published 22/08/2021 - 3 Min Read

9 Alasan Milenial Harus Mulai Investasi

Pandemi COVID-19 ini mendorong percepatan digitalisasi di segala sektor, tak terkecuali di bidang keuangan. Generasi milenial yang tumbuh dengan teknologi mampu menyerap digitalisasi ini selama pandemi COVID-19 berlangsung. Meskipun dalam literasi keuangan, generasi milenial masih belum paham betul tentang hal ini.

Meski industri finansial saat ini tak sedikit yang sudah bergerak dalam dunia digital, tapi bagi kaum milenial digitalisasi finansial masih sebatas alat untuk konsumtif atau menghabiskan pendapatan mereka. Dikutip dari kompas.com, Bank Indonesia melalui Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan menyebutkan generasi milenial masih cenderung memilih untuk memanfaatkan uang yang dimiliki untuk kesenangan, tetapi lupa untuk menabung dan berinvestasi.

Ada beberapa alasan kenapa investasi milenial harus dimulai dari sekarang. Seperti dilansir investor.id, Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara menuturkan, terdapat lima alasan pentingnya milenial berinvestasi sejak dini.

Alasan Investasi Milenial Harus Segera Dimulai

  1. Generasi Penerus Pembangun Bangsa

Generasi milenial perlu dipersiapkan untuk membangun bangsa Indonesia di masa depan. Saat ini 30% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan generasi milenial, sehingga perlu dibekali pemahaman ekonomi yang memadai.

  1. Masih Rendah Tingkat Literasi Keuangan

Berdasarkan survei OJK menunjukkan, milenial umumnya memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, banyak kelompok milenial yang tidak paham konsep-konsep keuangan khususnya di bidang investasi. Bahkan disebutkan bahwa seandainya masyarakat Amerika Serikat menabung atau berinvestasi 15 tahun lebih awal dengan jumlah yang sama, maka pada saat pensiun akan memperoleh uang 4 kali lipat daripada mulai investasi 15 tahun sebelum pensiun. 

  1. Rentan Secara Finansial

Pada umumnya, generasi milenial menghabiskan uangnya untuk kesenangan dibandingkan untuk menabung atau investasi. Tidak heran banyak milenial yang belum mencoba untuk memiliki rumah atau kendaraan sendiri. Sebenarnya investasi milenial ini sebagai persiapan untuk menyongsong masa depan agar lebih baik lagi.

  1. Berprinsip YOLO

Dengan prinsip kamu hidup hanya satu kali (you only live once/YOLO) banyak milenial tidak mempersiapkan dana darurat. Pada saat Covid-19 ini dinilai menyadarkan pentingnya memperkuat ketahanan keuangan atau financial resilient dengan memiliki dana darurat.

  1. Senang Mengikuti Trend

Alasan kelima, karena generasi milenial senang mengikuti hal-hal yang sedang trending. Selain berprinsip YOLO, seperti yang telah disebutkan sebelumnya generasi milenial memiliki kecenderungan takut ketinggalan zaman, atau Fear Of Missing Out (FOMO). Seperti, milenial cenderung mengikuti gaya para idolanya atau influencer yang mungkin kemampuan finansialnya tak sebanding dengan dirinya. 

Ada pun alasan lainnya kenapa investasi itu penting bagi generasi milenial saat ini yakni nilai inflasi yang terus bertambah. Sebab, nilai uang di masa sekarang tidak akan sama dengan masa depan. Misalnya untuk membeli sebuah sepeda motor matic saat ini dibutuhkan uang Rp 14 juta – Rp 20 juta. Dalam waktu 10 tahun mendatang, untuk membeli satu unit sepeda motor matic bisa saja membutuhkan uang lebih dari Rp 25 juta.

Berikut ini alasan lain kenapa investasi itu penting bagi milenial: 

  1. Inflasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nilai inflasi akan terus meningkat setiap waktunya. Rata-rata inflasi di Indonesia yaitu 3-5%. Artinya, nilai uang yang kamu miliki mengalami penurunan, karena menjadi lebih kecil dibanding sebelumnya.

Bila kamu menabung, meski jumlah uang kamu bertambah, nilai uangmu akan turun seiring dengan inflasi yang terjadi.  Inilah keuntungan dari berinvestasi, returnnya relatif lebih tinggi daripada menabung dan mampu melawan inflasi.

  1. Menambah Sumber Penghasilan

Investasi tidak seperti menabung yang membiarkan uangmu hanya mengendap di rekening bank. Dengan investasi nilai uang kamu akan bertambah seiring dengan perputaran uang yang diinvestasikan. Sehingga investasi milenial bisa meningkatkan penghasilan dari penghasilan utama.

  1. Mewujudkan Tujuan Keuangan

Jika kamu memiliki tujuan tertentu di masa depan, bukan hanya menabung, investasi bisa mewujudkannya lebih dari tujuan kamu. Investasi adalah penghasilan tambahan yang juga akan mengikuti inflasi. Karena itu, kita dapat menghitung dan memperkirakan berapa uang yang akan didapatkan untuk mencapai tujuan di masa depan.

  1. Menjadikan Uang Lebih Produktif

Jika saat ini kamu hanya mengenal uang sebagai alat konsumtif, dengan investasi uangmu akan lebih produktif. Dengan berinvestasi yang produktif bukan hanya diri kita tetapi juga uang. Dalam kata lain, kita dapat melakukan kegiatan yang disuka dengan maksimal tanpa pusing kondisi keuangan.

Nah, itulah 9 alasan kenapa milenial harus berinvestasi mulai saat ini juga. Mengembangkan keuangan lebih baik adalah tujuan utama investasi. Kini ada salah satu cara untuk mengembangkan uangmu lebih baik lagi. Dengan mengikuti pendanaan di platform peer to peer lending syariah ALAMI, selain uangmu berkembang uangmu juga akan dikelola secara syariah dan digunakan sebagai pembiayaan UMKM. Dari situ, kamu akan mendapatkan imbal hasil atau ujrah setara hingga 14%-16%. Ayo tunggu apa lagi untuk mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi. Segera download aplikasi ALAMI mobile app di Playstore dan App Store!

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments