investasi emas
published 04/08/2021 - 3 Min Read

Kelebihan dan Kelemahan Investasi Emas

Emas adalah logam mulia yang sangat diminati oleh masyarakat karena bisa menjadi barang investasi bagi pemiliknya. Ada beberapa keuntungan utama jika kamu melakukan investasi di emas. Salah satunya adalah selisih harga jual dan harga belinya cukup besar di kemudian hari. Investasi emas hadir tak hanya dalam bentuk batangan tapi juga dalam bentuk perhiasan, koin dinar.

Meski bermanfaat untuk masa depan, investasi emas memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di artikel ini kita akan membahasnya lebih jauh lagi. Simak ulasan berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan investasi emas yang perlu kamu ketahui.

Keuntungan Investasi Emas

  1. Mudah Dicairkan dalam Bentuk Uang

Investasi emas memberikan keleluasaan bagi para pemegangnya untuk mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai kapan saja. Berbeda dengan investasi jenis lain yang sulit dicairkan kapan saja, atau hanya diklaim pada saat tertentu saja.

  1. Bebas Pajak

Keuntungan lainnya dari berinvestasi emas adalah tidak dikenakan pajak sedikitpun. Memiliki emas merupakan salah satu investasi yang tepat, karena memiliki keuntungan seperti ini. 

Berbeda dengan memiliki saham pada suatu perusahaan tertentu. Keuntungan yang didapat dari investasi yang baik pada suatu perusahaan tak lantas langsung dinikmati oleh para pemegang saham perusahaan tersebut.

  1. Menjaga Nilai Kekayaan

Investasi emas nilainya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika dijual kembali, pemegang investasi emas cenderung mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi.

Kelebihan lain dari emas adalah kamu tidak harus melakukannya dalam jumlah besar, seperti membelinya dalam bentuk perhiasan. Investasi ini memiliki segudang  keuntungan lain yang dengan profit yang menggiurkan.

Maka tak heran bila kini terdapat banyak toko emas bermunculan untuk menarik minat masyarakat hingga mereka yang hidup pada level ekonomi menengah ke bawah, yaitu dengan cara menjual jenis emas muda yang harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan emas tua.

Kekurangan Investasi Emas

Meski memiliki 3 keuntungan yang telah disebutkan di atas, investasi emas pun terdapat kelemahannya. Salah satunya adalah risiko penipuan berkedok investasi emas yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab yang berani memberikan sebuah nama perusahaan besar dan memberikan promosi gencar untuk menarik hati para calon investor yang juga sebenarnya merupakan calon korban penipuan.

Berikut ini beberapa kekurangan investasi emas:

  1. Risiko Kehilangan Tinggi

Emas merupakan barang yang sangat berharga di kalangan masyarakat. Memiliki bentuk fisik yang terlihat orang lain akan sangat menggiurkan. Hal ini memicu orang jahat ingin mencurinya. Maka simpanlah di tempat yang tersembunyi. Kejadian perampokan yang mungkin terjadi terutama bila perhiasan yang digunakan cukup banyak atau mencolok.

Investasi emas dalam bentuk batangan dengan jumlah yang cukup banyak juga rawan dengan risiko ini. Maka untuk melindungi aset mereka, pemegang investasi emas biasanya bersedia membayar lebih banyak dana untuk menyewa safe deposit box yang merupakan fasilitas sebuah bank untuk menyimpan berkas maupun barang milik nasabah yang dirasa memiliki nilai yang cukup tinggi.

  1. Harga Fluktuatif

Meski harga emas kecenderungannya selalu meningkat, tapi ada kalanga harga emas mengalami penurunan di waktu-waktu tertentu. Perubahan harga emas yang sering ini berpotensi mempersulit investor emas untuk dapat menghitung nilai investasi emas yang kita miliki di masa mendatang.

  1. Investasi Jangka Panjang

Jika kamu seorang investor yang ingin meraih keuntungan dalam waktu singkat maka janganlah memilih investasi emas. Kecenderungan harga emas naik merupakan proses yang cukup lama, artinya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Fluktuasi harga emas ini pun banyak dipengaruhi faktor nilai tukar mata uang nasional terhadap mata uang asing.  Ketika masyarakat sedang dalam kondisi finansial yang baik, investasi lain yang menjanjikan keuntungan lebih tinggi dalam waktu lebih singkat. 

  1. Harga Naik Tapi Lambat

Bila inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada perkiraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas akan jauh lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya. Kondisi ekonomi yang stabil akan mendorong masyarakat untuk konsumsi sewajarnya. Bila terjadi kondisi ekonomi yang tidak stabil, emas dijadikan sebuah alternatif teraman untuk mengamankan kekayaan investor.

Itulah beberapa keuntungan dan kelemahan investasi emas. Semoga bisa menjadi pilihan untuk memilih investasi dan pengembangan keuangan mana yang cocok untuk kamu. Tapi kali ini ada juga pilihan investasi atau pengembangan keuangan lainnya yakni peer to peer lending, khususnya yang berbasiskan syariah seperti ALAMI. 

ALAMI adalah platform pendanaan untuk UMKM yang sedang berkemban di Indonesia. Karena berbasis syariah maka return yang didapat berdasarkan imbal hasil dari pendanaan investor atau funder. Tertarik untuk ikut pendanaan di ALAMI? Ayo segera ikut pendanaannya! Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini atau download aplikasinya di App Store dan Playstore!

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] lainnya. Channel ini berfokus pada investasi emas. Channel ini pun membawakan informasi terkait investasi emas, dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah […]