tips packing
published 29/04/2022 - 3 Min Read

10 Tips Packing yang Efisien untuk Perjalanan Mudikmu

P2P Lending Syariah ALAMI

Mudik lebaran tahun ini sudah diperbolehkan lagi oleh pemerintah, setelah 2 tahun dilarang karena pandemi COVID-19. Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia dalam menghadapi dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Bagi seseorang yang ada di perantauan, mudik sudah menjadi agenda tahunan di kala datangnya Hari Raya Idul Fitri. 

Tentunya, mudik ke kampung halaman tidak serta merta membawa tangan kosong. Selain membawa pakaian tentunya membawa oleh-oleh dari tempat perantauan ke kampung halaman. Namun, membawa berbagai macam bawaan saat mudik membuat kamu repot sendiri kan? Di satu sisi, ingin membawa oleh-oleh lebaran untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman, tapi di satu sisi kamu tak ingin ribet, agar selama perjalanan bisa nyaman. 

Di sini akan membahas bagaiman sih tips membawa barang bawaan untuk mudik, dan bagaimana cara tips packing yang benar?

Tips Packing Mudik, Lebih Efisien

1. Menggulung Pakaian, Jangan Dilipat!

Memasukan pakaian terlipat ke dalam tas atau koper sudah menjadi kebiasaan. Namun, ada trik menghemat ruang pada koper atau tas yaitu dengan cara menggulung pakaian sebelum dimasukan ke dalam koper atau tas. Menggulung pakaian membuat koper atau tas tampak lebih rapi dan tertata, serta tidak membuat kusut pakaian.

2. Gunakan Packing Cubes

Gunakan packing cubes untuk setiap barang bawaan anggota keluarga. Berilah anggota keluarga masing-masing packing cubes. Menggunakan packing cubes untuk seluruh anggota keluarga. Setiap orang mendapat satu packing cubes besar untuk pakaian. Isilah packing cubes yang lebih kecil dengan barang-barang seperti pakaian dalam, kaus kaki, dan kebutuhan lainnya.

3. Jumlah Pakaian yang Dibawa Disesuaikan dengan Lama Mudik

Cara packing efisien untuk mudik adalah mengoptimasi barang bawaan sehingga tidak berlebihan dan merepotkan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, hitung jumlah kebutuhan pakaian sesuai dengan lamanya masa mudik dari berangkat hingga pulang.

4. Pisahkan Kebutuhan Esensial untuk di Perjalanan

Kebutuhan esensial seperti charger, sabun cuci muka, obat-obatan, dan lain-lain dibutuhkan selama menempuh perjalanan menuju destinasi mudik. Pastikan barang-barang tersebut mudah dijangkau saat dibutuhkan. Sekalipun tidak sedang sakit, bawalah obat-obatan untuk mengantisipasi serangan penyakit di perjalanan.

5. Membawa Barang Multifungsi

Agar packing mudik efisien, peralatan multifungsi terbukti menghemat banyak ruang pada wadah penyimpanan untuk mudik. Sebagai contoh, tidak perlu membawa kamera digital jika sudah memiliki smartphone berkamera.

6. Membawa Tas Lipat

Sepulang lebaran, pastinya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Agar tidak memenuhi koper atau tas untuk menampung pakaian, membawa tas lipat adalah solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

7. Memisahkan Jenis Barang-barang Tertentu

Mudik tidak hanya membawa pakaian, pasti ada benda lainnya yang dibawa. Kategorikan masing-masing bawaan berdasarkan jenisnya seperti pakaian, benda elektronik, alat mandi, obat-obatan, dan sebagainya berdasarkan kebutuhan. Mengkategorikan barang bawaan akan mempermudah proses pengecekan benda apa saja yang belum terbawa.

8.  Pilih Koper yang Tepat 

Semakin besar koper, bukan berarti semakin banyak ruang untuk membawa barang. Koper besar malah akan memakan ruang pada kendaraan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, sesuaikan koper dengan kebutuhan dan bawaan. Packing mudik yang efisien akan tercapai jika ukuran koper tidak kebesaran atau kekecilan.

9. Menata Barang Bawaan di Tas atau Koper Sesuai Prioritas

Kamu harus memahami tingkat prioritas barang bawaan. Pakaian dan peralatan mandi akan dikeluarkan saat mencapai destinasi mudik, sedangkan kabel charger dan botol minum dibutuhkan selama perjalanan. Simpan barang prioritas selama perjalanan di tas ketimbang di koper agar mudah diambil.

10. Sesuaikan Barang Bawaan dengan Jenis Transportasi

Jika menggunakan mobil pribadi berarti kamu bisa membawa barang yang banyak, itu pun jika mobil yang kamu tumpangi memiliki space yang luas. Jika mobil pribadi yang kamu tumpangi terbatas dan membawa anggota keluarga yang lebih, maka kamu harus korbankan jumlah barang bawaan. Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal karena kamu perlu membayar kelebihan beban.

P2P Lending Syariah ALAMI

Atau kamu juga bisa menonton video tutorial packing yang efisien berikut ini:

Itulah 10 tips packing yang efisien untuk perjalanan mudikmu, semoga di lebaran tahun ini bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk terus menambah dan mengembangkan asetmu di peer to peer funding syariah dari ALAMI. Dapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14-16% pa. Download aplikasinya di 

ALAMI P2P Funding Syariah
ALAMI P2P Funding Syariah

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments