Market (2019)
Pegasus Market

“Pegasus Market” adalah drakor yang bergenre komedi. Drakor yang dirilis pada tahun 2019 ini selain memiliki alur cerita yang lucu, juga ada pelajaran tentang strategi dalam berbisnis. Kisahnya berawal dari keinginan Jung Book Dong untuk balas dendam karena diturunkan dari posisinya sebagai direktur di Daema Group. Dia lalu dipindahkan ke cabang perusahaan yang terkenal paling buruk, yaitu Cheonlima Mart.

Awalnya, ia ingin membuat bangkrut Cheon Lima Mart tapi malah gagal. Supermarket tersebut malah menjadi semakin terkenal dan memiliki banyak pelanggan akibat keunikan dalam manajemennya dan aksi lucu para karyawannya.

Itulah 5 rekomendasi drama Korea terbaik yang bikin kamu belajar tentang keuangan, manajemen  dan bisnis. Semoga bisa memberikan kamu inspirasi bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Ada juga cara pengelolaan keuangan agar lebih baik lagi, serta bisa berkembang untuk kebutuhan di masa mendatang. Salah satunya adalah dengan berinvestasi.

Saat ini banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu jenis atau instrumen investasi yang bisa kamu coba adalah jenis investasi peer to peer lending. Platform yang bisa kamu gunakan adalah ALAMI, selain tingkat keberhasilan bayar dalam 90 hari masih 100%, ALAMI juga merupakan platform P2P Lending Syariah. 

Dengan mendanai di ALAMI, uang kamu akan dikelola secara syariah serta ikut membantu UMKM yang sedang membutuhkan permodalan kerja. Dari sini kamu akan mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara hingga 14%-16% p.a. Ayo segera kembangkan keuanganmu lebih baik lagi di ALAMI. Download segera aplikasinya di Playstore dan App Store.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments