jurusan ekonomi syariah
published 03/09/2021 - 5 Min Read

7 Kampus dengan Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik di Indonesia

Seiring dengan perkembangan waktu ekonomi Islam atau lebih dikenal dengan ekonomi syariah terus berkembang. Mulai dari munculnya perbankan syariah hingga menggeliatnya industri halal di Indonesia. Hal ini membuat kalangan akademisi turut serta menyediakan sumber daya manusia yang unggul di bidang ini. Maka dari itu, di beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta ramai membuka jurusan ekonomi syariah.

Dahulu jurusan ekonomi syariah terbilang sedikit diminati khususnya di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Terlebih PTAIN tersebut namanya masih Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang kemudian saat ini sudah banyak berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Bertambahnya IAIN dan STAIN yang berganti nama menjadi UIN serta makin banyak PT lainnya membuka jurusan ekonomi syariah, semakin diminati pula jurusan ini oleh calon-calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi. 

Sebelum membahas kampus mana saja yang membuka jurusan ekonomi syariah terbaik di Indonesia berdasarkan akreditasi BAN-PT. Ada baiknya mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan ekonomi syariah. Adakah perbedaan dengan jurusan ekonomi bisnis pada umumnya? Serta bagaimana prospek dunia kerja untuk jurusan ini, berikut ulasannya.

BAN-PT adalah lembaga yang mendapatkan kewenangan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Fungsi BAN-PT menurut peraturan perundangan yang ada yakni UU No. 20 tahun 2003, PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003 adalah membantu Menteri Pendidikan Nasional dalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya, yaitu penilaian mutu perguruan tinggi, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Kedinasan, Keagamaan, dan Swasta.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Syariah?

Dikutip dari kompas.com, sama halnya dengan program studi ekonomi pada umumnya, di program studi ekonomi syariah, kamu juga mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, namun dari perspektif Islam. Perspektif Islam yang dimaksud ialah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti aturan jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil yang telah diatur dalam hukum Islam. 

Sejumlah mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain Filosofi Ekonomi Syariah, Prinsip Dasar Hukum Islam, Akuntansi Syariah, Makro Ekonomi Syariah, Mikro Ekonomi Syariah, Manajemen Produk Halal, Ekonomi Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf, lalu banyak lagi lainnya.

Prospek Karier

Seperti yang dikatakan di atas sebelumnya, industri ekonomi syariah sedang menggeliat. Perbankan syariah hingga industri halal mulai bermunculan. Inilah salah satu prospek karir dan peluang dunia kerja bagi lulusan jurusan ekonomi syariah. Bahkan, di dunia startup sekalipun banyak yang membutuhkan sarjana-sarjana ekonomi syariah. 

Sebagai lulusan jurusan ekonomi syariah, kamu bisa berkarier di berbagai lembaga keuangan, baik di bank maupun non-bank berbasis syariah maupun non-syariah. Termasuk di industri atau perusahaan yang mengelola bisnisnya dengan aturan syariah. Sejumlah profesi yang bisa kamu geluti, antara lain: staff keuangan syariah dan jabatan di atasnya ahli ekonomi Islam/Syariah Dosen Ilmu Ekonomi Islam/Syariah Pebisnis yang menggunakan sistem syariah.

Bahkan, dunia keuangan syariah sedang membutuhkan sarjana-sarjana terbaik untuk turut membangun keuangan syariah menjadi pilihan masyarakat dalam bertransaksi. Nah, salah satu kesempatan bekerja di bidang keuangan syariah bagi sarjana ekonomi syariah bekerja di dunia fintech syariah. Seperti di ALAMI yang saat ini sedang memberikan peluang kerja bagi kamu yang ingin bergabung menjadi squads ALAMI. Untuk infonya bisa klik di sini.

Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik Terakreditasi A BAN-PT

Setelah membahas prospek karier dan apa saja yang dipelajari di jurusan ekonomi syariah, mari kita cek kampus mana saja yang yang membuka jurusan ekonomi syariah terbaik, yang mendapatkan akreditasi BAN-PT yang ada di Indonesia. Sebagai disclaimer, penyebutan 7 kampus di bawah ini tidak dinilai berdasarkan kompetisi atau skor tertentu, melainkan dari raihan akreditasi dengan predikat A dari BAN-PT. Ketujuh kampus di bawah ini sudah mendapatkan akreditasi predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2018 hingga 2020 

  1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (muamalah) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, salah satu jurusan ekonomi syariah yang sudah mendapatkan predikat ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program studi Muamalah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berada di bawah Fakultas Syariah dan Hukum ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada 5 Mei 2020 lalu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan muamalah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, kamu bisa melihat websitenya di www.uinsgd.ac.id.

  1. Institut Pertanian Bogor

Meski bukan kampus yang berbasiskan agama Islam atau Perguruan Agama Islam Negeri (PTAIN), IPB membuka jurusan ilmu ekonomi syariah yang sudah mendapatkan akreditasi BAN-PT sejak 2018 lalu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan Ilmu Ekonomi Syariah di IPB kamu bisa mengeceknya di websitenya http://ies.fem.ipb.ac.id/  

  1. Institut Agama Islam Tazkia Bogor

Masih dari Bogor, perguruan tinggi swasta ini membuka jurusan ekonomi syariah yang sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT. Jurusan ekonomi syariah di Institut Agama Islam Tazkia sudah mendapatkan akreditasi BAN-PT sejak 2019 lalu. Informasi mengenai jurusan Ekonomi Syariah di Institut Agama Islam Tazkia ataupun jurusan lainnya bisa dicek di websitenya https://tazkia.ac.id/

  1. Universitas Muhammadiyah Magelang

Selain Institut Agama Islam Tazkia, perguruan tinggi swasta lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Magelang. Kampus Muhammadiyah yang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah ini memiliki Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syariah (muamalah) yang sudah akreditasi A dari BAN-PT sejak 2019. Informasi lebih lanjut jurusan muamalah di Universitas Muhammadiyah Magelang bisa dilihat di websitenya, https://fai.unimma.ac.id/s-1-hukum-ekonomi-syariah-muamalat/ 

  1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sama seperti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka jurusan hukum ekonomi syariah (muamalah) yang sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT sejak 10 Oktober 2020 lalu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan muamalah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kamu bisa melihat websitenya www.uin-suka.ac.id .

  1. UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo Semarang merupakan salah satu PTAIN yang membuka jurusan hukum ekonomi syariah (muamalah). UIN Walisongo Semarang membuka jurusan hukum ekonomi syariah (muamalah) yang mendapatkan akreditasi A BAN-PT sejak 2 November 2020 lalu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan muamalah di UIN Walisongo Semarang, kamu bisa melihat websitenya di  https://walisongo.ac.id/

  1. UIN Raden Intan Lampung

UIN Raden Intan Lampung belum lama berubah nama dari IAIN menjadi UIN, tepatnya pada 7 April 2017. Kemudian, di tahun 2019 jurusan hukum ekonomi syariah (muamalah) mendapatkan akreditasi A BAN-PT. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan muamalah di UIN Walisongo Semarang, kamu bisa melihat websitenya di  https://www.radenintan.ac.id/ 

Itulah 7 perguruan tinggi yang membuka jurusan ekonomi syariah terbaik berdasarkan akreditasi A BAN-PT. Jika kamu berminat untuk menuntut ilmu ataupun menyekolahkan anak, kerabat dan saudara di jurusan ekonomi syariah, ketujuh kampus tersebut bisa menjadi pilihan. 
Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana pendidikan di masa depan caranya bisa menabung dan berinvestasi. Salah satu caranya dengan mengembangkan keuanganmu dengan ikut pendanaan di peer to peer lending ALAMI. Dengan ikut pendanaan di ALAMI uangmu dikelola secara syariah, dan digunakan sebagai pendanaan UKM di Indonesia, kamu bakal mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14-16% p.a. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasinya di Playstore dan Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments